Pengajuan Pengembalian Dana/Barang di Shopee Ditolak? Begini Solusi Mengatasinya

Cara Mengatasi Penjual Menolak Pengembalian Barang di Shopee

Cara Mengatasi Penjual Menolak Pengembalian Barang di Shopee - Belanja di aplikasi Shopee telah menjadi pilihan utama bagi banyak orang, terutama karena berbagai promo menarik yang ditawarkan. Shopee, sebagai salah satu marketplace terbesar setelah Tokopedia, berusaha memberikan layanan terbaik kepada setiap konsumennya, termasuk dalam hal pengembalian dana dan barang.

Namun, terkadang penolakan pengembalian oleh penjual dapat menjadi tantangan bagi pengguna. Bagaimana cara mengatasi penolakan pengembalian barang di Shopee? Simak informasi berikut untuk mengetahui solusi lengkapnya.

Cara Pengembalian Dana di Shopee agar Diterima

Proses pengembalian dana di Shopee dapat dilakukan dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda ikuti untuk mengajukan pengembalian dana di Shopee:
  1. Buka aplikasi Shopee di HP Anda.
  2. Masuk ke menu Saya.
  3. Klik pada menu Dikirim.
  4. Pilih produk yang akan Anda ajukan pengembalian dana dengan menekan tulisan Rincian Pesanan.
  5. Kemudian klik opsi Ajukan Pengembalian.
  6. Pilih salah satu alasan mengapa Anda ingin mengajukan pengembalian dana.
  7. Selanjutnya masukkan beberapa informasi yang dibutuhkan untuk keperluan pengembalian dana yang lebih cepat dan agar disetujui oleh penjual.
  8. Klik opsi Pilih Solusi, kemudian klik Kirim.
  9. Selesai, tunggu prosesnya 1x24 jam atau lebih.
Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Shopee akan segera memproses pengajuan pengembalian dana Anda. Jika disetujui, dana pengembalian akan masuk ke ShopeePay Anda. Waktu yang dibutuhkan untuk proses pengembalian dana biasanya adalah tiga hingga lima hari kerja.

Bagaimana Jika Penjual Tidak Merespons Pengembalian Dana Shopee?

Mengutip dari laman bantuan Shopee, disitu dijelaskan bahwa apabila penjual tidak merespons pengembalian dana Shopee dalam waktu yang ditentukan yakni lebih dari 3 hari sejak permintaan pengembalian barang atau dana dikirim, maka nantinya permintaan pengembalian dana akan disetujui secara otomatis oleh sistem Shopee jadi Anda tidak perlu khawatir lagi apabila penjual tidak merespon.

Keadaan ini sesuai dengan solusi yang Anda ajukan, yaitu pengembalian dana. Nantinya, pengembalian dana akan diproses berdasarkan metode pembayaran yang digunakan.

Bagaimana Jika Pengembalian Dana Shopee Ditolak?

Jika pengajuan dana yang Anda ajukan ditolak oleh penjual, Anda dapat berdiskusi dengan penjual untuk mencapai kesepakatan. Jika kedua belah pihak masih tidak mencapai kesepakatan, penjual dapat mengajukan bantuan ke pihak Shopee.

Shopee akan menilai pengajuan bantuan tersebut dan segera mengambil keputusan. Pengajuan bantuan ke pihak Shopee wajib dilakukan dalam kurun waktu tiga hari sejak tanggal pengajuan pengembalian dana.

Seperti yang sudah dijelaskan ditas, bahwa pihak Shopee juga membutuhkan waktu tiga hari untuk mengambil keputusan mengenai pengembalian dana yang Anda ajukan agar pengajuan tersebut diterima secara otomatis oleh pihak Shopee.

Jika dalam waktu tiga hari, baik penjual atau pembeli tidak merespons dan memberikan bukti, keputusan akhir akan ditetapkan berdasarkan hasil investigasi pihak Shopee.

Pertanyaan Umum seputar Cara Mengatasi Penjual Menolak Pengembalian Dana di Shopee

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan mengenai cara mengatasi pengembalian barang di Shopee tidak diterima oleh penjual.
  1. Apa yang harus dilakukan jika penjual menolak pengembalian barang di Shopee?
    Jika penjual menolak pengembalian barang di Shopee, Anda dapat mencoba berdiskusi dengan penjual untuk mencapai kesepakatan. Jika tidak berhasil, Anda dapat mengajukan bantuan ke pihak Shopee.
  2. Apakah pengembalian dana Shopee dapat otomatis disetujui jika penjual tidak merespons dalam waktu yang ditentukan?
    Ya, jika penjual tidak merespons pengembalian dana Shopee dalam waktu lebih dari 3 hari sejak permintaan pengembalian barang atau dana dikirim, permintaan pengembalian dana akan disetujui secara otomatis oleh sistem Shopee.
  3. Berapa lama proses pengembalian dana di Shopee?
    Proses pengembalian dana di Shopee biasanya memerlukan waktu tiga hingga lima hari kerja setelah pengajuan disetujui.

Kesimpulan

Dengan solusi yang telah disiapkan di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap pengguna dapat mengajukan pengembalian meskipun penjual menolak. Namun, catatan penting adalah untuk selalu melengkapi syarat dan ketentuan sehingga pihak Shopee dapat mengabulkan pengajuan anda.

Kata Kunci Terkait Cara Mengatasi Penjual Menolak Pengembalian Dana di Shopee
  • bagaimana jika penjual menolak pengembalian barang di shopee
  • cara penjual menolak pengembalian dana di shopee
  • pengembalian dana tanpa pengembalian barang shopee
  • pengalaman pengembalian barang di shopee
  • bagaimana jika penjual menolak pengembalian barang di lazada
  • pengembalian barang di shopee apakah uang kembali
  • berapa lama proses pengembalian barang di shopee
  • barang dikembalikan ke penjual shopee
  • apakah penjual bisa menolak pengembalian barang di shopee

Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama