Cara Ampuh Mengatasi Pleci Over Birahi Agar Bisa Stabil dan Gacor

Cara Mengatasi Pleci Over Birahi

Cara Mengatasi Pleci Birahi - Selamat datang, teman-teman kicau mania! Kali ini, kita akan membahas tips dan pengalaman mengatasi kondisi over birahi pada burung pleci. Meskipun pleci sering dianggap sebagai burung kicau yang tenang, namun ternyata, mereka juga bisa mengalami masalah over birahi.

Dalam artikel ini, kita akan membahas ciri-ciri pleci over birahi, serta memberikan solusi-solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini.

Cara Ampuh Mengatasi Burung Pleci Terlalu Birahi

Ciri-Ciri Pleci Over Birahi

Sebelum kita membahas cara mengatasi pleci over birahi, penting untuk mengenali ciri-ciri burung pleci yang sedang mengalami kondisi tersebut. Beberapa ciri umum pleci over birahi antara lain:
  • Sering Loncat-Loncatan dan Gelisah: Meskipun kondisi makanan dan lingkungan cukup, pleci over birahi tetap terlihat gelisah dan sering meloncat-loncat.
  • Menggetarkan Sayap: Pleci akan menggetarkan sayapnya sambil mengeluarkan suara khas seperti ngeriwik, cirriririr… ciciririr…
  • Makan Lebih Rakus: Terkadang, pleci over birahi akan terlihat lebih rakus dalam makanannya.
  • Reaksi Berlebihan Saat Bertemu Pleci Lain: Ketika bertemu dengan pleci lain, burung yang sedang over birahi cenderung menggoyangkan kepala dan ngeriwik halus.
Jika Anda melihat pleci Anda menunjukkan ciri-ciri tersebut, maka kemungkinan besar burung tersebut sedang mengalami over birahi.

Cara Mengatasi Pleci Over Birahi Secara Alami

Setelah mengenali ciri-ciri pleci over birahi, kini saatnya mencari solusi yang tepat agar burung Anda kembali stabil. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi pleci over birahi dengan mudah:

1. Durasi Pemandian Ditingkatkan

Rajinlah memberikan pemandian pada pleci Anda. Lakukan setiap pagi, siang, dan sore, sehingga dalam sehari pleci bisa mendapatkan pemandian hingga 4 kali. Gunakan cepuk besar atau semprotan tangan khusus untuk burung. Pastikan untuk tetap konsisten melakukannya setiap hari.

2. Penjemuran dan Pemberian EF yang Tepat

Lakukan penjemuran hanya pada pagi hari, sekitar jam setengah delapan. Durasi penjemuran cukup 10-15 menit. Selain itu, kurangi pemberian pakan EF seperti kroto dan ulat kandang. Kurangi porsinya agar kebutuhan gizi tetap terpenuhi, namun birahi pleci bisa turun.

3. Pemberian Pakan Buah-Buahan

Berikan buah-buahan seperti pepaya, jeruk, dan tomat. Kandungan dalam buah-buahan tersebut dapat membantu menurunkan dan menstabilkan birahi pleci.

4. Menempelkan Pleci Over Birahi dengan Pleci Lain

Jika Anda memiliki lebih dari satu pleci, tempelkan pleci yang over birahi dengan pleci lainnya. Caranya mudah, cukup tempelkan sangkar pleci satu dengan yang lainnya. Dengan cara ini, pleci yang over birahi dapat merasa lebih tenang dan birahinya bisa turun.

5. Tempatkan di Kandang Umbaran

Letakkan pleci yang sedang over birahi di kandang umbaran. Hal ini dapat membuat pleci lebih leluasa bergerak dan membantu menurunkan birahinya.

6. Berikan Untulan atau Pasangan Sementara

Satukan pleci yang over birahi dengan untulannya. Jika tidak memiliki untulan, cari di kios-kios atau pasar burung. Setelah birahi turun, pleci bisa dikembalikan ke kandang harian.

7. Tempatkan di Kandang Koloni

Jika semua cara di atas tidak berhasil, coba tempatkan pleci yang over birahi di kandang koloni. Bersatulah dengan pleci lainnya, dan biasanya ini dapat membantu menurunkan birahi pleci dengan cepat.

Pentingnya Perawatan Ekstra untuk Pleci Over Birahi

Menjaga Kebersihan Kandang

Selain langkah-langkah di atas, menjaga kebersihan kandang merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah pleci mengalami over birahi. Kandang yang kotor dan kurang terjaga kebersihannya dapat menjadi pemicu stres pada burung.

Pastikan untuk membersihkan kandang setiap hari, termasuk membersihkan dasar kandang, tempat makanan, dan tempat minum. Kebersihan kandang juga dapat membantu mencegah masuknya penyakit dan parasit ke tubuh pleci.

Memberikan Variasi Mainan

Pleci yang mengalami over birahi juga dapat diakibatkan oleh kebosanan. Oleh karena itu, penting untuk memberikan variasi mainan di dalam sangkar. Mainan-mainan yang dapat merangsang aktivitas fisik dan mental pleci sangat dianjurkan.

Beberapa mainan yang bisa Anda berikan antara lain ranting kecil, bola mainan, atau mainan gantung. Dengan adanya variasi mainan, pleci akan lebih aktif dan terhindar dari stres yang dapat menyebabkan over birahi.

Kontrol Pencahayaan

Kontrol pencahayaan juga dapat berpengaruh pada kondisi birahi pleci. Pastikan pleci Anda mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup, tetapi hindari paparan langsung terutama pada saat siang hari yang terik.

Pencahayaan yang baik dapat membantu mengatur ritme tubuh pleci dan mencegah terjadinya over birahi. Jika memungkinkan, Anda juga dapat menyediakan lampu UVB untuk meniru efek sinar matahari alami di dalam kandang.

Rutin Melibatkan dalam Aktivitas

Melibatkan pleci dalam aktivitas di luar sangkar juga dapat membantu mengurangi tingkat birahi. Anda bisa membawa pleci berkeliling di dalam ruangan atau memberikannya waktu untuk terbang bebas di area yang aman.

Aktivitas fisik ini tidak hanya baik untuk kesehatan pleci, tetapi juga dapat memberikan stimulasi yang dibutuhkan untuk menghindari over birahi.

Penutup

Dalam mengatasi pleci over birahi, perhatian ekstra dan kasih sayang dari pemiliknya sangatlah penting. Setiap pleci memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda, oleh karena itu, penting untuk terus memonitor respons pleci terhadap perawatan yang diberikan. Jika kondisi over birahi terus berlanjut atau memburuk, sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan atau ahli burung untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik.

Dengan memberikan perawatan yang baik dan memahami kebutuhan pleci, Anda dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan bahagia bagi burung kesayangan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan wawasan tambahan bagi para pecinta pleci. Tetap jaga kesehatan dan kebahagiaan pleci Anda. Salam kicau!
Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama