Cara Mengatasi Konten Tidak Asli di Fanspage Facebook atau Mode Profesional

Cara Mengatasi Konten Tidak Asli di Facebook

Apakah Anda mengetahui bahwa di Facebook, ada dorongan kuat untuk Halaman dan Profil agar mengunggah video asli? Namun, Facebook juga memahami bahwa dalam beberapa situasi, tidak semua Halaman dan Profil mampu menyajikan konten yang benar-benar orisinal. Terkadang, pemirsa juga mengharapkan variasi dari berbagai sumber.

Oleh karena itu, Facebook menggarisbawahi pentingnya memberikan nilai tambah pada konten orisinal melalui penyuntingan. Dalam artikel ini, kami akan membahas perbedaan antara konten orisinal, konten yang ditingkatkan, dan konten yang memerlukan catatan tertentu karena keterbatasan keasliannya.

Cara Mengatasi Konten Tidak Asli di Facebook

Konten Orisinal yang Bernilai Tinggi

Dalam upaya memperoleh distribusi yang optimal di Facebook, sangat disarankan agar sebagian besar video yang Anda unggah direkam atau dihasilkan oleh Anda sendiri atau oleh perusahaan yang sama yang mempublikasikannya. Facebook memberikan pengakuan lebih lanjut pada jenis konten ini dengan memberikan lebih banyak distribusi dan peluang monetisasi. Semua Halaman atau Profil Anda akan dianggap memenuhi syarat jika mayoritas konten yang Anda sajikan dianggap orisinal.

Contoh dari konten orisinal meliputi:

  • Episode terbaru, potongan, atau cuplikan dari program yang dibuat oleh produser, aktor, atau jaringan televisi.
  • Vlog yang dibuat oleh pembuat konten.
  • Materi yang direkam oleh penerbit.
  • Laporan berita yang disampaikan oleh reporter berita.
  • Dan jenis konten lainnya yang dianggap orisinal jika direkam atau ditayangkan oleh individu atau perusahaan yang sama yang mempublikasikannya.
  • Konten yang Signifikan Ditingkatkan

Halaman atau Profil yang menggunakan kutipan atau memiliki izin dalam videonya masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan distribusi dan peluang monetisasi di Facebook, asalkan mereka melakukan perubahan yang signifikan pada konten tersebut dan memberikan nilai tambah pada materi aslinya. Ingatlah untuk selalu memberikan nilai tambah pada video yang Anda unggah.

Contoh perubahan yang signifikan termasuk:

  • Penyaji yang memberikan informasi baru dalam video, seperti penambahan overlay dengan komentar tambahan.
  • Teks atau narasi suara yang menyediakan informasi tambahan, seperti memberikan penjelasan tentang kinerja atlet dalam klip olahraga.
  • Proses penyuntingan yang konsisten yang memberikan informasi tambahan, seperti pembuatan kompilasi klip dengan narasi yang menjelaskan perjalanan hidup atau merangkum sepuluh produk terbaik dengan rincian harga atau spesifikasi.

Keterbatasan Keaslian Konten

Konten akan dianggap melanggar Kebijakan Monetisasi Konten yang ditetapkan oleh Facebook jika Halaman atau Profil Anda tidak berperan secara signifikan dalam pembuatan konten tersebut dan tidak memberikan perubahan yang bermakna pada sumbernya.

Halaman atau Profil yang tidak memberikan peningkatan yang berarti pada konten atau tidak memberikan nilai tambah pada materi yang diunggah akan mengalami pembatasan dalam hal monetisasi dan distribusi di Facebook.

Terdapat tiga perilaku utama yang dapat menyebabkan Halaman atau Profil Anda dikategorikan sebagai memiliki keterbatasan keaslian:

Penyuntingan yang Terbatas

Halaman atau Profil yang mengunggah video yang bukan merupakan hasil produksi sendiri, dengan sedikit atau tanpa perubahan yang bermakna (voiceover, komentar, grafis, atau penyuntingan kreatif yang tidak menambahkan nilai tambah).

Gabungan

Halaman atau Profil yang menggabungkan video dari berbagai sumber tanpa melakukan perubahan yang berarti.

Konten Duplikat

Halaman atau Profil yang mengunggah konten yang sudah ada di Facebook tanpa berperan secara signifikan dalam pembuatannya. Kebijakan ini juga berlaku untuk konten yang dilindungi hak cipta atau memiliki lisensi.

Cara Mengatasi Pelanggaran Kebijakan Monetisasi

Jika Halaman atau Profil Anda mendapatkan peringatan karena mengunggah konten dengan keterbatasan keaslian, Facebook merekomendasikan beberapa solusi berikut:

  • Rutin Unggah Konten Orisinal.
  • Berikan Perubahan yang Bermakna pada Konten yang Anda Bagikan.
  • Evaluasi dan Pastikan Konten yang Diunggah adalah Hasil Karya Anda.
  • Ajukan Banding Jika Anda Merasa Penilaian Kebijakan Tidak Tepat.

Dengan memahami perbedaan antara konten orisinal, konten yang ditingkatkan, dan keterbatasan keaslian, Anda dapat meningkatkan peluang distribusi dan monetisasi Halaman dan Profil Facebook Anda. Pastikan untuk selalu memberikan nilai tambah pada konten Anda dan mengikuti pedoman Facebook dengan cermat. Semoga panduan ini membantu Anda menciptakan konten yang lebih unik dan sesuai dengan kebijakan Facebook.

Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama