Cara Mengatasi Burung Pleci Ngembung Angkat Kaki Agar Aktif Kembali

Cara Mengatasi Burung Pleci Ngembung Angkat Kaki

Cara Mengatasi Pleci Ngembung Angkat Kaki - Halo teman-teman pecinta burung, terutama yang memiliki burung pleci sebagai hewan peliharaan Anda. Apakah Anda pernah mengalami masalah ketika burung pleci kesayangan Anda tiba-tiba ngembung atau mengembangkan bulunya? Jika ya, artikel ini akan membantu Anda memahami penyebabnya dan memberikan solusi untuk mengatasi pleci ngembung.

Penyebab Pleci Mengembangkan Bulu (Ngembung)

Salah satu masalah umum yang sering dihadapi oleh pemilik pleci adalah saat burung mereka mengembangkan bulunya dengan cara yang tidak biasa. Ini biasanya terjadi karena beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan.

Faktor Cuaca

Salah satu penyebab utama pleci mengembangkan bulunya adalah faktor cuaca. Terutama ketika cuaca sedang musim dingin atau hujan yang tidak bersahabat, suhu turun drastis, burung pleci cenderung mengembangkan bulunya untuk menjaga suhu tubuh mereka agar tetap hangat. Untuk mengatasi ini, Anda perlu memastikan burung pleci Anda tetap terlindungi dari cuaca yang tidak bersahabat.

Cara Mengatasi Pleci Ngembung Angkat Kaki

Jika Anda menghadapi masalah pleci ngembung, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengatasi situasi ini dan membantu pleci kesayangan Anda kembali ke kondisi normal.

1. Perhatikan Kondisi Burung

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kondisi burung pleci Anda. Selain itu perhatikan juga apakah burung pleci Anda menunjukkan gejala-gejala stres, seperti bulu kusam, nafsu makan menurun, dan malas berkicau. Jika Anda melihat gejala-gejala stres, Anda perlu mengatasi stres burung tersebut.

2. Jaga Kebersihan Kandang

Pastikan kandang pleci Anda selalu bersih dan kering. Kebersihan kandang sangat penting untuk menjaga kesehatan burung. Hal ini dikarenakan kandang yang kotor dapat menyebabkan stres pada burung pleci kesayangan Anda.

3. Pastikan Kandang Berada di Tempat yang Hangat

Jika cuaca dingin menjadi penyebab pleci ngembung, pastikan kandang berada di tempat yang hangat. Anda dapat menempatkan lampu penghangat di dekat kandang untuk membantu menjaga suhu yang nyaman.

4. Lakukan Penjemuran

Penjemuran dapat membantu mengurangi stres pada burung. Untuk tata cara menjemur burung pleci yang bena, Anda bisa menjemur burung pleci selama 1-2 jam setiap pagi.

Disamping itu dengan sinar matahari juga dapat membunuh bibit-bibit jamur yang biasanya bersarang di lantai sangkar, jeruji, atau bagian sangkar lainnya, hal ini dikarenakan dengan sinar matahari juga bisa mengusir kutu-kutu yang menempel di bulu burung dan permukaan kulit burung.

5. Berikan Burung Pleci Ketenangan

Jika burung pleci ngembung karena stres, hindari memindahkan burung dari satu tempat ke tempat lain secara tiba-tiba. Ini dapat meningkatkan stres burung.

6. Pastikan Pakan yang Seimbang

Pastikan burung pleci Anda mendapatkan pakan yang seimbang beserta Ekstra Fooding yang cukup, dikarenakan dengan pemberian pakan yang seimbang akan membantu menjaga keseimbangan hormon burung.

7. Lakukan Pengecekan Kesehatan

Jika pleci ngembung terus-menerus, Anda bisa membawa burung ke dokter hewan untuk mendapatkan pemeriksaan. Dokter hewan akan dapat menentukan penyebab pleci ngembung dan memberikan penanganan yang tepat.

Manfaat Air Gula untuk Pleci

Selain langkah-langkah di atas, ada satu hal yang perlu dicatat tentang air gula. Air gula dapat membantu memulihkan kondisi pleci yang ngembung. Air gula memiliki manfaat untuk memberikan energi ekstra kepada burung pleci dan membantu mengurangi stres yang mungkin menjadi penyebab ngembungnya.

Jadi, jika Anda menghadapi masalah pleci ngembung, jangan ragu untuk memberikan air gula sebagai bantuan tambahan. Namun, pastikan Anda memberikannya dengan bijak dan tidak berlebihan, karena terlalu banyak air gula dapat berdampak buruk pada kesehatan burung.

Penutup

Demikianlah beberapa cara mengatasi pleci ngembung dan penyebabnya. Pleci yang ngembung memerlukan perhatian ekstra dan pemahaman untuk membantu mereka pulih. Tetaplah sabar dan telaten dalam merawat burung pleci kesayangan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan pleci Anda segera pulih kembali ke kondisi yang sehat. Terima kasih sudah membaca.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Baca Juga