Pengikut

Ciri-Ciri Burung Pleci Jantan Muda Beserta Cara Membedakannya

CIRI-CIRI PLECI JANTAN MUDA

Ciri-Ciri Pleci Jantan Muda - Burung pleci atau dalam bahasa Latin disebut sebagai Zosterops Palpebrosus merupakan salah satu jenis burung yang banyak disukai oleh pecinta burung. Burung Pleci banyak ditemukan di Indonesia, khususnya di daerah Jawa, Bali, dan Sumatra. Burung Pleci merupakan burung pemakan serangga dan buah-buahan kecil yang dapat ditemukan di lingkungan sekitar kita, seperti di kebun, taman, dan hutan. 

Karena keindahannya dan suara kicauannya yang merdu, burung Pleci banyak dipelihara sebagai hobi dan ikut serta dalam kontes-kontes kicauan burung. Selain suaranya yang merdu, burung pleci juga memiliki penampilan yang menarik, terutama pada burung pleci jantan muda. Berikut adalah beberapa ciri-ciri burung pleci jantan muda yang dapat dikenali.

Ciri-Ciri Burung Pleci Jantan Masih Muda

Ukuran Tubuh yang Kecil

Burung pleci jantan muda memiliki ukuran tubuh yang kecil, yaitu sekitar 10-11 cm. Selain itu, bobot tubuhnya juga ringan, sehingga membuatnya mudah untuk bergerak dan terbang.

Bulu yang Cokelat Kemerahan

Burung pleci jantan muda memiliki bulu yang cokelat kemerahan di bagian punggung, kepala, dan sayapnya. Selain itu, bulu di bagian bawah tubuhnya berwarna putih kekuningan.

Area Mata Berwarna Gelap

Salah satu ciri khas burung pleci jantan muda adalah area sekitar mata yang berwarna gelap. Warna hitam pada area ini mencolok dan membuatnya terlihat lebih tampan.

Paruh Kecil dan Runcing

Burung pleci jantan muda memiliki paruh yang kecil dan runcing, yang berfungsi untuk memudahkan dalam mencari makanan.

Suara Kicauan yang Merdu

Burung pleci jantan muda memiliki suara kicauan yang merdu dan dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama. Suaranya yang indah membuat burung ini sering dipelihara sebagai burung kicauan.

Ekornya yang Panjang

Meskipun ukuran tubuhnya kecil, burung pleci jantan muda memiliki ekor yang panjang. Hal ini membuatnya terlihat lebih proporsional dan menambah nilai estetika pada penampilannya.

Aktif dan Lincah

Burung pleci jantan muda sangat aktif dan lincah. Mereka sering terlihat bergerak cepat saat mencari makanan dan juga selalu bermain di sekitar sangkar.

Itulah beberapa ciri-ciri burung pleci jantan muda yang dapat dikenali. Dengan mengetahui ciri-ciri tersebut, pecinta burung dapat lebih mudah membedakan antara burung pleci jantan muda dengan burung pleci betina maupun jenis burung pleci lainnya.


Seperti halnya jenis burung lainnya, burung Pleci memiliki perbedaan antara jantan dan betina yang dapat dilihat dari karakteristik fisiknya. Berikut adalah cara membedakan jenis kelamin burung Pleci muda.

Cara Membedakan Burung Pleci Muda

Perbedaan Ukuran

Biasanya, burung Pleci jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada burung Pleci betina. Meskipun demikian, perbedaan ukuran ini tidak terlalu signifikan dan sulit untuk dilihat pada burung Pleci muda.

Perbedaan Suara Kicauan

Burung Pleci jantan memiliki suara kicauan yang lebih panjang dan melengking dibandingkan dengan burung Pleci betina. Selain itu, suara kicauan burung Pleci jantan juga lebih keras dan bernada tinggi.

Perbedaan Warna Bulu

Burung Pleci jantan dan betina juga memiliki perbedaan warna bulu. Burung Pleci jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah dan mencolok daripada burung Pleci betina. Misalnya, pada bagian kepalanya, burung Pleci jantan memiliki warna biru yang lebih terang dibandingkan dengan burung Pleci betina.

Perbedaan Bentuk Paruh

Burung Pleci jantan memiliki paruh yang lebih besar dan panjang dibandingkan dengan burung Pleci betina. Selain itu, bentuk paruh burung Pleci jantan juga lebih runcing dan membulat.

Perbedaan Tingkat Aktivitas

Burung Pleci jantan memiliki tingkat aktivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan burung Pleci betina. Burung Pleci jantan sering terlihat aktif bergerak dan bermain di dalam sangkar, sedangkan burung Pleci betina cenderung lebih tenang dan kurang aktif.

Itulah beberapa cara membedakan jenis kelamin burung Pleci muda. Meskipun demikian, cara terbaik untuk memastikan jenis kelamin burung Pleci adalah dengan mengamati perilaku dan karakteristik fisiknya secara cermat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Baca Juga