Pengertian dan Keuntungan Google AMP Untuk Meningkatkan Performa Situs

Meningkatkan Performa Google AMP

Anda yang mengelola situs web pasti sudah mengerti bahwa Google sekarang telah menjadikan kemudahan dalam versi mobile sebagai salah satu kriteria penentu peringkat situs. Tak hanya itu, Google juga memperkenalkan Accelerated Mobile Pages (AMP) yang membawa banyak manfaat. Pertanyaannya, apa yang Anda dapatkan dengan menerapkan Accelerated Mobile Pages?

Jelas, Google tidak mengenalkan AMP tanpa alasan. Ketika Anda mengimplementasikannya, Anda akan merasakan sejumlah keuntungan yang ditawarkan oleh AMP ini. Jika Anda ingin mendalami lebih dalam mengenai AMP, mari kita simak bersama!

Pengertian Google AMP

Google AMP merupakan perpustakaan open-source yang memungkinkan Anda membuat versi halaman situs yang lebih cepat dan halus di perangkat mobile. AMP mudah digunakan dan dapat diintegrasikan ke dalam platform dan framework yang telah matang. Selain itu mengutip dari Wincah.com, Google AMP sepenuhnya kompatibel dengan situs.

Secara singkat, Google AMP membolehkan Anda untuk menciptakan salinan situs dengan menggunakan AMP HTML. Proses ini menghilangkan sebagian besar elemen yang memperlambat waktu muat (seperti JavaScript, skrip pihak ketiga, dan lainnya). Kemudian, Google akan mengkompres situs tersebut sehingga waktu muat semakin cepat.

Keuntungan Mengadopsi Accelerated Mobile Pages

Anda sudah menyadari bahwa keterkaitan antara kecepatan situs web, peringkat, dan tampilan halaman sangat signifikan. Saat situs web terbuka dengan cepat, pengunjung akan lebih cenderung menjelajahi halaman lain di dalam situs Anda. Tidak hanya itu, angka bounce rate (pengunjung yang langsung keluar) dapat berkurang berkat hal ini.

Ketika bounce rate menurun, Google akan memberikan poin tambahan untuk halaman web Anda. Hasilnya, Anda bisa mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian. Sebenarnya, ada banyak manfaat Accelerated Mobile Pages untuk Performa Situs. Inilah beberapa keuntungannya:

1. Waktu Muat Lebih Cepat

Siapa yang tidak akan senang jika situs yang Anda kunjungi membuka dengan cepat? Seperti yang telah banyak dibahas, kecepatan situs adalah faktor penting dalam SEO. Meskipun konten yang berkualitas juga penting, jika situs lambat diakses, pengunjung akan ragu untuk menjelajahinya.

Menurut sebuah studi, penundaan 1 detik di browser saja bisa mengurangi tingkat konversi hingga 3,50% dan jumlah tampilan halaman juga menurun. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa waktu muat situs harus cepat.

AMP dapat membantu Anda mencapai ini. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki cara berbeda dalam mengonsumsi konten. Dengan adanya beragam konten baru setiap hari, jika situs mobile Anda lambat, pengunjung akan mencari konten serupa di situs lain.

2. Meningkatkan Peringkat SEO

Meskipun AMP bukanlah faktor utama dalam peringkat, karena AMP mempercepat waktu muat dan ramah mobile, ini pada akhirnya dapat meningkatkan peringkat SEO. Situs web yang menggunakan AMP akan mendapatkan nilai tambahan dari Google dibandingkan dengan situs yang lambat dan kurang responsif.

3. Visibilitas Lebih Tinggi

Google menandai hasil pencarian yang menggunakan AMP. Biasanya, hasil ini muncul di bagian atas hasil pencarian. Dengan ini, artikel dan situs web Anda memiliki kesempatan mendapatkan visibilitas lebih tinggi.

Selain itu, seperti yang telah disebutkan, hasil pencarian Google juga menampilkan AMP dalam format carousel dengan gambar yang cukup besar. Ini tentu akan menarik perhatian pengguna, dan konten yang muncul dalam carousel akan mendapatkan lalu lintas yang tinggi.

4. Dukungan untuk Iklan

AMP juga mendukung iklan. Tujuannya adalah agar iklan bisa dimuat dengan cepat dan memiliki konten yang menarik perhatian pengguna. Ini membantu para pengiklan meningkatkan pengaruh dan pengembalian investasi (ROI).

5. Analytics untuk Pengunjung AMP

Saat ini, hampir semua pemilik situs web ingin melacak perilaku pengunjung di situs mereka. Anda tidak perlu khawatir, karena AMP juga mendukung hal ini. Anda bahkan dapat memilih salah satu dari dua tag yang tersedia. Tag ini akan melacak data pengunjung seperti konversi, jumlah pengunjung, pelacakan video, tautan, dan lainnya.

Akhir Kata

Meskipun perbedaan beberapa detik dalam waktu muat mungkin tampak sepele, tetapi sebenarnya memengaruhi peringkat situs Anda di mesin pencarian (dan akhirnya, tingkat konversi). Oleh karena itu, pahami bagaimana menggunakan Google AMP untuk meningkatkan kecepatan waktu muat situs saat diakses melalui perangkat mobile.
Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url