Apakah Burung Pleci Betina Bisa Ngecir? Simak Ulasannya

APAKAH PLECI BETINA BISA NGECIR?

Apakah Pleci Betina Bisa Ngecir? - Burung pleci saat ini memang sedang naik daun. Karena kemampuannya dalam berkicau sangat menarik, sangat banyak yang memilih burung pleci ini untuk dijadikan bahan lomba. Hal ini mungkin sangat menarik bagi kicau mania, sebab pleci jantan memiliki suara yang lebih lantang dan juga gacor dalam berkicau.

Pernah saya mendengar suatu pertanyaan tentang burung pleci yaitu apakah pleci betina bisa ngecir? Perbedaan fisik pada burung pleci betina memang sangat terlihat jelas dan signifikan. Hal ini tidak hanya dari segi fisik saja, tetapi juga dari suara kicauannya sangat jelas berbeda. Namun, peminat burung pleci ini memang sangat banyak sekali.

Tidak hanya viral di pasaran atau di kalangan kicau mania saja. Bahkan orang yang tidak tergabung pada suatu komunitas pleci mania atau kicau mania saja sangat menyukainya. Karena banyaknya permintaan burung pleci, penjualan di pasar burung sangatlah ramai. Bahkan di marketplace seperti facebook, Tokopedia, bukalapak dan masih banyak lagi juga sangat banjir orderan.

Melihat banyaknya orderan burung pleci sudah jelas menjadi bukti bahwa memang sangat luar biasa peminatnya. Sayangnya yang menjadi target incaran para pleci mania adalah pleci jantan. Sangat jarang sekali kicau mania membutuhkan pleci betina.

Kembali pada pertanyaan diatas, bahwa banyak yang bertanya apakah pleci betina bisa ngecir? Apa yang dimaksud dengan ngecir? Ngecir adalah suara panggilan alami burung pleci yang nyanyikan ketika mereka sedang memanggil pasangan atau pleci sesame jenisnya. Tapi, jika suara tersebut di putar secara berulang-ulang dan juga di sertai gerakan sayap yang bergetar.

Maka dikhawatirkan pleci akan menjadi over birahi. Jadi, sebenarnya bukan hanya pleci betina saja yang ngecir, tapi pleci jantan juga bisa ngecir. Karena kondisi ngecir ini sangatlah berbahaya untuk burung pleci yang menyebabkan over birahi.

Bagi pemula, burung pleci yang ngecir selalu dianggap negatif. Sebab, selalu membuatnya merasa resah dan kebingungan. Sehingga mereka memutuskan untuk menjualnya saja. Tapi tenang saja, ngecir ini sering dialami oleh pleci betina.

Apakah Benar Ngecir Sering Dialami Pleci Betina?

Sebelum kalian mengecam burung pleci betina yang sering ngecir, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu beberapa penjelasan dibawah ini :
  • Suara ngecir yang di keluarkan, fungsinya untuk memanggil pasangan atau pleci sejenisnya. Selain itu tindakan ngecir ini sering dilakukan oleh pleci betina dan jantan. Namun, hanya pleci dewasa saja yang mampu melakukan ngecir tersebut.
  • Burung pleci yang sedang birahipun, akan lebih sering menunjukkan suara ngecirnya dibandingkan kicauannya. Hal tersebut juga sering dijumpai secara umum pada pleci yang sendirian atau yang tidak pernah hidup secara koloni.
  • Tidak jarang suara ngecir sering dilakukan oleh pleci dan bersamaan dengan gerakan ngeleper yaitu menggetar-getarkan sayapnya. Hal ini biasanya dilakukan oleh pleci yang sudah terlalu parah mengalami over birahi.
  • Ngecir sering terjadi pada burung pleci yang sangat jarang di master. Maka dari itu, lakukanlah pemasteran dengan baik agar memiliki kicauan yang lebih bervariasi.
  • Namun sebagain orang justru menggunakan suara ngecir sebagai masteran yang bagus untuk pleci, apalagi jika suara tersebut dilagukan dengan irama yang rapat dan cepat.
Itulah penjelasan tentang apakah pleci betina bisa ngecir. Perilaku ngecir ini memang sangat disayangkan. Sebab, dapat memberikan dampak buruk untuk burung pleci itu sendiri. Apalagi ditambah menggerakkan sayapnya, hal itu merupakan tanda bahwa pleci sedan goer birahi terlalu parah. Over birahi harus segera diatasi, agar tidak berdampak buruk pada kualitas dan performa pleci nantinya.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url