Begini Cara Agar Burung Pleci Cepat Bertelur dan Bisa Menetas

Cara Agar Burung Pleci Cepat Bertelur

Cara Agar Burung Pleci Cepat Bertelur - Anda yang tertarik menjalankan bisnis budidaya burung pleci patut diapresiasi. Burung kecil ini memiliki keunikan suara merdu dan kencang yang membuatnya diminati banyak orang.

Salah satu kunci kesuksesan dalam budidaya burung pleci adalah dalam pemahaman mengenai cara merawatnya dengan baik agar indukan pleci cepat bertelur, terutama hal yang paling penting yakni dalam aspek pakan yang diberikan.

Proses Ternak Burung Pleci yang Baik dan Benar

Sebagai seorang peternak burung pleci yang berkualitas, pemahaman mengenai proses ternak yang baik dan benar sangatlah penting. Proses ini tidak hanya bertujuan untuk menciptakan anakan burung yang dapat dijual, tetapi juga untuk merawat dan memelihara burung pleci dengan baik.


Tentu saja, peran sang penangkar memiliki peran kunci dalam kesuksesan proses ternak ini. Ternak pleci, meskipun menjanjikan, tetap memerlukan kesabaran dan ketelatenan yang tinggi.

Cara Agar Burung Pleci Cepat Bertelur

Burung pleci, selain cantik, juga memiliki suara yang merdu dan melengking. Untuk menjaga keberlanjutan populasi pleci Anda, Anda mungkin berkeinginan agar burung pleci cepat bertelur dan berkembang biak. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Menyiapkan Sangkar yang Tepat

Langkah awal agar burung pleci cepat bertelur adalah dengan menyiapkan sangkar sebagai tempat tinggal. Pastikan sangkar nyaman dan sesuai dengan ukuran pleci, lengkap dengan tempat makan, wadah minum, dan sarang yang baik.

2. Menentukan Indukan yang Prospek

Pemilihan induk pleci yang berkualitas juga menjadi langkah krusial. Pastikan induk jantan dan betina memiliki kesehatan fisik yang baik, bulu yang cantik, dan memiliki kemampuan berbunyi. Usia minimal untuk induk jantan adalah 1 tahun, sedangkan induk betina sebaiknya minimal berusia 1,5 tahun.

3. Proses Perkawinann agar Cepat Bertelur

Setelah menentukan induk, lakukan proses perkawinan di kandang yang sesuai. Pastikan keduanya sudah mampu mengeluarkan suara yang agresif, sebagai tanda bahwa mereka siap kawin. Setelah perkawinan, induk betina akan bertelur setelah 11-12 hari dan telur akan menetas setelah 12 hari.

Baca Juga: Cara Ternak Burung Pleci di Sangkar Gantung, 100% Terbukti

4. Memberikan Makanan Bernutrisi untuk Keesehatan Telur

Penting untuk memberikan makanan yang bernutrisi agar proses bertelur dan perkembangan anak pleci berjalan lancar. Berikan makanan tinggi protein seperti buah-buahan, ulat hongkong, kroto, serangga kecil, dan jangkrik.

5. Merawat Anak Burung Pleci

Setelah telur menetas, induk pleci akan mengasuh anaknya beberapa hari pertama. Namun, pemilik burung perlu ikut merawat anak pleci dengan memberikan makanan teratur dan menyiapkan kandang terpisah setelah beberapa hari.

Akhir Kata

Tips budidaya burung pleci di atas dapat diterapkan dalam berbagai metode ternak, mulai dari pleci pisah campur, ternak pleci beda jenis, hingga budidaya pleci sistem koloni. Yang terpenting adalah memberikan perhatian dan perawatan terbaik untuk burung pleci Anda. Semoga kesuksesan selalu menyertai usaha budidaya burung pleci Anda!

Kata Kunci Terkait Cara Agar Burung Pleci Cepat Bertelur
  • cara agar burung pleci cepat bertelur
  • musim kawin pleci
  • pakan pleci biar cepat birahi
  • cara bikin pleci betina cepat birahi
  • buah untuk menaikan birahi pleci
  • cara ternak pleci full campur
  • ciri-ciri burung pleci mau bertelur
  • ciri2 burung pleci berjodoh
  • cara membuat sarang burung pleci
Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama