Perbedaan Burung Pleci Lombok Jantan Dan Betina, 100% Akurat

PERBEDAAN PLECI LOMBOK JANTAN DAN BETINA

Perbedaan Pleci Lombok Jantan Dan Betina -  Banyaknya jenis burung pleci yang tersebar di indonesia memang membuat banyak kicau mania merasa bingung harus memilih yang mana. Sebab, semua jenis burung pleci memiliki kemampuan yang berbeda dalam segi fisik maupun kicauannya. Burung pleci yang ada di jawa timur adalah pleci dada kuning.

Tapi burung pleci dada kuning bukan hanya berasal dari jawa timur saja. Namun ada juga pleci dakun yang berasal dari garut, pleci dakun bali dan sebagainya. Selain burung pleci dada kuning ada juga burung pleci lombok. Burung pleci mempunyai suara kicauan yang khas dan merdu. Meskipun fisiknya tampak kecil dan mungil, ternyata burung pleci sangatlah lincah.

Burung pleci banyak dipilih sebagai bahan perlombaan burung kicau. Suaranya yang cukup merdu membuatnya sering menjadi juara di perlombaannya itu. Tidak jarang banyak sekali kicau mania yang memilih burung pleci untuk perlombaannya itu. Karena kemampuannya sudah tidak diragukan lagi, baik dari segi fisik dan suara burung pleci memang sudah unggul dan juga berkualitas.

Semua kicau mania pastinya sudah mengenal burung pleci lombok. Burung pleci lombok juga sama dengan jenis pleci lainnya yang selalu di incar para kicau mania untuk dijadikan bahan perlombaan. Burung pleci lombok memang berasal dari provinsi lombok, selalu diincar para kicau mania karena mempunyai ciri fisik yang sangat cantik dan menarik.

Oleh sebeb itulah burung pleci lombok juga ikut naik daun. Karena sering dipilih untuk perlombaan, tahukah kalian apa sih kelebihan dan keistimewaan yang dimiliki burung pleci? Jika kalian penasaran dengan kelebihan dan keistimewaannya simak pembahasan lengkapnya dibawah ini ya.

Perbedaan Pleci Lombok Jantan Dengan Pleci Lombok Betina

Perbedaan jenis kelamin pleci lombok

Cara mengenali burung pleci lombok tentu saja sangatlah mudah. Untuk membedakannya kalian bisa melihat lingkaran putih dan kacamatanya tidak putus. Terlihat menyampung rata dan rapi serta berbentuk bulat sempurna. Selain itu burung pleci lombok ini mempunyai bentuk tubuh yang tampak jelas terlihat lebih besar dan juga panjang. Serta mempunyai suara call yang sekilas mirip seperti anak ayam.

Kelebihan burung pleci lombok dari segi suara yaitu kicauannya lebih ngebas, kuat dan lebih lantang. Selain itu, suara kicauan yang dikeluarkan juga cukup bervariasi dan selalu mengeluarkan materi isiannya atau buka paruh. Apabila dibandingkan dengan jenis pleci lainnya dan bermental tarung yang baik, mudah jinak dan gampang rawatannya.

Sedangkan untuk kekurangan yang dimiliki pleci lombok ini yaitu sangat susah dimasteri. Dan jika kalian ingin menambahkan variasi suara kicauan untuk pleci lombok ini. Sebaiknya dilakukan sejak masih anakan atau trotol saja. Atau bisa juga saat burung pleci lombok dalam masa mabung, itu juga dikenal sangat ampuh ketika pemasteran.

Harga burung pleci lombok pada tahun 2021 sampai 2022, sekitar 150 hingga 500 ribuan. Untuk nilai jualnya sangatlah fantastis, namun dengan harga yang cukup mahal itu burung pleci yang dijual bukan sembarangan ya. Tentu saja burung pleci lombok tersebut memiliki kelebihannya sendiri. Karena ada sebagian kicau mania yang memang berniat untuk menjadikan pleci tersebut sebagai bahan lomba.

Untuk ciri fisik burung pleci lombok memang sama dengan jenis pleci jantan lainnya. Dan itu pun juga sama dengan jenis pleci betina lainnya. Jadi, seperti yang saya jelaskan diatas bahwa semua burung pleci jantan dan betina setiap jenis memiliki ciri yang sama. Jika dibedakan, kalian lihat saja pada bagian warna bulu, bentuk ekor, bentuk kepala, dan lain sebagainya.

Perbedaan kicauan pleci lombok

Semua kicau mania pastinya sudah paham dan mengenali suara kicauan burung pleci lombok tersebut. Burung pleci lombok yang sudah juara biasanya akan mengeluarkan suara kicauan yang lebih unggul dan lantang dibandingkan pleci lainnya. Burung pleci lombok memang sangat pandai berkicau dan sering menjuarai berbagai event perlombaan.

Untuk mewujudkannya, kalian harus memberikan perawatan terbaik untuk burung pleci. Namun, semua itu bukanlah hal instan yang bisa kalian harapkan dalam waktu dekat. Semua itu butuh proses yang panjang dan juga latihan yang tepat. Perawatan terbaik untuk burung pleci lombok agar berkicau dengan baik yaitu rawatan harian, setingan dan juga lainnya.

Pastikan burung pleci lombok kalian merasa nyaman dengan kondisi lingkungannya. Usahakan juga burung pleci kalian juga dapat menerima perawatan tersebut. Jika kalian merasa pleci menjadi lebih baik dan kicauannya semakin bagus, berarti pola perawatan yang kalian berikan sudah sangat tepat.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai cara membedakan pleci lombok jantan dan betina dengan benar. Semua ciri fisik burung pleci jenis apapun baik itu jantan dan betina memang sama saja. Mungkin beberapa yang memiliki perbedaan, seperti warna bulu, dan juga bentuk tubuhnya. Namun, kebanyakan sama saja. Jika kalian berniat memelihara burung pleci, pahami ya ulasan diatas agar lebih paham.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url