Apakah Burung Pleci Betina Bisa Teler? Berikut Ulasannya

APAKAH PLECI BETINA BISA TELER?

Apakah Pleci Betina Bisa Teler? - Halo sobat kicau mania! Siapa sih yang tidak mengenal burung pleci? Saya yakin bahwa burung pleci sudah banyak dikenal semua orang, termasuk kicau mania. Burung kicauan yang satu ini sekarang sudah mulai naik daun. Karena itulah banyak kicau mania yang tergabung dalam komunitas bernama pleci menia. Pleci mania sering di singkat menjadi pleman.

Burung pleci sudah banyak tersebar di berbagai daerah di indonesia. Termasuk pada daerah saya juga sangat banyak kicau mania yang memelihara pleci. Burung pleci yang mereka pelihara adalah pleci jantan dan betina. Suara kicauannya yang bagus dan merdu, menjadikan daya tarik tersendiri bagi kicau mania yang mendengarnya.

Oleh sebab itu burung pleci banyak dijadikan sebagai bahan lomba. Suara kicauan burung pleci memang tidak dapat diragukan lagi. Sangat bagus dan juga menarik, selain itu suara kicauannya juga bervariasi. Sehingga orang yang mendengarkannya tidak merasa bosan. Burung pleci bukan hanya menarik pada kicauannya saja, tetapi juga pada fisiknya yang sangat cantik.

Fisik burung pleci terlihat sangat anggun dan juga proporsional. Meski tubuhnya mungil dan kecil, burung pleci juga sangat aktif dan lincah ketika di dalam kandang. Karena sedang naik daun, banyak sekali peminat burung pleci. Bahkan bukan hanya ramai di pasaran, tetapi juga laris terjual di marketplace seperti facebook, Tokopedia atau buka lapak.

Burung pleci memang mempunyai banyak jenis. Dan setiap jenis burung pleci memiliki karakter dan tipenya masing-masing. Sehingga membutuhkan perawatan dan setingan yang tepat ketika memelihara pleci. Baik itu burung pleci betina atau pleci jantan.

Apakah pleci betina bisa teler? Pertanyaan seperti itu mungkin pernah terlintas di benak kicau mania pemula. Sebab, mereka masih awam dengan burung pleci. Sehingga banyak sekali pertanyaan yang ingin di utarakan agar dapat terjawab dengan jelas. Saya tertarik untuk menjawab pertanyaan tersebut, bagi kalian yang penasaran dengan jawabannya. Simak pembahasannya di bawah ini.

Apakah Burung Pleci Betina Bisa Teler?

Sebenarnya burung pleci betina memang bisa teler. Namun, teler pada pleci betina tidak sesering pleci jantan. Hal tersbeut dikarenakan burung pleci betina memang tidak pernah berkicau atau jarang sekali berkicau. Sedangkan, burung pleci yang selalu berkicau dengan lantang adalah burung pleci jantan. Pleci jantan memiliki suara kicauan yang baik dan juga merdu, sehingga dipilih untuk dijadikan bahan lomba.

Lalu, apa yang di maksud teler pada pleci? Burung pleci sering mengeluarkan lagu yang bervariasi, lagu tersebut pada umumnya berasal dari hasil pemasteran buatan atau alami yang sudah terekam dalam audhitory memory otak burung pleci tersebut. Untuk suaranya ketika berbunyi memang belum terlalu jelas tentang jenis suara yang dilagukan, jadi hanya terdengar seperti ngeriwik saja.

Burung pleci yang terlihat sedang menggeleng-gelengkan kepala, menurut sebagian orang hal itu disebut dengan teler. Sedangkan gaya teler pada burung pleci tidak sama dengan gaya teler pada burung kicau anis merah, oleh karena itu kali ini saya akan membagikan tips perawatan untuk mempercepat pleci teler.

Perawatan burung pleci agar cepat teler :

  • Pastikan pleci dalam keadaan nyaman
  • Rutin membersihkan sangkar burung pleci
  • Melatih burung pleci bertemu dengan lawan
  • Memancing pleci untuk teler
  • Mengontrol birahi burung pleci
  • Memberikan multivitamin secara rutin
  • Rutin memberikan buah-buahan
  • Selalu rutin mengganti air minumnya
  • Rajin melakukan pengumbaran
Sudah jelaskan sekarang bahwa burung pleci semua jenis bisa teler. Tetapi, burung pleci betina telernya tidak terlalu sering. Yang paling rentan mengalami teler adalah burung pleci jantan. Sebab, mereka yang lebih banyak berkicau dan juga memiliki suara kicauan yang lebih bervariasi. Lakukan perawatan diatas jika ingin burung pleci cepat teler.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url