Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina Anakan

PERBEDAAN PLECI JANTAN DAN BETINA ANAKAN

Perbedaan Pleci Jantan dan Betina Anakan - Beberapa tahun lalu burung pleci memang sudah pernah populer dan naik daun. Kepopulerannya membawa keberuntungan bagi banyak orang. Salah satunya penjual burung kicau yang menjual aneka jenis burung pleci. Apalagi jika mendekati musim lomba, banyak sekali burung pleci yang digantang dan terlihat sangat ramai. Sangking ramainya sampai full gantangan.

Semenjak terserang pandemi covid 19, semua keramaian itu berlalu begitu saja. Ditambah lagi pemberlakuan lockdown di berbagai daerah. Tentu saja membuat banyak pleci mania merasa kecewa. Bukan hanya pleci mania saja, semua komunitas burung kicau juga merasa bosan dengan pemberlakuan lockdown tersebut yang mengubah drastis kehidupan semua orang.

Karena adanya pandemi, semua aktivitas yang menimbulkan kerumunan masa tidak boleh di lakukan. Termasuk perlombaan burung kicau tersebut. Perlombaan burung kicau sudah pasti menimbulkan banyak masa, sebab komunitas pecinta burung dari daerah manapun akan turut serta mengikuti perlombaannya.

Namun secara perlahan setelah melalui satu tahun pandemi. Perlombaan mulai diberlakukan dengan peserta terbatas. Selain itu harus mematuhi protokol kesehatan dan lain sebagainya. Meskipun sekarang ini burung pleci sudah tidak sepopuler dulu, tapi burung kacamata yang satu ini masih banyak diminati oleh kicau mania.

Selain itu masih mempunyai penggemar setia seperti pleci mania. Burung pleci sangatlah istimewa, meskipun bentuk tubuhnya terlihat kecil dan mungil namun memiliki suara kicauan yang cukup lantang. Selain itu, suara kicauannya juga lebih bervariasi karena sudah termasuk burung yang cerdas. Burung pleci sangat mudah menirukan berbagai macam suara kicauan burung lain.

Para pleci mania sangat senang memelihara burung mungil ini dari sejak ombyokan. Dengan alasan karena lebih mudah jinak dan dibentuk, akan terlihat lebih jinak dan bisa dimasteri dengan berbagai suara isian yang diinginkan.

Sebab banyak yang mengatakan pleci anakan yang dipelihara sampai dewasa akan berpotensi menjadi juara. Apabila kalian tertarik untuk memelihara burung pleci anakan. Dibawah ini akan saya jelaskan beberapa perbedaan burung pleci jantan dan betina anakan. Agar tidak salah dalam pemilihan, simak pembahasannya dibawah ini.

Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina Ombyokan

Dilihat dari kepala pleci

Burung pleci jantan dan betina saat masih anakan, bentuk kepalanya memang mirip dan bahkan persis seperti tidak ada perbedaan apapun. Tapi bukan berarti tidak memiliki perbedaan, tentu saja berbeda. Burung pleci jantan memiliki bentuk kepala yang lebih besar, cenderung lonjong dan juga datar. Sedangkan bentuk kepala anakan pleci betina terlihat lebih kecil dan bentuknya seperti membulat.

Dilihat dari warna bulu pleci

Warna bulu anakan burung pleci jantan terlihat lebih cerah dan terang, sedangkan warna bulu anakan pleci betina terlihat lebih kusam dan lebih berwarna keabu-abuan. Karena itulah burung pleci betina tidak pernah dilirik untuk dijadikan bahan lomba.

Dilihat dari postur tubuh pleci

Postur tubuh burung pleci anakan juga tidak sama. Jadi, dalam membedakannya anda harus berhati-hati. Jika salah fokus maka pemilihan anda akan gagal dan menjadi salah pilih. Untuk burung pleci jantan dan betina yang memiliki usia sama, postur tubuh pleci jantan akan terlihat lebih besar dan betina terlihat lebih panjang.

Dilihat dari mata pleci

Mata juga dapat membedakan burung pleci jantan dan betina. Dari melihat matanya saja, anda bisa membandingkan mana yang burung pleci jantan dan mana yang betina. Burung pleci jantan memiliki mata yang lebih besar dan melotot. Sorot matanya cenderung lebih tajam dan juga terlihat garang. Sedangkan burung pleci betina memiliki sorot mata yang biasa saja, selain itu mata pleci betina cenderung sayu.

Mendengarkan suara kicauan pleci

Seperti penjelasan saya pada artikel sebelumnya, dari suara kicauan saja anda dapat membedakan mana burung pleci jantan dan mana yang betina. Burung pleci jantan akan  memiliki suara kicauan yang lebih panjang dan juga keras.

Ketika meminta diloloh, paruhnya akan terbuka sangat lebar. Sedangkan burung pleci betina tidak memiliki suara kicauan yang lantang, mungkin hanya ngeriwik halus dan tidak jelas. Itupun juga dalam saat-saat tertentu.

Akhir kata

Itulah pembahasan tentang perbedaan burung pleci betina dan jantan anakan. Sudah jelaskan bahwa melihat perbedaannya bisa melalui suara, kepala, mata, dan juga warna bulunya. Mungkin jika dalam teori terlihat mudah, padahal ketika di praktekkan secara langsung akan sangat sulit. Sebab burung pleci anakan terlihat mirip dan hampir sama. Sekian pembahasan kali ini, dan terima kasih.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url