Usia Berapa Burung Pleci Ganti Bulu? Simak Ulasannya

USIA BERAPA PLECI GANTI BULU?

Usia Berapa Pleci Ganti Bulu? - Halo semuanya! Pada saat di alam bebas yaitu di habitat aslinya. Ketika burung pleci sedang mengalami proses pergantian bulu sering disebut sebagai mabung atau molting. Mabung ini adalah proses pergantian bulu lama menjadi bulu baru yang lebih bagus dan proses ini sangatlah wajar dialami oleh semua jenis burung kicau.

Selain itu pada saat burung pleci mengalami proses mabung, kalian tidak perlu khawatir karena burung pleci dapat menanganinya. Namun, hal tersebut berbeda lagi jika burung pleci sudah hidup di dalam kandang sebagai burung kicau peliharaan. Apabila burung pleci sedang mengalami masa mabung, maka sangat diperlukan perhatian dan juga pengamatan khusus untuk burung pleci yang sedang pergantian bulu tersebut.

Saat burung pleci sedang mengalami proses pergantian bulu, maka kalian perlu melakukan estimasi atau perkiraan waktu. Karena burung pleci ini adalah burung kicau yang kecil, sehingga sangat rawan terjadi hal yang membahayakan jika tidak diberikan perawatan yang tepat. Terdapat beberapa hal yang wajib kalian pahami selama burung pleci masih dalam keadaan mabung.

Hal ini bertujuan agar burung pleci kalian bisa mabung dengan lancar. Selain itu burung pleci juga akan tetap sehat dan kualitas suara kicauannya tetap terjaga dengan baik. Namun, jika bulu burung pleci mulai mengalami kerontokan sebelum waktunya. Pastinya ada beberapa faktor pemicu  dan kalian harus segera meneliti apa saja penyebabnya.

Masa mabung pada burung pleci memang harus diperhatikan sebaik mungkin. Karena jika tidak di perhatikan dengan baik, pasca mabung akan menurunkan kualitas performanya di perlombaan. Dan membutuhkan waktu dalam pemulihan. Lalu, usia berapakah burung pleci ganti bulu? Untuk setap jenis burung pleci akan mengalami fase mabung berbeda-beda.

Semua itu terjadi tergantung dari tingkat kesetresan dan juga pola makan yang tidak teratur. Namun, jika burung pleci sudah mengalami mabung 4 sampai 3 kali. Maka dapat dipastikan usianya sekitar 12 sampai 16 tahun. Pada umumnya burung kicau akan mengalami mabung setiap 4 tahun sekali. Perlu diperhatikan, bahwa pola makan yang tidak teratur dapat mempercepat masa mabung.

Cara Merawat Burung Pleci Mabung Agar Cepat Selesai

1. Memberikan kroto dengan porsi banyak dan mengurangi pemberian UH

Ketika dalam masa pergantian bulu, kurangilah pemberian ulat hongkong. Apabila setiap harinya burung pleci diberikan ulat sebanyak 3 sampai 4 ekor, setelah itu berikan setengahnya saja. Cukup berikan 1 sampai 2 ekor ulat hongkong saat pleci menghadapi masa mabungnya. Pakan tambahan ulat hongkong ini memang sangat sulit dicerna burung pleci, karena pada saat mabung kondisi tubuh burung pleci kurang kondusif.

Jadi akibatnya nanti akan kurang bagus jika terlalu berlebihan memberikan ulat hongkong. Namun, kalian tidak perlu khawatir. Sebab ada pilihan lain yaitu berikanlah ulat dari daun pisang yang memiliki tekstur lebih lembut. Selain itu juga akan sangat mudah di cerna, tapi yang paling di rekomendasikan sebagai pakan pengganti UH yaitu kroto.

Burung pleci yang sedang mabung memang sangat bagus jika diberikan kroto yang masih fresh. Apalagi diberikan secara teratur salama masa mabung tersebut. Kroto di klaim sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pleci, dengan begitu kondisi kesehatan pleci akan tetap terjaga.

2. Pleci tidak boleh dimandikan

Masa mabung ini memang suatu proses yang paling di tunggu bagi sebagian kicau mania. Sebab, fase mabung ini adalah tanda bahwa burung pleci akan semakin dewasa dan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Mulai dari segi mental, fisik, dan juga suara kicauannya. Meskipun sangat antusias dengan masa mabung burung pleci, tapi jangan sampai lupa dengan berbagai perawatannya.

Masa mabung adalah proses di mana burung pleci rentan mengalami banyak masalah atau kendala. Untuk menghindari kendala tersebut, baiknya burung pleci jangan di mandikan saat sedang masa mabung, tunggulah sampai proses mabungnya selesai dan beres.

Karena jika dimandikan, bulu yang hendak jatuh akan tertahan. Itu dapat memperlambat proses mabung pada pleci. Cukup dibersihkan saja alas dasar sangkarnya dan jangan lupa untuk selalu mengganti pakan serta air minumnya.

Jangan lupa untuk memberikan kroto fresh dengan takaran 1 sendok teh setiap harinya supaya pleci tetap segar dan bugar. Pada saat penjemuran juga durasinya dipersingkat. Penjemuran dilakukan dengan durasi 5 sampai 10 menitan, kemudian di angin-anginkan salama 15 menit lalu di kerodong saat petang.

3. Pasca pergantian bulu

Jika masa mabung pada burung pleci sudah selesai, tunggulah sampai bulu baru mulai tumbuh. Bulu baru tersebut akan mulai tumbuh pada tubuh burung pleci dan membutuhkan waktu sekitar 41 sampai 46 hari. Namun, jika waktu prediksi lebih lambat daripada yang diperkirakan.

Berarti bisa jadi burung pleci kalian sedang mengalami infeksi bakteri lainnya. Untuk menghindari masalah tersebut, berikanlah perawatan yang sesuai dengan kondisi burung ketika mabung. Bukan hanya saat mabung saja, pasca mabung pun pleci tetap mendapatkan perawatan yang baik.

Akhir Kata

Jadi, itulah penjelasan mengenai usia berapa burung pleci ganti bulu. Sekarang sudah terjawab kan, bahwa untuk usia tidak dapat ditetapkan. Sebab, setiap jenis burung pleci memiliki karakter dan tipenya masing-masing. Pemberian pakan yang tidak tepat akan mempercepat mabung, pastikan kalian menjaga kualitas pakan dan selalu rajin membersihkan kandang agar burung pleci tidak gampang stres.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url