Rawatan Harian Burung Pleci Dengan Untulan, Mudah Dilakukan!

RAWATAN HARIAN PLECI DENGAN UNTULAN

Rawatan Harian Pleci Dengan Untulan - Membahas tentang rawatan burung pleci memang tidak ada habisnya. Banyak sekali yang memang harus dijelaskan dan di bahas tuntas agar membantu para kicau mania pemula yang baru saja bergabung dengan burung kicau. Perawatan burung pleci memang harus dilakukan sebaik mungkin. Rawatan pleci ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, kemampuan burung pleci kedepannya sangat berpengaruh jika perawatannya tidak maksimal.

Sekarang ini pemilik burung kicau semakin kreatif dalam memberikan perawatan. Hal itu juga sudah disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan plecinya. Jadi, tidak perlu khawatir lagi dengan perawatan yang diberikan. Tujuan pertama memberikan perawatan dan pelatihan pada pleci yaitu agar mempunyai performa dan kinerja yang baik ketika dilombakan nanti. Sebab, rata-rata burung pleci yang dipelihara adalah bahan lomba.

Burung pleci atau yang akrab disebut burung kacamata ini memang mempunyai fisik yang kecil dan mungil. Tetapi bukan berarti tidak bisa menjadi jawara, justru fisiknya yang mungil membuatnya semakin lincah dan aktif ketika di dalam sangkarpun. Apalagi suara kicauannya yang cukup bervariasi mampu membuat semua orang di perlombaan merasa bangga dan juga terpesona dengan suaranya. Jadi, apa yang lagi yang diragukan?

Memang pada dasarnya pleci sudah bisa gacor sejak ombyokan, tapi masih tetap membutuhkan perawatan dan latihan yang tepat supaya pleci semakin berkualitas kedepannya. Banyak sekali perawatan dan setingan burung pleci yang bisa kalian coba. Seperti rawatan pleci dengan untulan atau cewekan. Pernahkah kalian mengetahui rawatan pleci dengan untulan?

Jika belum pernah melihat atau mendengar sebelumnya, simak pembahasan lengkapnya dibawah ini agar lebih mengerti dan juga memahaminya.

Rawatan Harian Burung Pleci Dengan Untulan

Memberikan setingan untuk burung pleci lomba memang harus lebih paten dibandingkan burung pleci peliharaan rumahan. Karena burung pleci yang menjadi bahan lomba harus memiliki mental dan juga sifat fighter yang kuat agar mau mengeluarkan suara kicauannya dan isiannya saat digantangkan. Rawatan harian pleci akan dibedakan saat akan mengikuti perlombaan saja. Dengan memberikan tambahan ekstra fooding dan juga di istirahatkan agar tenaga tidak terkuras habis saat dilombakan.

Burung pleci lomba ada yang menggunakan doping dan ada pula yang memakai cewekan. Dan kali ini saya tertarik untuk membahas perawatan pleci lomba tanpa doping melainkan dengan cewekan atau untulan. Apa gunanya pleci cewekan atau untulan ini? Burung pleci cewekan atau untulan berguna untuk meningkatkan dan menurunkan birahi berlebih pada burung pleci.

Rawatan pleci menggunakan untulan atau cewekan :

  • Pada hari senin sampai rabu berikan buah pepaya, mandikan dengan semprot pada jam 06.30, berikanlah ulat hongkong 2 ekor, jemurlah sampai jam 07.30, kemudian istirahatkan beserta dengan koloninya. Sore harinya jangan lupa berikan ulat hongkong 2 ekor.
  • Selanjutnya di hari kamis, jadikan satu kandang dengan ceweknya. Tempelkan sejajar, berikanlah buah pisang, mandikan dan jemur seperti diatas. Ulat hongkong 2 ekor pagi dan sore.
  • Pada hari satu jadikan satu kandang dengan untulannya, berikan buah pisang, mandikan dan jemur tetap, serta ulat hongkong diberikan 4 ekor pagi dan sore hari.
  • Hari minggu berikanlah buah pepaya, mandi dan penjemuran tetap sama, tambahkanlah 4 sampai 5 kroto sebelum berangkat ke arena perlombaan.
Setelah sampai di lapangan perlombaan :

Pisahkanlah dari untulannya dan berikan ulat hongkong 2 ekor. Tempelkan atau di koloni dengan pleci lainnya mungkin sampai 1 sesi sebelum digantangkan. Berikanlah ulat hongkong 2 ekor sebelum di trek dengan burung pleci lainnya, angkat sedikit tinggi sampai ngalas ngalas bentar, kemudian digantangkan.

Akhir Kata

Jadi, itulah cara rawatan burung pleci dengan untulan yang bisa kalian terapkan di rumah saat mendekati perlombaan. Kalian boleh saja mengikuti perawatan setingan tersebut, namun tetap pastikan rawatannya cocok dan pas untuk pleci kalian. Apabila tidak cocok, jangan takut untuk melakukan uji coba atau bereksperimen untuk menentukan setingan yang pas.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url