Cara Merawat Burung Pleci 1 Ekor Di Rumah Agar Tetap Gacor

CARA MERAWAT PLECI 1 EKOR

Cara Merawat Pleci 1 Ekor - Dalam memberikan perawatan burung pleci memang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Sebab, burung pleci membutuhkan perawatan yang maksimal dari pemiliknya. Dengan perawatan yang baik, burung pleci akan tumbuh menjadi burung kicau yang berkualitas dan juga unggul. Apalagi perawatann yang baik merupakan kewajiban setiap pemilik yang memelihara burung pleci.

Burung pleci dikenal sebagai burung koloni. Maksud dari koloni yaitu senang hidup secara berkelompok. Banyak sekali jenis burung pleci yang tersebar di indonesia, mulai dari pleci dakun, pleci lombok, dan juga jenis lainnya. Semua jenis pleci tersebut juga sangat disukai para kicau mania. Karena setiap jenisnya mempunyai keunggulan dan kelebihannya masing-masing.

Pleci selalu dipilih untuk dijadikan bahan lomba, karena memiliki kemampuan kicau yang sangat bagus. Meskipun burung pleci sudah dipastikan memiliki kemampuan gacor sejak dini. Tetap saja mereka membutuhkan pelatihan dan perawatan dengan baik, agar kualitas suara kicauannya lebih tertata. Untuk menemukan perawatan yang tepat cobalah kenali karakter burung pleci kalian.

Pengenalan karakter ini sangatlah dianjurkan, jika kalian mengenali karakternya maka akan dengan mudah menentukan manakah perawatan yang cocok dan juga pas untuk pleci. Mengenali karakter pleci tidak dapat dilakukan sehari saja, tetapi membutuhkan waktu dan juga proses yang cukup lama.

Jika kalian pandai menalar dan mencoba mempercepat pemahaman dan pengenalan, maka akan semakin cepat pula kalian mengenalinya. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk mengenal karakter pleci yaitu sekitar 3 bulan lebih. Jangan lupa juga untuk melakukan uji coba  setingan pleci. Uji coba ini dilakukan untuk mengetahui setingan mana yang cocok untuk burung pleci.

Apabila selama beberapa hari kedepan pleci menunjukkan perubahannya, maka setingan yang kalian berikan sudah cukup tepat. Tetapi jika dalam beberapa hari kedepan tidak ada perubahan, diperlukan setingan ulang sampai mendapatkan hasil terbaik. Karena pleci termasuk burung koloni, apakah bisa merawat pleci 1 ekor? Pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Perawatan Harian Burung Pleci Satu Ekor Dengan Benar

Pengembunan pleci

Melakukan perawatan pengembunan memang sangat bermanfaat sekali untuk burung pleci. Pengembunan dapat menurunkan over birahi pada pleci dengan cepat. Namun, jika burung pleci sedang dalam keadaan drop, sebaiknya jangan melakukan pengembunan untuk pleci.

Rawatan pengembunan dilakukan pada pagi hari sebelum matahari mulai muncul. Pengembunan baiknya dilakukan sekitar jam 4 sampai 5 shubuh. Selain itu pengembunan juga dapat membuat pleci merasa segar dan fresh. Lakukan pengembunan dengan menggantang pleci di bawah pohon yang rimbun.

Rawatan Pemandian

Dengan memandikan pleci dapat berguna untuk kesehatannya. Pemandian pleci dapat menjaga kondisi birahi dan membuat burung pleci merasa segar dan bugar. Rawatan mandi biasanya dilakukan saat menjelang siang atau matahari mulai tinggi, atau sekitar jam 8 sampai 9 pagi.

Cara memandikannya yaitu cukup semprotkan air pada burung pleci atau bisa juga menggunakan teknik keramba. Pleci ombyokan yang baru dibeli jangan dimandikan, diamkan dulu sema 4 harian agar beradaptasi.

Penjemuran pleci

Penjemuran burung pleci memang harus dilakukan secara rutin, sebab sudah menjadi salah satu rangkaian yang wajib dijalani. Penjemuran untuk pleci terbagi menjadi beberapa bagian yaitu ada tektik penjemuran cepat yang dilakukan hanya cukup 1 jam saja. Dan ada juga penjemuran lama sampai jam1 siang, hal ini memang boleh dilakukan.

Tapi cobalah perhatikan kondisi burung pleci kalian, apakah baik-baik saja jika rawatannya seperti itu. Kalian harus mengetahui durasi yang tepat selama penjemuran pleci. Dalam penjemuran pleci ada yang mengeluarkan pakan dan minumnya, dan ada juga yang tidak dikeluarkan sama sekali. Tapi jika jemurnya singkat, ambil saja pakan dan minumnya.

Pemberian pakan pleci

Memberikan pakan pleci memang harus diutamakan kualitasnya. Pakan utama burung pleci adalah voer, sekarang ini banyak sekali jenis merek voer yang terjual di pasaran. Tapi banyak kicau mania yang memberikan voer dengan menambahkan campuran lainnya. Seperti voer yang dicampur dengan golden cup +220  volt, voer leopard+susu dancow dan juga dorodod.

Semua jenis voer dapat dicampurkan seperti itu. Selain pemberian voer, ternyata pakan tambahan seperti buah-buahan dan sayur memang sangat bagus untuk pleci. Untuk buah yang disukai pleci, kalian bisa simak pembahasan di artikel sebelumnya. Jangan lupa untuk memberikan pakan tambahan seperti serangga yang mengandung protein tinggi. Ekstra fooding yang sering diberikan adalah ulat hongkong dan kroto.

Penutup

Itulah penjelasan tentang cara merawat pleci 1 ekor. Sebenarnya sama saja pola perawatannya, hanya karena pleci hidup secara koloni bukan berarti tidak bisa dirawat solo. Tetapi, tidak ada salahnya juga jika kalian melakukan perawatan secara koloni atau kelompok. Hal itu cukup disesuaikan saja dengan kemampuan pemilik. Pastikan perawatan pleci dilakukan dengan benar dan baik.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url