10 Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Macet Bunyi agar Gacor Kembali

Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Macet Bunyi

Burung cucak ijo, dengan pesonanya yang khas, telah menjadi favorit di kalangan pecinta burung. Namun, terkadang Anda mungkin mengalami masalah dengan cucak ijo peliharaan Anda yang tiba-tiba macet bunyi.

Di artikel ini, kita akan membahas penyebab dan cara mengatasi cucak ijo Anda yang sedang mengalami masalah dengan kicauannya.

Penyebab Cucak Ijo Macet Bunyi

Sebelum kita membahas cara mengatasi masalah ini, penting untuk memahami apa yang bisa menjadi penyebab cucak ijo peliharaan Anda macet bunyi. Berikut beberapa faktor yang dapat memengaruhi kicauan burung cucak ijo:
  • Terkena Infeksi Pernafasan: Salah satu penyebab umum cucak ijo macet bunyi adalah infeksi pernafasan. Ini bisa membuatnya kurang bergairah dan malas berkicau.
  • Mabung: Saat cucak ijo sedang dalam masa mabung, biasanya mereka akan berhenti berkicau. Proses pergantian bulu ini memerlukan energi ekstra dari burung, dan itu bisa membuat mereka tampak lesu.
  • Gangguan Pencernaan: Gangguan pencernaan juga dapat memengaruhi kesehatan burung dan kicauannya. Makanan yang tidak sesuai atau masalah pencernaan lainnya bisa membuat cucak ijo kehilangan minat dalam berkicau.
  • Kalah dalam Kompetisi: Jika cucak ijo Anda sering berpartisipasi dalam kompetisi kicau, kekalahan dapat memengaruhi psikologinya dan membuatnya macet bunyi.
  • Dikagetkan secara Tiba-tiba: Cucak ijo dapat sangat peka terhadap lingkungannya. Dikagetkan oleh suara atau situasi yang tidak biasa dapat membuatnya macet bunyi.
  • Over Birahi: Emosi burung cucak ijo dapat naik-turun, dan jika mereka dalam kondisi "over birahi," ini dapat mengganggu kicauan mereka.
  • Agresif dan Galak: Perubahan perilaku seperti agresivitas yang berlebihan juga dapat memengaruhi kicauan cucak ijo.
  • Mencabuti Bulunya Sendiri: Beberapa cucak ijo dapat merusak bulu mereka sendiri, yang dapat memengaruhi penampilan dan kesehatan mereka secara keseluruhan.
  • Sulit Mabung atau Moulting: Mabung yang sulit atau moulting yang tidak normal dapat membuat cucak ijo kurang bersemangat untuk berkicau.

Cara Mengatasi Cucak Hijau Macet Bunyi

Setelah mengetahui penyebabnya, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengatasi cucak ijo Anda yang macet bunyi:

1. Hentikan Pemberian Voer

Selama burung cucak ijo mengalami macet bunyi, untuk sementara waktu Anda bisa menghentikan pemberian voer dan gantilah dengan pakan extra fooding sesuai dengan selera.

2. Berikan Pisang Kepok Putih

Cara selanjutnya untuk mengatasi burung cucak ijo macet bunyi yakni dengan memberikan pakan extra fooding seperti pisang kepok yang diolesi madu.

3. Tingkatkan Pemberian Jangkrik

Umumnya para kicau mania ketika memiliki burung cucak ijo macet bunyi akan memberikan lebih banyak jangkrik dari biasanya setiap hari. Semisal untuk pemberian perharinya 2 ekor jangkrik di pagi hari dan 3 ekor jangkrik di sore hari, Anda bisa meningkatkannya menjadi 3 sampai 5 ekor perharinya di pagi dan sore hari.

4. Berikan Pakan Ulat Kandang

Selain memberikan jangkrik untuk EF harian pada burung cucak ijo, Anda juga bisa memberikan ulat kandang untuk selingan agar burung tidak bosan.

5. Berikan Buah yang Manis

Selain memberikan EF, pemberian buah-buahan manis wajib untuk diberikan pada burung cucak ijo setiap harinya seperti pepaya, jeruk manis, dan semangka sebagai variasi pakan.

6. Gantang di Tempat Sepi

Agar burung cucak ijo bisa berkicau kembali dan memulihkan mentalnya, sebaiknya tenangkan burung cucak ijo dengan menggantangkannya di tempat yang sunyi dan tidak dilewati banyak orang.

7. Jauhkan dari Burung Gacor

Agar burung cucak ijo bisa istirahat dengan tenang untuk memulihkan kicauannya kembali, jangan sekalipun melihatkan burung cucak ijo Anda dengan burung lain yang sudah gacor. Sebaiknya pisahkan cucak ijo yang macet bunyi dari burung lain yang sudah gacor.

8. Embun, Mandi, Jemur

Sebagian dari Anda mungkin sudah mengerti untuk terapi embun, mandi, dan jemut. Hal ini dikarenakan terapi ini adalah terapi rutin yang perlu dilakukan yaitu embun pagi, mandi pagi, dan jemur.

9. Bersihkan Sangkar secara Teratur

Kenyamanan adalah faktor penting agar burung cucak ijo bisa berkicau di sangkarnya, oleh karena itu pastikan sangkar burung cucak ijo selalu bersih agar burung cucak ijo bisa gacor lagi.

10. Pemasteran dengan Suara Terapi

Untuk membangkitkan semangatnya dalam berkicau, Anda bisa memasternya dengan suara terapi atau burung cucak ijo lain. Cara ini merupakan cara yang ampuh untuk mengatasi burung cucak ijo bahan macet bunyi agar bisa gacor kembali.

Kesimpulan

Jangan biarkan cucak ijo Anda macet bunyi terlalu lama. Dengan perawatan yang tepat dan pemahaman tentang penyebabnya, Anda dapat membantu burung Anda kembali gacor seperti sebelumnya. Berikan perhatian ekstra pada makanan dan lingkungan burung untuk memastikan kesehatannya. Semoga tips ini membantu Anda merawat cucak ijo dengan baik.
Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama