Ciri-Ciri Burung Pleci Dakun Jantan, 100% Akurat

CIRI-CIRI PLECI DAKUN JANTAN

Ciri-Ciri Pleci Dakun Jantan - Halo sobat pleci! Apakah kalian menenal burung pleci? Burung pleci adalah salah satu burung kicauan yang sangat aktif dan lincah. Kemampuan berkicauanya yang cukup merdu membuat burung pleci banyak disukai semua orang termasuk kicau mania. Penyebaran burung pleci di indonesia sangatlah banyak, ada berbagai macam jenis pleci yang bisa kalian temui di berbagai daerah.

Burung pleci hidup di alam liar, seperti hutan yang lebat. Ketika hidup di dalam hutan, burung pleci selalu membuat sarang di atas pohon jengkol, laban, dan trembesi atau sengon jawa. Burung yang biasa disebut dengan burung kacamata ini, sekarang memang sedang naik daun dan banyak sekali peminatnya.

Walaupun bertubuh kecil, tetapi burung pleci terlihat sangat lincah dan aktif. Bentuk tubuhnya yang proporsional menambah daya tarik burung pleci pada penggemarnya. Selain itu, burung pleci juga mempunyai suara kicauan yang merdu dan bervariasi. Burung pleci sangat handal dalam menirukan berbagai suara burung kicauan lainnya.

Kicauannya yang indah itu berbalut dengan cengkok irama yang khas. Karena tidak memiliki suara kicauannya sendiri, burung pleci harus banyak di masteri. Pemasteran tersebut berguna untuk menambah materi isian burung pleci agar tidak monoton dan membosankan. Sangatlah indah apabila burung pleci berkicau dengan materi isian yang banyak, lagunya berganti-ganti sehingga enak didengarkan.

Banyak sekali jenis burung pleci yang bisa kalian temui. Salah satunya adalah pleci dada kuning jantan. Burung pleci dada kuning jantan, juga sering dipilih untuk dijadikan bahan lomba. Dibawah ini akan saya jelaskan beberapa ciri-ciri burung pleci dada kuning. Jadi, simak pembahasan lengkapnya.

Berikut Ciri-Ciri Burung Pleci Jantan Dada Kuning

1. Pleci Dada Kuning Bali

Burung pleci dada kuning bali atau pleci dakbal, mempunyai ciri fisik tubuh yang berukuran lebih besar. Apabila dibandingkan pleci jawa, pleci dakun bali terlihat lebih besar. Perbedaan yang paling terlihat jelas yaitu pada bagian lingkar putih di area mata, serta suaranya sangat mirip dengan ayam alas ketika sedang berkicau.

2. Pleci Dada Kuning Garut

Burung pleci dada kuning garut adalah pleci yang paling mendominasi perlombaan burung kicau. Karena pleci garut memiliki suara yang bervariasi dan juga sangat lantang. Ciri-ciri burung pleci garut yaitu memiliki paruh yang panjang dan leba, warna bulu dibagian dadanya berwarna kuning dan bening.

Pada bagian lingkaran mata memiliki warna kuning cenderung sedikit gelap. Pleci garut juga banyak diminati, sebab harganya yang sangat terjangkau dan berkualitas unggul.

3. Pleci Dada Kuning Jatim

Sama dengan nama burung pleci dada kuning jawa timur, pleci tersebut berasal dari daerah jawa timur. Burung pleci dakun jawa timur ini mempunyai nama latin zosterops flavus yang mempunyai ciri fisik seperti warna dada dan bagian punggung lebih cerah serta tidak memiliki garis mata yang hitam.

Tips Memilih Pleci Dakun Bahan Prospek

  1. Dadanya terlihat bidang
  2. Bentuk kepalanya kotak
  3. Matanya terlihat lebih besar, menonjol dan tajam
  4. Ukuran lehernya panjang
  5. Dahinya terlihat menonjol
  6. Paruhnya terlihat lurus, pangkal paruh lebih lebar dan panjang
  7. Kakinya yang kering dan panjang
  8. Postur tubuhnya yang simetris
  9. Ketika bergerak lincah
  10. Ketika berdiri tegak
  11. Sayapnya simetris dan lebar
  12. Ekornya berbentuk V dan terlihat rapi serta panjang.
Itulah ciri-ciri burung pleci dada kuning yang bisa kalian ketahui. Burung pleci memiliki banyak jenis dan setiap jenisnya banyak tersebar di seluruh indonesia. Semua jenis pleci memiliki keunggulan dan kelebihannya masing-masing, jadi pastikan kalian telah mengenali ciri-ciri fisiknya dengan baik.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url