Cucak Ijo Mbalon? Begini Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Gembung dengan Mudah dan Cepat

Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Gembung

Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Gembung - Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalami kejadian di mana cucak ijo tiba-tiba terlihat gembung atau mbalon. Sebenarnya, kondisi ini bukan disebabkan oleh penyakit atau masalah kesehatan burung, melainkan lebih kepada kebiasaan dan sikap burung itu sendiri. Oleh karena itu, cara mengatasi cucak ijo gembung melet tidaklah sulit.

Meskipun bukan masalah kesehatan yang serius, keadaan ini bisa membuat burung terlihat malas mengeluarkan materi dan suara kicauannya. Cucak ijo cenderung melamun, sayap ngeper, dan bahkan tidak mau berkicau selama dalam kondisi mbalon.

Oleh karena itu, mari kita pelajari bersama-sama bagaimana cara mengatasi cucak ijo gembung dan mengembalikan performanya setelah mengalami kondisi tersebut.

Penyebab Cucak Ijo Gembung

Gembung pada cucak ijo dapat mengakibatkan burung malas mengeluarkan suaranya. Penyebab utamanya terletak pada perlakuan atau gangguan yang sering diterima oleh burung, seperti sangkarnya digetarkan atau diacak-acak.

Hal ini dapat meningkatkan tingkat birahi burung hingga mencapai kondisi over birahi. Kondisi over birahi ini dapat menghambat performa burung, terutama saat dilombakan. Sebelum membahas cara mengatasinya, penting untuk memahami penyebab masalah ini agar dapat mencegahnya terulang. Berikut adalah penyebab cucak ijo mbalon yang perlu dihindari:
  1. Over birahi
  2. Kurang vitamin dan mineral
  3. Kedinginan atau bulu belum kering setelah mandi hingga malam
  4. Jarang dijemur
  5. Tidak diberi EF penurun birahi setelah lomba
Jika Anda melakukan salah satu dari kebiasaan di atas dan melihat cucak ijo tiba-tiba mengembangkan bulu, maka penyebabnya mungkin dapat teridentifikasi.

Cara Mengatasi Cucak Ijo Gembung dengan Cepat

1. Turunkan Birahi Cucak Ijo

Birahi yang tinggi pada cucak ijo memang diinginkan untuk mendapatkan kicauan yang bagus. Namun, jika birahi terlalu tinggi, Anda perlu tahu cara menurunkannya dengan cepat. Berikan makanan penurun birahi, seperti buah naga dan pepaya, dan sesuaikan settingan cucak ijo agar tidak over birahi.

2. Berikan Multivitamin Tambahan

Memberikan multivitamin sebagai pendamping voer harian sangat baik untuk kesehatan cucak ijo. Salah satu multivitamin yang populer adalah Maxiplus. Pemberian multivitamin akan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral burung, meningkatkan stamina, durasi kicauan, dan mencegah kelelahan saat berlomba.

3. Hindari Mandi saat Cuaca Mendung

Mandi penting untuk kebersihan cucak ijo, namun hindari memaksakan mandi jika cuaca sedang mendung. Lakukan mandi pagi-pagi untuk memastikan burung dapat dijemur saat matahari bersinar atau setidaknya mendapat angin segar hingga sore.

4. Rajin Bersihkan Sangkar Burung

Selain masalah mandi, bersihkan sangkar burung setiap hari, bahkan lebih baik jika dilakukan dua kali sehari. Kebersihan sangkar sangat penting untuk mencegah penyakit yang dapat disebabkan oleh kuman, bakteri, dan virus.

5. Sering-sering Dijemur

Menjemur cucak ijo di bawah sinar matahari tidak hanya menjaga bulu tetap kering, tetapi juga membunuh kuman dan bakteri yang mungkin ada di bulu burung. Lakukan pemjemuran sebelum jam 10 pagi, dan pastikan burung mendapatkan sinar matahari selama 1-2 jam.

6. Berikan EF Penurun Birahi Setelah Lomba

Setelah lomba, jangan lupa turunkan birahi cucak ijo dengan memberikan EF (extra food) penurun birahi, seperti ulat bambu. Hal ini penting untuk mencegah stres pada cucak ijo karena tidak mendapatkan istirahat yang cukup pada malam hari, yang dapat menyebabkan kondisi mbalon.

Cara Mengembalikan Performa Cucak Ijo Setelah Gembung

Dengan menerapkan cara di atas, masalah mbalon pada cucak ijo Anda kemungkinan besar akan teratasi. Namun, perlu diingat bahwa performa burung tidak akan langsung pulih seperti semula. Oleh karena itu, lakukan langkah-langkah berikut untuk mengembalikan performa cucak ijo setelah mengalami kondisi gembung:

Menggunakan Teknik Untulan
Manfaatkan teknik untulan dengan memasangkan cucak ijo jantan dengan betina di kandang umbaran. Selain membuat burung kembali gacor, teknik ini juga meningkatkan mental dan daya tahan burung, sehingga tidak mudah stres ketika berhadapan dengan burung lain.

Hal yang Sering Ditanyakan

Pertanyaan Umum seputar Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Gembung:

  1. Apakah cucak ijo gembung disebabkan oleh penyakit?
    Tidak, kondisi cucak ijo gembung lebih terkait dengan sikap dan kebiasaan burung daripada penyakit. Meskipun demikian, perlu tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah ini.
  2. Bagaimana cara menurunkan birahi cucak ijo dengan cepat?
    Anda dapat menurunkan birahi cucak ijo dengan memberikan makanan penurun birahi, mengubah settingan kandang, dan menghindari faktor-faktor pemicu over birahi.
  3. Apakah mandi penting untuk cucak ijo?
    Ya, mandi penting untuk kebersihan dan kesehatan cucak ijo. Namun, hindari memaksakan mandi jika cuaca sedang mendung.
  4. Apa yang harus dilakukan setelah cucak ijo mengalami kondisi gembung?
    Setelah mengatasi cucak ijo gembung, Anda dapat mengembalikan performanya dengan menggunakan teknik untulan dan memberikan perawatan ekstra untuk memulihkan kondisi burung.
  5. Bagaimana cara mencegah cucak ijo menjadi gembung?
    Hindari kebiasaan seperti over birahi, kurangnya vitamin dan mineral, kedinginan setelah mandi, jarang dijemur, dan tidak memberikan EF penurun birahi setelah lomba untuk mencegah cucak ijo menjadi gembung.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara mengatasi cucak ijo gembung dan mengembalikan performanya. Hindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat menjadi penyebab mbalon seperti yang telah dijelaskan di atas untuk menjaga cucak ijo tetap prima dan aktif berkicau.

Sumber:
www.bangparid.com

Kata Kunci Terkait Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Gembung:
  • apakah cucak ijo ob harus dikerodong
  • cucak ijo di trek gembung
  • cara merawat cucak ijo ob melet
  • mengatasi cucak ijo bunyi krek krek
  • ciri-ciri cucak ijo kurang fit
  • manfaat burung emprit untuk cucak ijo
  • ciri-ciri birahi
  • cucak ijo stabil
  • cara mengatasi cucak ijo kurang birahi

Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama