Penyebab dan Cara Mengatasi Pleci Ngeriwik Terus Agar Cepat Ngeplong

Cara Mengatasi Pleci Ngeriwik Terus Agar Cepat Ngeplong

Selamat pagi, siang, sore, atau malam, teman-teman pecinta burung! Kali ini, kami akan berbagi pengalaman dan tips tentang cara membuat pleci ngeriwik dengan indah, atau lebih dikenal dengan sebutan "ngeplong".

Bagi para pemula dalam dunia Kicaumania, khususnya yang baru memelihara burung pleci, mungkin merasa bingung tentang bagaimana caranya agar pleci bisa ngeriwik dengan indah.

Namun, sebenarnya, jika Anda tahu caranya, membuat pleci ngeplong itu mudah, asalkan Anda memperhatikan makanan dan perawatan yang benar. Kami akan mengulas secara tuntas dari penyebab hingga cara mengatasinya.

Penyebab Pleci Hanya Ngeriwik

Sebelum kita membahas cara membuat pleci ngeriwik, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu penyebab pleci yang hanya ngeriwik tanpa mau ngeriwik secara penuh. Pertama-tama, Anda perlu mengevaluasi pola perawatan harian yang Anda terapkan. Salah satu penyebab pleci hanya ngeriwik adalah pemberian pakan yang kurang mengandung nutrisi.

Pertanyaannya, selama ini apakah Anda hanya memberikan voer sebagai makanan utama pleci? Atau sudah mencampurkannya dengan buah segar yang baik untuk pleci? Penting untuk tahu bahwa pleci adalah burung yang rakus, dan mereka dapat makan hingga setengah berat badan mereka dalam sehari. 

Oleh karena itu, pastikan asupan nutrisi yang mereka terima cukup. Selain itu, stres juga bisa menjadi penyebab pleci hanya ngeriwik. Meskipun pleci memiliki tingkat adaptasi yang baik, ada situasi tertentu yang dapat membuat pleci stres.

Salah satu contoh adalah jika ada pleci lain yang lebih dominan, membuat pleci yang sedang Anda latih merasa cemas dan kalah. Untuk mengatasi ini, Anda bisa memisahkan pleci yang sedang Anda latih dari pleci dominan atau mencarikan koloni yang lebih baik untuk pleci tersebut.

Jika pleci berasal dari ombyokan, perubahan habitat yang ekstrim juga bisa menjadi sumber stres. Pada kasus seperti ini, penjinakan diperlukan agar pleci betah dengan lingkungan barunya. Dengan demikian, faktor-faktor ini bisa menjadi penyebab pleci yang hanya ngeriwik tanpa mau ngeriwik penuh.

Cara Agar Pleci Ngeriwik Jadi Ngeplong

1. Perhatikan Kesehatan Pleci Anda

Pleci yang tidak sehat dan fit jarang akan ngeriwik. Pastikan kandangnya bersih, berikan makanan yang kaya nutrisi, seperti buah segar dan voer, dan tambahkan multivitamin ke dalam minumannya. Jangan lupa untuk memberikan mandi pagi dan penjemuran pada pleci, yang akan membantu menjaga kesehatan dan kenyamanan burung Anda.

2. Perhatian Birahi Pleci Anda

Pleci yang tidak birahi jarang akan ngeriwik dengan baik. Anda dapat meningkatkan birahi pleci dengan memberikan extra fooding berupa ulat Hongkong, ulat Jerman, jangkrik, dan sebagainya secara teratur. Berikan voer dengan kandungan protein tinggi, serta berikan racikan pendongkrak birahi, seperti air gula, Mizone, air madu, dan lainnya.

3. Pastikan Pleci Merasa Nyaman

Kebersihan kandang dan pemberian makanan yang cukup adalah faktor penting. Letakkan pleci di tempat yang tenang dan tinggi, terutama jika Anda sedang melatih pleci untuk kontes. Koloni yang baik juga membantu pleci merasa nyaman.

4. Temani Pleci dengan Kelompok Koloni di Rumah

Pleci merupakan burung koloni di habitat alaminya. Oleh karena itu, pleci akan merasa lebih nyaman dan termotivasi untuk ngeriwik jika ditemani oleh kelompok koloni yang serupa. Anda bisa memilih pleci dengan jenis yang sama atau memiliki karakter suara yang mirip.

5. Lakukan Pemasteran

Pemasteran adalah langkah penting untuk membantu pleci Anda ngeriwik dengan baik. Anda bisa menggunakan media MP3 dengan suara pleci ngeriwik atau menggunakan pleci yang sudah gacor sebagai guru vokal.

6. Pertemukan Pleci dengan Kelompok Koloni Baru

Mengajak pleci berkunjung ke rumah teman yang memiliki pleci koloni, membawa pleci ke habitat asli mereka, atau berkumpul dengan pleci lain di lapangan bisa menjadi cara untuk membantu pleci ngeriwik lebih cepat.

7. Masa Mabung (Ngurak/Rontok Bulu)

Pleci yang sedang dalam masa mabung biasanya tidak mau ngeriwik. Anda perlu mengurangi mandi dan penjemuran, tetap menyediakan nutrisi dan vitamin yang cukup, serta menjaga pleci yang sedang mabung agar tidak dicabuti bulunya oleh pleci lain.

Akhir Kata

Dengan memperhatikan faktor-faktor di atas, pleci Anda memiliki peluang yang lebih baik untuk ngeriwik dengan baik. Selalu jaga kesehatan, birahi, kenyamanan, dan kondisi pleci Anda. Pemasteran dan lingkungan yang baik juga dapat mempercepat proses ngeriwik pleci Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda menguntal pleci agar ngeriwik dengan indah. Teruslah berlatih dan bersabar, dan Anda akan melihat hasil yang memuaskan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Selamat mencoba!
Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama