Ciri Bunyi Burung Pleci Betina, Ngecall Atau Ngeriwik?

 CIRI BUNYI PLECI BETINA

Ciri Bunyi Pleci Betina - Halo sobat kicau mania! Perlu kalian ketahui bahwa burung pleci sampai saat ini masih menjadi incaran para kicau mania. Burung pleci atau yang akrab di sapa burung kacamata ini masih menjadi pilihan utama sebagai bahan lomba. Karena kemampuannya dalam berkicau membuat burung pleci mampu menguasai arena perlombaan dengan sangat baik.

Karena banyaknya permintaan tentang burung pleci, sekarang ini penangkaran burung pleci sangat laris. Seperti kebanjiran orderan setiap harinya, permintaan burung pleci di pasaran terus meningkat. Hal ini memang sangat menguntungkan bagi kicau mania yang memiliki penangkaran burung pleci tersebut.

Suara kicauannya yang merdu membuat para kicau mania tertarik untuk memeliharanya. Memelihara burung pleci sangatlah menyenangkan, karena setiap hari akan mendengarkan suara kicauannya yang merdu. Meskipun tidak memiliki suara kicauan yang khas, burung plecimampu membawakan suara kicauan burung lainnya dengan sangat baik.

Bahkan dibawakan dengan ciri khasnya dan cengkok yang sangat luara biasa merdu. Itulah kelebihan burung pleci, namun bukan hanya dari segi suara saja. Burung pleci memiliki fisik yang sangat cantik, dengan balutan bulu yang mengkilap dan juga tubuhnya yang proporsional. Membuat penampilan burung kicau tersebut semakin anggun dan juga menawan.

Karena tidak memiliki suara kicauannya sendiri, burung pleci wajib melakukan pemasteran untuk menambah materi isian. Tujuannya agar saat berkicau burung pleci tidak akan mengeluarkan suara yang itu-itu saja. Sehingga akan lebih bervariasi dan suaranya tidak monoton.

Pemasteran ini tidak hanya berlaku untuk burung pleci jantan saja, tetapi juga bisa kalian lakukan untuk burung pleci betina. Burung pleci betina juga bisa ngeriwik ya, seperti penjelasan saya di artikel sebelumnya. Jika burung pleci betina bisa berbunyi, lalu bagaimana ciri bunyi pleci betina? Untuk cirinya simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Ciri-Ciri Suara Kicauan Burung Pleci Betina

Burung pleci adalah salah satu burung kicauan yang masih populer di indonesia sampai saat ini. Banyak sekali yang menganggumi burung pleci karena keindahan suaranya yang sangat merdu. Memiliki 2 macam suara kicauan dalam nada tinggi dan juga rendah. Suara burung pleci yang tinggi berbunyi ppeeettt, sedangkan suara burung pleci rendah berbunyi wwuuukkkk.

Namun untuk burung pleci betina hanya mampu mengeluarkan satu suara saja. Meskipun bisa mengeluarkan suara ngeriwik, tapi suara kicauan burung pleci betina tidak cukup lantang seperti burung pleci jantan.

Jadi, karena itulah jangan heran apabila burung pleci jantan yang dipilih sebagai bahan lomba. Daripada kalian bingung membedakan burung pleci jantan dan betina, simak ulasannya dibawah ini. Perbedaan pleci jantan dan betina yang wajib kalian ketahui, berikut ini perbedaannya.

Pleci Jantan :

  • Tenggorokan terdapat tanda warna hitam di sebelah kanan dan kiri
  • Warna bulunya sangat tajam
  • Memiliki badan yang cenderung panjang
  • Bila diasingkan akan cenderung ngriwik
  • Ujung ekornya berbentuk V
  • Ketika di tiup, kloaka akan terlihat menonjol serta banyak ditumbuhi bulu
  • Lingkar warna putih kacamatanya terlihat lebih tebal dengan garis terputus putus bagian bawah

Pleci Betina :

  • Memiliki ujung ekor yang rata
  • Ekor serta paruhnya juga pendek
  • Tenggorokan di bagian dalam berwarna merah muda dan terlihat bersih tanpa noda hitam
  • Warna bulunya cenderung kusam
  • Tidak dapat ngriwik hanya bisa call walaupaun sudah dipisahkan atau disendirikan
  • Memiliki postur lebih kecil dibandingkan jantan
  • Lingkar kacamata warna putih cenderung lebih tipis dibandingkan jantan

Akhir Kata

Demikianlah ciri-ciri bunyi burung pleci betina. Beberapa penjelasan tentang perbedaan burung pleci betina dan jantan diatas memang terlihat mudah, tetapi jika di praktekkan secara langsung akan terlihat sangat sulit. Karena keduanya hampir sama dan mirip, oleh sebab itu ketika memilih burung pleci wajjb di perhatikan dengan baik dan teliti.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url