Cara Membedakan Pleci Bustomi Jantan dan Betina, 100% Akurat

CARA MEMBEDAKAN PLECI BUSTOMI JANTAN DAN BETINA

Cara Membedakan Pleci Bustomi Jantan dan Betina - Hai semuanya! Apakah kalian senang memelihara burung pleci? Memelihara burung kicau terutama burung pleci sangatlah menyenangkan. Apalagi jika kalian mempunyai niat untuk mengembangkan burung pleci, itu merupakan ide yang sangat bagus. Sebab, burung pleci memang sangat mudah sekali di ternak dan juga dikembang biakan. Meskipun perawatannya sangat mudah, mendapatkan burung pleci juga sangat gampang.

Burung pleci saat ini sudah banyak dijual di pasar burung dengan berbagai jenis dan umur burung pleci tersebut. Tapi terkadang harga burung pleci di pasaran lebih naik dibandingkan di penangkarannya secara langsung. Sebab burung pleci yang ada di penangkaran, di rawat langsung oleh tangan pertama yaitu pemiliknya. Jadi, harganya masih relative terjangkau dibandingkan yang sudah di setor ke pasar.

Selain itu burung pleci yang ada di pasaran juga terkadang tidak lengkap jenisnya. Jika kalian sedang memikirkan untuk membuat burung pleci menjadi bahan lomba yang unggul. Pastikan kalian dapat memilih pleci ombyokan yang prospek, karena dalam memilih bahan lomba harus benar-benar siap latih. Dengan begitu pelatihan dan perawatan akan diterima dengan baik.

Karena banyaknya jenis burung pleci, para kicau mania sangat bingung harus memilih yang mana. Sebab, burung pleci yang baik untuk lomba harus berkualitas sejak ombyokan. Tahukah kalian tentang burung pleci buxtoni? Burung pleci buxtoni memang jarang sekali di temukan di pasaran. Burung pleci buxtoni biasanya dipanggil dengan bustomi. Mengapa demikain? Sebab, menurut kicau mania lidah orang indonesia itu sangat kesulitan apabila membaca yang  bacaan yang aneh.

Jadi, untuk lebih simpelnya mereka memanggil pleci buxtoni dengan bustomi. Banyak sekali para kicau mania yang menjadikan pleci bustomi sebagai bahan lapangan yang pastinya sangat istimewa. Apalagi burung pleci bustomi 80% selalu menjadi burung kicau yang selalu berprestasi. Lalu, apakah sudah termasuk bagus untik dijadikan bahan lomba?

Terkhusus bagi para pemula yang ingin dan baru saja memulai karirnya dalam merawat pleci, terlebih lagi ingin dicetak sebagai burung gantangan. Harunya memberikan pelatihan dan perawatan yang tepat. Dibawah ini akan saya jelaskan bagaimana cara membedakan pleci bustomi jantan dan betina.

Cara Membedakan Burung Pleci Bustomi Jantan dan Betina

Burung pleci bustomi jantan jika diperhatikan dari bentuk paruhnya mempunyai warna hitam yang terlihat lebih pekat ( jelas ) sorot matanya sangat tajam dan lebih cenderung berbentuk bulat.  Warna bulunya juga sangat terang dan lebih cerah, perhatikan juga dari cengkraman kakinya. Tentu saja burung pleci jantan lebih kuat dan kokoh ketika bertengger di tangkringan sangkarnya.

Bentuk ekor burung pleci jantan berbentuk huruf V dan biasanya juga memiliki bentuk tubuh yang lebih besar dan panjang agak bulat. Sedangkan untuk burung pleci betina bentuk tubuhnya cenderung bulat dan warna bulunya terlihat kusam atau lebih ke abu-abuan.

Namun yang paling penting sebelum kalian memilih burung pleci ini, baiknya pahami terlebih dahulu. Dengan mengetahui perbedaan jenis kelamin burung pleci bustomi jantan dan betina diharapkan kalian tidak akan kebingungan ketika memilihnya. Tapi harga burung pleci bustomi sekarang ini masih berkisar 50 ribuan sampai 350 ribuan per ekornya. Masih cukup terjangkau ya, jadi tunggu apa lagi silakan membelinya di pasar burung atau di penangkaran ya.

Mungkin membedakan burung pleci buxtoni sama dengan jenis burung pleci lainnya. Meskipun begitu tetap saja, kalian harus berhati-hati dan teliti ketika memilih burung pleci bustomi tersebut. Dan untuk perawatan burung pleci ini harus dilakukan sebaik mungkin, agar burung pleci tumbuh dengan sehat dan menjadi burung pleci bahan lomba yang unggul.

Demikianlah ulasan tentang perbedaan burung pleci bustomi jantan dan betina. Mungkin terlihat sama dan mirip dengan perbedaan burung pleci jenis lainnya. Tapi tetap saja harus memperhatikan dengan teliti dan juga serius, agar tidak salah dalam memilih jenis kelamin burung pleci tersebut. Jika sampai salah pilih, dikhawatirkan kalian akan rugi karena membeli burung pleci untuk kedua kalinya.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url