Burung Pleci Ngeriwik Apakah Jantan? Simak Ulasannya

 PLECI NGERIWIK APAKAH JANTAN?

Pleci Ngeriwik Apakah Jantan? - Semua pemilik burung kicau pasti menginginkan burung plecinya menjadi rajin berkicau dan juga gacor. Namun, burung pleci yang gacor biasanya diawali dengan cepatnya proses ngeriwik. Burung pleci yang cepat ngeriwik biasanya karena proses perawatan yang baik dan juga tepat.

Selain itu juga biasanya disebabkan karena faktor umur yang sudah siap untuk berkicau. Perawatan burung pleci harus dilakukan semaksimal mungkin, baik itu burung pleci betina atau burung pleci jantan. Dengan memberikan perawatan maksimal seperti halnya rawatan harian dan juga setingan yang tepat burung pleci akan mulai cepat ngriwik dan juga buka paruh.

Untuk mendapatkan setingan yang tepat, setiap pemilik harus mengerti dan juga memahami setiap karakter burung pleci peliharaan mereka. Meskipun setiap jenis burung pleci memiliki karakter dan juga sikap yang berbeda, bukan berarti hal itu sulit dilakukan. Layaknya pengenalan terhadap suatu hal yang baru, pastinya membutuhkan proses selama beberapa bulan.

Jadi hal ini sangatlah penting untuk dilakukan oleh semua kicau mania. Burung pleci yang berjenis kelamin jantan dan betina tentu saja membutuhkan perawatan yang berbeda. Dari perawatan setingan dan juga perawatan harian. Apalagi jika kalian sedang memelihara burung pleci yang dijadikan sebagai bahan lomba, pastinya pemberian perawatan yang tepat adalah hal yang paling diutamakan.

Sebelumnya ada yang pernah bertanya mengenai burung pleci yang ngeriwik, yaitu apakah pleci yang ngeriwik adalah jantan? Pertanyaan seperti itu pernah saya dengar sebelumnya. Dan menurut saya, burung pleci yang ngriwik bukanlah hanya yang berjenis kelamin jantan saja. Melainkan burung pleci betina juga bisa ngeriwik.

Jangan salah, meskipun pleci betina bisa ngeriwik suara kicauannya juga lantang dan keras. Namun, tetap saja yang paling lantang dan juga berdurasi panjang adalah burung pleci jantan. Maka dari itu tidak heran jika banyak kicau mania lebih memilih burung pleci jantan sebagai bahan lomba.

Terkadang perawatan yang lama belum menjamin burung pleci bisa cepat ngeriwik. Tapi, itu bukanlah masalah besar. Dibawah ini akan saya bagikan tips perawatan burung pleci agar cepat ngeriwik dan gacor. Jadi, simak sampai selesai ya.

Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor

Tips perawatan burung pleci agar cepat ngeriwik kali ini hanya dikhususkan untuk burung pleci jantan saja. Sebab, burung pleci betian belum tentu bisa ngeriwik sebagus burung pleci jantan. Apalagi pleci betina jarang di pilih untuk bahan lomba. Apabila kalian belum bisa membedakan burung pleci betina dan jantan, simak pembahasan artikel sebelumnya.

Disana sudah banyak mengulas tentang perbedaan pleci jantan dan betina. Cara perawatan yang akan saya bagikan kali ini, telah saya buktikan sendiri dan terbukti ampuh. Jangan ragu untuk melakukan perawatannya, karena saya mendapatkan tips ini dari rekan satu komunitas burung pleci.

Menurut rekan pleci mania senior, untuk mempercepat ngriwik pada burung pleci jantan selain dengan perawatan pengembunan, pemandian, penjemuran, dan juga pengrodongan serta pemasteran. Pemberian pakan untuk burung pleci adalah rawatan yang harus diutamakan. Karena pakan merupakan cara utama untuk mempercepat burung pleci ngeriwik dan juga gacor.

Pemberian pakan yang berkualitas dan memiliki kandungan gizi yang lengkap dapat memenuhi kebutuhan nutrisi burung pleci. Sehingga kesehatannya akan tetap terjaga dengan baik dan membuatnya semangat untuk berkicau. Manjakanlah burung pleci menggunakan makanan kesukaannya yaitu seperti voer yang berkualitas, ekstra fooding lengkap.

Ekstra fooding lengkap seperti serangga, buah-buahan dan juga sayuran adalah pakan tambahan yang sangat disukai burung pleci. Namun, selain menggunakan buah-buahan dan juga voer. Salah satu pakan tambahan yang sudah terbukti ampuh mempercepat pleci ngeriwik yaitu dengan memberikan ulat hongkong putih.

Pemberiannya dilakukan setiap pagi dengan porsi 10 di pagi hari dan 10 di sore harinya. Dengan porsi tersebut, dalam waktu kurang dari 2 mingguan pleci akan mulai ngeriwik dan sudah belajar ngerol.

Penutup

Itulah penjelasan tentang pleci ngeriwik apakah jantan. Pertanyaan tersebut memang sering dikatakan oleh kicau mania pemula. Karena masih awam dengan ilmu burung kicau, maka cenderung akan terus bertanya dengan hal-hal yang tidak mereka ketahui. Namun, jika burung pleci kalian belum juga ngeriwik, cobalah terapkan cara diatas. Saya jamin pasti dalam beberapa hari kedepan pleci kalian akan mulai ngriwik dan belajar ngerol.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url