Cara Mencairkan Saldo Pelatihan Prakerja Terbaru, Bisa Jadi Uang

Cara Mencairkan Saldo Pelatihan Prakerja

Cara Mencairkan Saldo Pelatihan Prakerja - Program Kartu Prakerja merupakan inisiatif pemerintah Indonesia yang sangat penting dalam meningkatkan kompetensi dan keterampilan angkatan kerja, terutama di tengah dampak pandemi Covid-19.

Bagi anda yang telah berhasil lolos seleksi, program ini memberikan bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif penuntasan pelatihan Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 150 ribu.

Namun, muncul pertanyaan dari banyak peserta mengenai apakah sisa dana pelatihan Prakerja bisa dicairkan menjadi uang tunai atau tidak. Mungkin hal ini disebabkan oleh informasi yang kurang akurat di media sosial atau internet. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan penjelasan yang jelas dan komprehensif berdasarkan sumber resmi dari pihak Prakerja dan platform digital mitra Prakerja.

Cara Mencairkan Saldo Prakerja

Setiap peserta yang berhasil masuk ke dalam program akan menerima saldo Prakerja sebesar Rp4.200.000. Rinciannya mencakup Rp3.500.000 untuk pembelian biaya pelatihan atau kursus, Rp600.000 yang dapat dicairkan setelah pelatihan, dan Rp100.000 yang diberikan setelah dua kali mengisi survei.


Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh penyelenggara yang terdaftar di platform Prakerja, seperti kursus membuat musik digital atau memasarkan produk dan jasa di Instagram. Namun, sayangnya, saldo Prakerja tidak bisa dicairkan dalam bentuk uang tunai atau digunakan untuk tujuan lain selain yang telah ditentukan.

Namun, saldo Prakerja dapat digunakan untuk membayar biaya pelatihan atau kursus yang telah terdaftar di platform Prakerja. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda gunakan untuk mencairkan saldo Prakerja untuk membeli pelatihan:
  • Akses website atau aplikasi Prakerja melalui prakerja.go.id.
  • Pilih pelatihan atau kursus yang ingin anda ikuti dari daftar penyedia yang terdaftar di Prakerja.
  • Lakukan pendaftaran dan pembayaran untuk membeli pelatihan menggunakan saldo Prakerja yang tersedia di akun Prakerja anda.
  • Setelah pembayaran berhasil dilakukan, anda dapat mengakses pelatihan atau kursus yang telah anda pilih atau beli.
Apa yang harus dilakukan jika saldo Prakerja lebih besar dari biaya pelatihan? Jika saldo Prakerja yang anda terima lebih besar dari biaya pelatihan atau kursus yang ingin anda ikuti, maka sisa saldo tersebut bisa anda gunakan untuk membayar pelatihan atau kursus lainnya di masa depan.

Bagaimana jika saldo Prakerja kurang? Jika saldo Prakerja yang anda terima tidak mencukupi untuk membayar biaya pelatihan atau kursus yang ingin anda ikuti, maka anda dapat melakukan pembayaran sisa biaya tersebut dengan menggunakan metode pembayaran lainnya, seperti transfer bank.

Manfaat Saldo Prakerja untuk Membeli Pelatihan

Saldo Prakerja tidak hanya membantu anda untuk membeli pelatihan atau kursus online, tetapi juga membuka pintu menuju berbagai pengetahuan dan keterampilan baru. Tujuannya adalah agar sebagai peserta Prakerja, anda dapat meningkatkan daya saing di dunia kerja. Membeli pelatihan dengan saldo Prakerja memiliki beberapa manfaat, antara lain:

Gratis untuk Peserta Prakerja

Peserta Prakerja tidak perlu membayar apapun untuk membeli pelatihan atau kursus online yang disediakan oleh berbagai provider yang bekerja sama dengan program Prakerja. Ini berarti anda dapat menghemat biaya belajar dan memperoleh akses ke berbagai kursus berkualitas tinggi tanpa biaya.

Lebih Terjangkau

Kursus yang disediakan oleh provider yang bekerja sama dengan program Prakerja memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kursus di tempat lain. Hal ini tentunya dapat membuat pelatihan atau kursus yang diperoleh dengan saldo Prakerja tadi  bisa lebih terjangkau dan ekonomis secara biaya.

Kualitas yang Baik

Pelatihan atau kursus yang disediakan oleh provider yang bekerja sama dengan program Prakerja biasanya berkualitas tinggi. Provider tersebut telah melalui proses seleksi yang ketat sehingga hanya provider berkualitas yang dapat bekerja sama dengan program Prakerja.

Meningkatkan Keterampilan

Dengan membeli pelatihan menggunakan saldo Prakerja, anda dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat meningkatkan kesempatan anda dalam mencari pekerjaan yang lebih baik.

Cara Mencairkan Insentif Bantuan Prakerja

Bagi peserta yang ingin mencairkan insentif, langkah-langkahnya cukup sederhana. Anda harus menyambungkan rekening bank atau uang elektronik milik sendiri dengan Nomor Kartu Prakerja. Proses ini dapat dilakukan sebagai berikut:
  1. Login ke akun Prakerja di www.prakerja.go.id
  2. Pilih menu “Profil” dan klik “Sambungkan Rekening”
  3. Pilih salah satu dari empat opsi yang tersedia, yaitu Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, atau LinkAja
  4. Masukkan nomor rekening atau nomor ponsel yang terdaftar pada bank atau uang elektronik yang dipilih
Klik “Sambungkan” dan tunggu konfirmasi
Setelah rekening berhasil disambungkan, anda akan menerima SMS notifikasi dari Prakerja yang berisi informasi mengenai insentif yang akan diterima. Insentif akan dikirimkan secara otomatis setiap bulannya ke rekening yang telah disambungkan, selama anda memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Akhir Kata

Jadi, itulah informasi lengkap mengenai cara mencairkan saldo pelatihan Prakerja dan manfaat dari saldo tersebut. Pastikan anda mengikuti prosedur dengan benar untuk memaksimalkan manfaat dari program Kartu Prakerja ini.
Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama