Burung Pleci Teler Jantan Atau Betina? Simak Ulasannya

 PLECI TELER JANTAN ATAU BETINA?

Pleci Teler Jantan Atau Betina? - Halo sobat pleci mania! Mungkin saat ini banyak kicau mania yang memelihara burung pleci. Karena banyaknya perlombaan burung kicau saat ini, banyak kicau mania yang mengeluarkan gacoannya untuk lomba. Dan kebanyakan burung kicau yang dipilih adalah burung pleci.

Sehingga banyak kicau mania lainnya yang ikutan memilih burung pleci untuk dijadikan bahan lomba. Sebab, mereka telah mengetahui keunggulan yang dimiliki burung pleci tersebut. Banyaknya permintaa burung pleci di pasaran, membuat sebagian penjual kesulitan untuk memenuhi stoknya. Apalagi penyetokan burung pleci jantan sekarang sangatlah sulit. Sehingga terkadang telat dalam penyetokan burung pleci.

Dalam hal ini banyak pemilik yang berinisiatif untuk membuat penangkaran khusus burung pleci. Penangkaran tersebut bertujuan untuk mengembangkan burung pleci jenis apapun. Dari penangkaran tersebut, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan burung pleci di pasaran. Dengan begitu permintaan pelanggan bisa terpenuhi dengan cepat.

Keadaan seperti ini ternyata juga dapat menguntungkan bagi kicau mania yang menggeluti bisnis penangkaran pleci. Selain hobinya dapat tersalurkan, uang pun juga dapat mengikuti. Jadi, dapat menambah pemasukan untuk kebutuhan sehari-hari. Burung pleci yang sering dijadikan bahan lomba adalah pleci jantan.

Pleci jantan ini memang dikenal memiliki suara yang lebih gacor dan juga lantang dibandingkan pleci betina. Burung pleci jantan, memiliki suara kicauan khas dan juga ngerol panjang. Sehingga dalam kicauannya tidak terdengar monoton dan juga membosankan. Maka tidak heran jika burung pleci dipilih untuk gacoan lomba.

Tahukah kalian, pleci berjenis kelamin apa yang sering teler? Mungkin pertanyaan ini sering di ungkapkan oleh kicau mania pemula. Oleh karena itu kali ini akan saya jawab, untuk burung pleci yang sering teler adalah pleci betina. Burung pleci betina bisanya hanya ngeriwik dan teler saja, jadi tidak bisa ngeplong layaknya pleci jantan. Serta untuk ngerol isian banyak membutuhkan waktu yang cukup lama.

Perbedaan Suara Kicauan Pleci Jantan dan Betina

Cara membedakan burung pleci jantan dan betina memang harus diketahui oleh seluruh kicau mania pemula. Baik untuk dijadikan burung pleci peliharaan atau di khususkan sebagai burung perlombaan adu kicau. Dengan memahami dan mengerti perbedaannya, proses ternak burung pleci bisa sukses dan akan menjadi pleci jawara di perlombaan.

Burung pleci atau yang biasanya dikenal dengan burung kacamata ini memiliki nama latin yaitu burung Zosterop. Burung pleci ini pamornya sedang naik daun, karena mempunyai suara kicauan yang merdu membuatnya semakin disukai oleh kicau mania di seluruh indonesia. Bagi pemilik burung pleci biasanya mereka memeliharanya untuk dua tujuan.

Tujuan pertama yaitu untuk dilombakan dan yang kedua itu hanya diternak. Memang motifnya sangat beragam, tetapi karena kicauannya yang merdu banyak di tujukan untuk perlombaan. Namun, jangan melihat dari kicauannya saja. Sebab, burung pleci juga mempunyai tampilan fisik yang sangat menarik dan juga cantik.

Apalagi harga burung pleci ombyokan sangat terjangkau, semakin menambah keinginan kicau mania untuk memilikinya sebanyak mungkin. Jika kalian berminat untuk memelihara pleci, sebaiknya pahami dulu perbedaannya. Untuk perbedaan fisik sudah pernah saya jelaskan di artikel sebelumnya. Dan kali ini saya akan membahas perbedaan suara kicauan pleci jantan dan betina.

Karena banyaknya pertanyaan tentang kicauan pleci betina, saya ingin memperjelas semuanya. Agar suatu saat kicau mania pemula dapat membedakan suara kicauannya dan bisa memilih burung kicau bahan lomba yang prospek dan unggul.

Perbedaan suara kicauan pleci betina dan jantan :

  • Burung pleci jantan akan mengeluarkan suara yang cenderung lebih nyaring dan kristal dibandingkan pleci betina.
  • Sedangkan suara kicauan pleci betina terdengar lebih lirih dan juga volumenya tidak terlalu keras. Selain itu, juga tidak semerdu burung pleci jantan.
  • Pleci betina hanya ngeriwik pada saat tertentu, seperti saat perkembangbiakan.
  • Tapi burung pleci jantan dapat ngeriwik setiap saat dan lebih cepat ngeriwik pleci jantan dibandingkan betina.
Perlu kalian ingat, bahwa dalam membedakan burung pleci dan betina membutuhkan ketelitian dan juga kejelian yang kuat. Apabila kalian sudah terbiasa merawat burung pleci, maka akan dapat membedakan suaranya lebih mudah. Jika kalian masih pemula, sebaiknya meminta bantuan senior supaya tidak salah dalam pemilihan pleci jantan dan betina.

Penutup

Demikianlah ulasan tentang pertanyaan pleci teler jantan atau betina. Dengan penjelasan diatas diharapkan kalian semua sudah memahami perbedaan pleci jantan dan betina. Jika masih pemula memang harus banyak belajar dan juga memahami. Jadi, tetap semangat bagi kalian yang pemula dan terima kasih sudah berkunjung di blog saya.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url