Pengikut

Panduan Cara Membuat CV ATS Friendly Otomatis Agar Lolos Screening

CV ATS Friendly

Cara Membuat CV ATS Friendly - Anda mungkin belum familiar dengan istilah CV ATS Friendly, namun pengetahuan mengenai apa itu, manfaatnya, dan cara membuatnya menjadi krusial terutama dalam dunia kerja saat ini. Saat ini, banyak perusahaan, khususnya perusahaan besar, lebih memilih CV dengan format ATS Friendly karena terlihat lebih profesional dan tentu saja lebih mudah dibaca oleh sistem atau teknologi yang disebut sebagai Applicant Tracking System (ATS).

CV ATS Friendly memiliki peran yang sangat penting, terutama ketika Anda melamar pekerjaan di perusahaan besar. CV yang Anda kirimkan umumnya tidak langsung dibaca oleh rekruter, melainkan terlebih dahulu di-filter oleh mesin ATS.

Dengan adanya mesin ATS atau Applicant Tracking System ini digunakan oleh beberapa perusahaan dalam hal mempercepat proses lamaran kerja. Sistem ATS ini bertugas menyaring CV pelamar kerja sehingga CV yang sampai ke tangan rekruter nantinya hanya merupakan CV yang memenuhi kualifikasi dan berkualitas.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai CV ATS Friendly, mulai dari pengertian, manfaat, hingga tips cara membuatnya beserta template CV ATS Friendly yang bisa Anda gunakan.

Apa Itu CV ATS Friendly?

CV ATS Friendly adalah format CV yang dapat diakses dan diurutkan melalui software atau aplikasi Applicant Tracking System (ATS). ATS sendiri merupakan perangkat lunak yang digunakan oleh perusahaan untuk membantu proses seleksi kandidat dan rekrutmen.

Sistem ATS atau Applicant Tracking System merupakan software yang digunakan oleh perusahaan untuk memudahkan proses penyaringan atau seleksi calon karyawan. Dengan menggunakan ATS, perusahaan dapat memproses lamaran dalam jumlah besar secara efisien.

ATS memungkinkan perusahaan melakukan seleksi otomatis berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya, seperti tahun pengalaman kerja, IPK, dan keterampilan yang dibutuhkan. Hal ini mempermudah rekruter dalam mengatasi volume besar lamaran, karena tidak perlu melihat satu per satu CV secara manual.

Tipe CV ATS Friendly seperti ini sangat berguna dalam menangani seleksi karyawan dalam jumlah besar, membuat proses rekrutmen menjadi lebih efisien dan efektif. CV ATS Friendly akan secara otomatis terbaca dan diseleksi langsung oleh sistem ATS.

Keuntungan Menggunakan CV ATS Friendly

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan CV ATS Friendly, di antaranya:

1. Mempermudah dalam Proses Seleksi

CV ATS Friendly akan sangat membantu perusahaan, terutama dalam proses seleksi CV. Rekruter tidak perlu lagi melihat secara manual setiap CV yang masuk, karena sistem ATS akan melakukan seleksi otomatis sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan perusahaan.

Aplikasi ATS umumnya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang menerima jumlah kandidat yang sangat besar. Dengan menggunakan perangkat lunak ATS, perusahaan dapat dengan mudah menyeleksi calon karyawan dengan kriteria yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Karenanya, disarankan untuk menggunakan format CV ATS jika Anda melamar di perusahaan besar. Dengan begitu, CV Anda akan terbaca oleh sistem dan peluang diterima di perusahaan tersebut akan semakin besar.

2. Terlihat Lebih Profesional

Penggunaan CV ATS Friendly akan memberikan kesan profesional dan elegan bagi pelamar. Format CV ATS Friendly terkesan sederhana namun jauh lebih profesional dibandingkan dengan CV kreatif yang mungkin terkesan membingungkan bagi rekruter ketika membacanya atau melihatnya.

Untuk itu, disarankan untuk menggunakan format CV ATS Friendly ketika melamar ke suatu perusahaan, karena akan membuat Anda terlihat lebih profesional meskipun perusahaan tersebut tidak menggunakan software ATS dalam proses seleksinya.

3. Menekan Biaya Proses Rekrutmen & Seleksi

Penggunaan software ATS ternyata dapat menekan biaya proses rekrutmen dan seleksi di suatu perusahaan. Sistem all-in-one yang dimiliki oleh perangkat lunak ini membuat proses seleksi menjadi lebih sederhana dan mampu menekan biaya secara keseluruhan, sehingga lebih murah dan efisien.

Cara Membuat CV ATS Friendly

Setelah membahas pengertian dan keuntungan CV ATS Friendly, berikut langkah-langkah cara membuatnya:

1. Gunakan Template atau Desain yang Sederhana

CV ATS Friendly dirancang untuk tidak mencolok. Anda tidak perlu mendesainnya dengan tampilan yang ramai dan cantik. Sistem ATS hanya membaca data yang diterima, sehingga desain CV sebaiknya polos dan rapi. Fokuslah pada pengalaman dan kemampuan Anda.

Gunakan format yang benar, dari kiri ke kanan dan atas ke bawah. Pilih template yang dimulai dari bagian atas kiri dan pastikan urutannya sesuai dengan keinginan Anda, bisa dimulai dari deskripsi diri hingga pengalaman atau kemampuan lainnya.

2. Gunakan Kata Kunci yang Sesuai

Kunci utama dalam CV ATS Friendly adalah penggunaan kata kunci (keywords). Setelah itu sistem ATS akan menyaring semua informasi yang dikelompokkan berdasarkan kata kunci tertentu. Tulislah kata kunci yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar agar poin yang didapatkan semakin tinggi.

Anda bisa menuliskannya dengan jelas, misalnya "Google Analytics" atau "Search Engine Optimization (SEO)". Jika menemukan lowongan pekerjaan di portal kerja, tuliskan kata kunci yang sesuai dengan deskripsi pekerjaannya. Hindari typo dalam penulisan CV!

3. Hindari Grafik, Icon, dan Dekorasi Lainnya

Hindari penggunaan gambar, grafik, ikon, text box atau kotak teks, dan font yang tidak umum dalam CV ATS Friendly. Gunakan font yang umum digunakan untuk membuat CV dan pastikan ukurannya tidak terlalu kecil.

Namun, tetaplah tambahkan judul dan subjudul yang sesuai. Sebagai contoh, "Deskripsi Diri", "Kemampuan", "Pengalaman Kerja", dan lain-lain. Hal ini memudahkan sistem dalam memproses informasi dengan benar.

4. Gunakan Poin dan Angka

Gunakan bullet points dan angka untuk menjelaskan pengalaman kerja atau hal lainnya. Sistem akan lebih mudah membaca dan membedakan jika informasi dijabarkan satu per satu daripada dalam paragraf. Gunakan bentuk standar, seperti bulat atau persegi.

5. Satu Posisi, Satu Perusahaan

Ketika melamar dengan CV ATS Friendly, masukkan satu posisi untuk satu perusahaan. Jangan mencampuradukkan posisi yang berbeda-beda dalam satu CV. Meskipun kemungkinan semuanya dapat dibaca oleh sistem, rekruter akan membaca CV Anda. Oleh karena itu, tampilkan fokus Anda untuk satu posisi agar terlihat lebih profesional.

6. Gunakan Tipe File yang Benar

Untuk hasil yang terbaik gunakan tipe file CV ATS Friendly yang benar, tipe file tersebut terbaik untuk CV ATS Friendly adalah PDF atau docx. Jangan menyimpan CV dalam format JPEG/JPG atau PNG, karena sistem ATS tidak dapat membaca format gambar. Format docx adalah yang paling cocok, karena dapat diurai secara akurat oleh sistem.

Itulah beberapa panduan untuk Anda yang ingin membuat CV ATS Friendly. Hindari hal-hal yang tidak dapat dibaca oleh sistem ATS, karena jika tidak, CV Anda mungkin tidak akan terbaca dengan baik. Namun jika Anda merasa sibuk atau tidak punya waktu dalam membuat CV ATS Friendly, Anda bisa menggunakan SuratPlus untuk keperluan membuat CV. 

Kenapa Kamu Harus Menggunakan SuratPlus?

Membuat surat memerlukan perhatian terhadap berbagai detail, seperti margin surat, kata pembuka, isi surat, kata penutup surat, kop surat, apalagi dalam hal pembuatan surat lamaran kerja. Meskipun Microsoft Word umum digunakan, bagi mereka yang tidak terbiasa, membuat template surat, seperti surat lamaran pekerjaan, bisa menjadi tantangan.

Bila Anda merasa kesulitan dalam membuat surat, coba gunakan alternatif yaitu SuratPlus, generator surat online yang memudahkan Anda membuat surat secara otomatis dengan hanya memasukkan data yang diperlukan. Anda tidak perlu lagi khawatir tentang pengaturan margin, kata pembuka, isi surat, penutup, dan sebagainya.

Dengan bantuan Ai ChatGPT, Anda juga bisa membuat CV ATS Friendly di SuratPlus dengan sangat mudah serta langsung dapat melihat skor matchrate dari CV ATS yang telah Anda Buat.

Keunggulan Menggunakan SuratPlus

  • Mudah dan Cepat: Dengan sistem generator otomatis, surat dibuat secara real-time dan hanya perlu mengisi data.
  • Otomatis: Selain mudah dan cepat, dalam pembuatan dokumen juga dibuat secara otomatis tanpa harus mengatur layout, desain, dan format.
  • Tanpa Instalasi: Buat dokumen online berbasis website tanpa perlu install aplikasi.
  • Auto Save: Dokumen tersimpan otomatis dengan sistem cloud.
  • Akses Mudah: Dengan berbasis cloud, dapat diakses kapanpun dan diperangkat manapun.
  • Keamanan Data: Kami menggunakan protokol transfer data yang aman untuk mengamankan proses transfer data Anda.

Dengan SuratPlus, Anda dapat mengatasi kesulitan dalam membuat surat dengan mudah dan cepat. Manfaatkan keunggulan sistem otomatis, tanpa perlu instalasi, akses mudah di mana saja, dan keamanan data yang terjamin. Jangan biarkan pembuatan surat menjadi beban, mulailah menggunakan SuratPlus sekarang juga!

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai CV ATS Friendly, format CV yang sangat diperlukan terutama ketika Anda melamar pekerjaan di perusahaan besar. Penggunaan CV ATS Friendly memberikan keuntungan dalam efisiensi seleksi, memberikan kesan profesional, dan menekan biaya proses rekrutmen.

Dengan mengikuti panduan cara membuat CV ATS Friendly di atas, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk diterima di perusahaan impian Anda. Selamat mencoba!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Baca Juga