Pengikut

Cara Jitu agar Burung Prenjak Ngalun Ngunci Saat Lomba dan Juara

Cara agar Burung Prenjak Ngalun Saat Lomba

Cara agar Burung Prenjak Ngalun Saat Lomba - Halo sobat Prenjak Mania Indonesia! Sesuai dengan request para prenjak mania yang ingin burung prenjak miliknya top moncer di gantangan, oleh karena itulah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tuntas tentang cara merawat burung prenjak agar koncer juara 1 di gantangan.

Untuk itu agar burung prenjak Anda bisa koncer di gantangan, jangan sampai kelewatan ya cara-caranya, simak terus ulasan berikut ini.

Burung Prenjak yang Prospek Untuk Lomba

Burung Prenjak Sebagai Burung Fighter

Anda sebagai prenjak mania tentunya sudah mengetahui bahwa pada dasarnya, burung prenjak merupakan burung fighter atau burung petarung. Hal ini bisa Anda buktikan dengan burung prenjak jantan yang sudah gacor.


Apabila diperlihatkan dengan burung prenjak yang lain, pasti burung prenjak tersebut langsung bereaksi dengan suara kicau yang bersahut-sahutan. Maka dari itulah yang membuat burung prenjak kerap disebut dengan burung petarung.

Harga Burung Prenjak dan Karakteristiknya

Soal harga burung prenjak yang gacor dengan burung prenjak yang ikut lomba tentunya berbeda, tentu untuk harga burung prenjak lomba lebih mahal dibandingkan burung prenjak bahan. Burung prenjak yang pernah mengikuti lomba dan mendapatkan juara tentunya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan burung prenjak gacor lainnya.

Lalu, bagaimana cara menentukan harga burung prenjak lomba? Harga dari burung prenjak lomba tersebut bisa dibedakan dengan karakter si burung dan mental fighternya.

Mental Fighter yang Tinggi Penting untuk Lomba

Hal terpenting apabila Anda ingin melombakan burung prenjak yang Anda miliki, alangkah baiknya burung tersebut harus memiliki mental fighter yang tinggi.

Dalam hal ini burung prenjak yang dilombakan harus memiliki mental petarung yang benar-benar kuat agar tidak kalah mental atau bisa disebut dengan mental lot prenjak, hal ini agar saat dilombakan dengan beberapa burung prenjak lainnya.

Settingan Burung Prenjak Ngalun Saat Lomba

Lalu seperti apakah settingan prenjak lomba, supaya tampil maksimal & masuk nominasi juara? Dibawah ini kami akan membongkar tuntas caranya, seperti mengunci lagu prenjak agar ngalun terus hingga akhir lomba dan lainnya.

Jadi saya harap Anda bisa simak disini sampai akhir artikel ini, agar setingan lomba prenjak ini dapat dipahami dengan sepenuhnya. Sekaligus bisa dipraktekkan dan mendapatkan hasil memuaskan saat di lapangan/gantangan.

1. Cek Kondisi Kesehatan Rutin

Cek kesehatan merupakan hal yang utama, bagi saya, untuk prenjak kesayangan ini sedang fit atau sakit. Apabila sedang sakit, sebaiknya jangan diikutsertakan ke lomba, tentu tidak akan maksimal nantinya. Namun jika dalam kondisi fit/sehat, kita harus menjaga metabolismenya sampai di hari H, supaya saat kita berpartisipasi di perlombaan nantinya akan maksimal.

2. Lakukan Rawatan Harian

Tentu kita harus melakukan rawatan seperti biasanya, seperti:
  • Pemandian: Lakukan pemandian di pagi hari mulai pukul 08.00-10.00 WIB
  • Penjemuran: Untuk melakukan penjemuran setelah pemandian, Anda harus menjaga durasi penjemuran sampai bulu burung prenjak sudah kencang bisa langsung diteduhkan.
Setelah mandi & jemur, jangan lupa berikan extra fooding yakni ulat hongkong/jangkrik/kroto.

3. H-2 Berikan EF Kroto

Tujuannya untuk menstabilkan birahi agar tidak turun atau over. Hal ini harus kita perhatikan, karena di gantangan kita butuh perjuangan keras supaya bisa maksimal dan moncer pastinya. Kroto bisa disebut dengan doping alami yang ampuh dari dulu sampai sekarang. Banyak sekali manfaat kroto untuk burung berkicau, apalagi untuk burung kontes seperti prenjak kepala merah.

4. Pengkrodongan

Krodong merupakan alat berupa kain untuk menutup sangkar. Terdengar sepele, namun sangat berarti fungsinya. Burung akan jauh lebih tenang saat di krodong, jadi setelah melakukan rawatan harian, jika Anda pergi kerja/tidak kepantau, lebih baik di krodong sampai sore dibuka, lalu malamnya di krodong hingga hari H.

5. Mengasingkan Diri Saat Di Lapangan

Terlihat aneh, namun inilah yang saya lakukan sampai detik ini. Kenapa kok bisa seperti itu? Ya karena saya ingin prenjak kesayangan saya lebih tenang sebelum mulai sesi kelas prenjak, dan tetap menjaga mental burung prenjak agar tidak stres ketika mendengar prenjak lainnya dalam jarak dekat.

Hal ini akan mempengaruhi performa di gantangan, lebih baik memisahkan sesaat daripada prenjak Anda tidak maksimal di gantangan.

6. 2 Sesi Sebelum Naik, Kasih UH 1 ekor

Kok dikasih UH lagi, kan sudah dikasih saat dirumah? Saya memberikan Ulat Hongkong lagi ketika 2 sesi sebelum kelas prenjak naik, hal ini bertujuan untuk menaikan birahi agar ngunci lagu prenjaknya. Jangan beri kebanyakan, rekomendasi saya hanya 1 ekor saja, supaya tidak over birahi.

7. 1 Sesi Akhir Penilaian, Seting Lagu Prenjak

Maksudnya gimana? Oke saya jelaskan lagi. Bahwa 1 sesi sebelum naik, kita harus siap-siap mengeluarkan semua cepuk pakan & minum. Kemudian kita atur lagu prenjak dengan cara berikut ini:
  • Hal pertama yaitu pancing emosi burung prenjak menggunakan mp3 suara burung prenjak betina tir panjang atau bisa juga dengan suara burung prenjak jantan suara ngalun
  • Diobok pakai tangan masuk ke dalam sangkar
Dengan 2 metode di atas, salah satu penyetingan untuk burung berkarakter engkel. Jadi apabila Anda tidak memiliki burung prenjak betina atau bisa dibilang single fighter, Anda tidak perlu melakukang metode tempel betina, cuma pake hp saja sudah cukup.

Anda bisa terus mengubah lagu burung prenjak Anda sampai benar-benar ngalun, agar tidak mubazir waktunya. Ketika Anda sudah mengeluarkan lagu prenjak ngalun dan ngunci, sebaiknya jaga dulu tetap di masteringkan sampai prenjak mania lainnya masuk dahulu ke lapangan dan mulailah gantang burung pleci Anda apabila lagu ngalunnya sudah ngunci.

Pakem Penilaian Lomba Burun Prenjak

Penilaian lomba menjadi sebuah patokan utama, di mana player atau prenjak mania bisa menyesuaikan kriteria apa saja yang bisa teman-teman pahami terlebih dahulu. Setahu saya, penilaian lomba prenjak dibagi menjadi beberapa point, antara lain:

Vokal

Perlu sobat prenjak mania ketahui, bahwa untuk vokal sendiri menjadi modal utama burung prenjak Anda dilirik oleh juri dan mendapatkan point. Yang dimana memiliki sebuah talenta dari masing-masing prenjaknya, vokal yang kami maksud ialah tinggi/rendahnya suara dari prenjak Anda. Bila volume prenjak Anda tinggi/keras maka akan dipertimbangkan oleh juri.

Dalam hal ini apabila durasi saat burung prenjak Anda ngalun dan ngunci, dengan gaya khasnya, maka burung prenjak Anda sangat layak masuk nominasi juara.

Lagu

Pada lomba burung pernjak, lagu ngalun adalah prioritas utama yang masuk nominasi menjadi juara, namun ngalun yang kami maksud itu banyak sekali macamnya. Ngalun tilek (Grade A), ngalun prenjak-prenjak (Grade B), ngalun templik (Grade C).

Ketiga kriteria lagu pada burung prenjak yang layak juara di atas, tentu tidak ketinggalan dengan tempo yang lambat atau ada jeda 1-2 detik. Umumnya lagu ini banyak prenjak mania menyebutnya ngalun lelah, bukan ngalun yang kategorinya nyepit atau cepet.

Sangkar

Sebenarnya untuk sangkar prenjak lomba, tidak harus yang mewah ataupun kriteria lainnya. Hal ini dikarenakan sangkar hanyalah media pendukung saja, untuk penilaian nomor 1 tetap ada pada kinerja burung prenjak Anda.

Namun apabila sangkar yang Anda gunakan memiliki ruji yang kecil dan burung terlihat jelas ketika berkicau, maka akan mempermudah juri untuk memantau dan memberikan penilaian pada burung prenjak Anda.

Nebok / Ngering

Nebok dan ngering ini muncul saat di gantangan. Karena penyebutan nebok ialah burung yang terjun ke alas atau bawah sangkar, sesuai komitmen juri bahwa burung nebok akan langsung diskualifikasi, hal ini menjadi sebuah tantangan bagi prenjak mania. Agar jangan sampai prenjaknya terjun ke bawah kandang.

Selanjutnya untuk penilaian burung prenjak yang ngering ini lebih ringan penaltinya, hanya dikurangi point saja tidak sampai di diskualifikasi. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu ngering, ngering pada burung prenjak adalah istilah dari burung prenjak yang sering menclok ke ruji atau bercengkram dengan ruji.

Nah, apabila burung prenjak Anda sering ngeruji saat perlombaan, maka sebaiknya ubah settingannya dengan melakukan terapi terapi dahulu atau bisa jadi over birahi yang menyebabkan over aktif.

Kesimpulan

Dengan memahami cara merawat burung prenjak dan melakukan settingan yang tepat, Anda dapat meningkatkan peluang burung prenjak Anda untuk tampil maksimal saat lomba. Ingatlah untuk selalu memperhatikan kondisi kesehatan burung, melakukan perawatan harian dengan telaten, dan mengatur settingan lagu secara cermat. Dengan begitu, Anda bisa memiliki burung prenjak yang ngalun saat lomba dan berpeluang meraih juara.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Baca Juga