Perawatan Burung Prenjak Tanpa Jemur Ketika Musim Hujan

Perawatan Burung Prenjak Tanpa Jemur

Bagaimana Perawatan Burung Prenjak Ketika Musim Hujan - Sobat prenjak mania Indonesia, saat musim hujan tiba, kondisi cuaca berubah drastis dibandingkan dengan musim kemarau. Cuaca menjadi lebih dingin akibat tingginya intensitas hujan.

Perubahan ini dapat berpengaruh pada kesehatan burung kesayangan Anda, terutama jika sebelumnya terbiasa dengan cuaca panas musim kemarau dan tiba-tiba menghadapi cuaca yang lebih dingin.

Jika sebelumnya kami telah membahas tips merawat burung saat terkena pilek atau flu, pada kesempatan ini kami akan membagikan tips perawatan burung saat musim hujan agar tetap sehat. Bagi Anda yang belum membaca tips merawat burung saat terkena pilek atau flu, Anda dapat menemukannya di artikel lainnya di bangparid.com.

Cara Merawat Burung Prenjak di Musim Hujan

1. Tambahkan Ekstrafooding

Untuk menjaga suhu tubuh burung, tambahkan pakan ekstrafooding seperti kroto lebih banyak dari sebelumnya, sekitar 1-3 ekor. Selain itu, berikan pakan tambahan seperti ulat hongkong sebanyak 5-10 ekor, karena pakan dari ulat hongkong dapat memberikan rasa hangat pada burung dan meningkatkan kualitas suara burung.

Namun, perhatikan agar pemberian pakan ulat hongkong tidak berlebihan, karena dapat membuat burung menjadi terlalu galak dan sering menabrak sangkar saat melihat burung lainnya.

2. Mandikan Burung Jangan Terlalu Basah

Ketika musim hujan, saat-saat matahari muncul sebentar. Mandikan burung ketika matahari mulai muncul, namun hindari agar bulu burung tidak basah kuyup. Jika menggunakan keramba, gunakan air sedikit agar bulu burung tidak terlalu basah.

3. Sangkar Burung di Krodong

Suhu udara pada musim hujan cenderung lebih dingin. Agar suhu tubuh burung tetap stabil, krodonglah sangkar burung dan simpan burung di dalam rumah yang memiliki suhu hangat.

4. Mandi dan Jemur

Untuk burung lomba, penjemuran tetap perlu dilakukan. Ketika hujan reda dan matahari muncul, mandikan burung terlebih dahulu sebelum dijemur. Kondisi ini dapat membantu menjaga kebersihan dan kesehatan bulu burung.

5. Perhatikan Kebersihan Sangkar

Pada musim dingin suhu lingkungan menjadi dingin, dan tentunya kotoran burung akan lebih mudah berjamur, dan hal tersebut tidak baik untuk kesehatan burung. Jadi pastikan kotoran atau sisa pakan burung yang tercampur dengan kotoran burung di bersihkan dan jangan biarkan hingga berjamur.

6. Berikan Multivitamin atau Suplemen

Salah satu penyakit yang muncul di musim hujan pada burung adalah penyakit serak dan burung menjadi malas untuk bunyi. Jika burung sudah terlanjur serak dan malas bunyi, maka tinggal beli saja produk vitamin untuk mengatasi hal tersebut dan berikan pada burung yang sedang serak.

7. Berikan Minuman yang Menghangatkan

Sesekali burung di berikan minuman yang menghangatkan burung, mislkan memberikan air putih hangat, agar ketika burung meminumnya burung merasa hangat. Ada juga alternatif minuman hangat yang bisa Anda berikan ke burung prenjak berupa ramuan minuman khusus yang bisa menghangatkan tubuh burung seperti air jahe.

8. Batasi Pemberian Voer

Selain itu agar burung prenjak tetap sehat dan gacor di musim hujan, Anda perlu membatasi dalam pemberian pakan voer karena permberian pakan voer pada saat musim hujan akan membuat voer cepat menjamur dan membuat burung prenjak gembung.


Oleh karena itu agar tidak terjadi hal demikian, Anda bisa mengurangi pakan voer dan memberikan pakan hidup seperti EF ataupun ulat kandang yang lebih banyak, atau Anda juga bisa memberikan pakan voer sedikit demi sedikit dan jika voer tidak habis dalam waktu beberapa jam atau sampai lembab voernya, maka ganti dengan yang baru.

9. Segera Keringkan Bulu Burung

Jika burung sudah terlanjur kehujanan dan bulunya basah, maka bulunya segera di keringkan dengan menggunakan handuk atau hair dryer. Namun, untuk menggunakan Hair Dryer, sebaiknya digunakan ketika burung terlihat menggigil, dan bulunya yang basah agar cepat kering kembali dan tubuhnya segera hangat.

10. Simpan Hanya di Dalam Rumah

Dikarenakan suhu udara di musim hujan sangat dingin dan lembab, maka sebaiknya burung prenjak digantung saja di dalam rumah, hal ini agar burung prenjak tetap sehat karena suhu di dalam rumah tidak terlalu dingin dan cukup hangat.

11. Simpan di Tempat yang Hangat

Dikarenakan sinar matahari jarang muncul pada saat musim hujan, maka sebisa mungkin Anda mengusahakan untuk suhu penyimpanan burung prenjak di tempat yang hangat jangan disgantang ditempat yang lembab. Misalkan menyimpan burung di dekat lampu pijar atau di tempat lainnya yang bersuhu hangat.

Hal yang Sering Ditanyakan

Berikut dibawah ini adalah pertanyaan umum seputar Perawatan Burung Prenjak Tanpa Jemur yang bisa menjawab permasalahan perawatan burung prenjak Anda:
  1. Apakah perlu memberikan kroto lebih banyak pada burung prenjak di musim hujan?
    Iya, memberikan kroto lebih banyak pada burung prenjak di musim hujan dapat membantu menjaga suhu tubuh burung dan memberikan nutrisi tambahan yang diperlukan.
  2. Berapa jumlah ulat hongkong yang sebaiknya diberikan pada burung prenjak?
    Berikan ulat hongkong sebanyak 5-10 ekor sebagai pakan tambahan. Perhatikan agar pemberian tidak berlebihan untuk menghindari perilaku burung yang terlalu agresif.
  3. Apakah perlu menjemur burung prenjak di musim hujan?
    Ya, jika ada kesempatan sinar matahari, sebaiknya menjemur burung prenjak sebentar untuk menjaga kebersihan bulu dan memberikan efek hangat pada tubuh burung.
  4. Apakah pakan voer perlu dibatasi pada musim hujan?
    Iya, batasi pemberian pakan voer pada musim hujan karena voer mudah berjemur. Lebih baik berikan pakan serangga dan perhatikan agar voer tidak terlalu lama dalam sangkar.
  5. Apakah penting memberikan multivitamin pada burung prenjak yang sedang serak?
    Ya, memberikan multivitamin pada burung prenjak yang sedang serak dapat membantu mengatasi kondisi tersebut dan mendukung pemulihan kesehatan burung.

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang cara perawatan burung prenjak tanpa jemur di musim hujan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Kata Kunci Terkait Perawatan Burung Prenjak Tanpa Jemur
  • makanan burung prenjak
  • agar prenjak gacor siang malam
  • minuman burung prenjak biar cepat gacor
  • mitos memelihara burung prenjak
  • cara merawat burung prenjak kepala merah biar cepat gacor
  • cara merawat burung prenjak anakan
  • cara ngepur prenjak atas
  • cara merawat burung ciblek ombyokan

Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama