Terbukti! Cara Bikin Burung Cucak Ijo Konslet saat Lomba, Lakukan Settingan Ini



Cara Bikin Cucak Ijo Konslet

Cara Bikin Cucak Ijo Konslet -  Burung berwarna hijau ini, menjadi salah satu burung yang banyak diunggulkan para pecinta burung kicauan di gantangan. Selain karena warnanya yang unik yakni berwarna hijau yang khas, burung cucak ijo juga memiliki suara kicauan yang terdengar merdu di telinga.

Mencetak cucak ijo jawara bukanlah hal yang mudah, semua butuh proses yang harus ditempuh. Karena hal yang paling menarik pada burung cucak ijo ini adalah memiliki gaya ngentrok yang unik ketika sedang berkicau. Namun, perlu diingat bahwa ketika burung Cucak Ijo ngentrok, berarti dirinya sedang marah atau tidak nyaman.

Baiklah tanpa harus berlama-lama lagi, yuk langsung saja kita bahas setingan cucak ijo lomba supaya konslet dan mau bongkar isian selengkapnya di bawah ini.

Settingan Burung Cucak Ijo agar Konslet di Gantangan

1. Perawatan 3 Hari Sebelum Perlombaan

Dalam hal ini perawatan cucak ijo harian sangat berperan penting sebelum Anda akan melakukan settingan ketika burung cucak ijo mengikuti perlombaan. Tentu saja, membutuhkan persiapan matang agar menang dalam pertandingannya. Persiapan ini juga berlaku bagi burung hijau satu ini, ketika ingin memasuki arena pertandingan.

Berbagai cara akan dilakukan sang pemilik untuk mencari setelan cucak ijo ngentrok, agar burung peliharaannya ini tampil ngentrok di saat yang tepat. Persiapan tersebut dapat dilakukan tiga hari sebelum hari pertandingan berlangsung.

Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah mandi burung Cucak Ijo dan menjemurnya setidaknya selama 3 jam seperti hari biasanya. Setelah dimandikan, berikan pakan jangkrik dengan porsi hingga 5 ekor, yang ditingkatkan menjadi 3x lipat setiap harinya. Tambahkan juga 3 ekor ulat Hongkong untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

2. Perawatan 2 Hari Sebelum Perlombaan

Pada hari berikutnya, pemilik burung hijau ini harus melakukan persiapan kembali. Persiapan di hari ke-2 sebelum lomba berlangsung meliputi memandikan burung hingga bersih dan menjemurnya seperti hari biasanya.

Selain itu, berikan asupan EF dengan memberikan 3 ekor ulat Hongkong setiap harinya. Setelah menjemur, burung perlu dikerodong untuk tidur dengan nyaman. Proses ini dilakukan hingga hari berikutnya menjelang perlombaan.

3. Hari Pertandingan Dilaksanakan

Pada hari pertandingan, pastikan sangkar bersih dan nyaman untuk burung. Berikan pakan berupa irisan buah apel segar sebagai tambahan asupan nutrisinya.

4. Berangkat Menuju Lokasi Perlombaan

Sebelum berangkat ke lokasi perlombaan, persiapkan kerodong double untuk burung. Ini dilakukan agar burung tidak terpancing birahi petarungnya. Sesampainya di lokasi, letakkan burung pada area teduh dan nyaman.

5. Pemberian Masteran Saat Sebelum Digantang

Perdengarkan suara masteran cucak ijo memiliki kecondongan ikut-ikutan yang tinggi, beberapa pemain melakukan ritus tertentu sebelum menggantang burung mereka. Salah satunya adalah memperdengarkan suara masteran secara terus-menerus hingga waktu digantang.

6. Cas dengan Peserta Cucak Ijo yang Lain

Untuk meningkatkan semangat tempur burung, beberapa pemain sering melakukan pengecasan dengan memakai burung jantan. Namun, Anda juga bisa melakukan pengecasan tanpa membawa burung jantan dari rumah, cukup di track bersama peserta lainnya.

7. Dijemur Saat Sebelum Dimemperlombakan

Beberapa cucak ijo menyukai cuaca panas, sehingga perlu dijemur sebelum lomba agar tampil dengan kualitas suara terbaik.

Hal yang Sering Ditanyakan

Pertanyaan Umum seputar Cara Bikin Burung Cucak Ijo Konslet:

  • Apa yang harus dilakukan 3 hari sebelum perlombaan untuk mempersiapkan burung Cucak Ijo?
    Mandikan burung, berikan pakan tambahan, dan tambahkan efek suara.
  • Mengapa perawatan 2 hari sebelum perlombaan penting untuk dilakukan?
    Untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan burung serta memberikan asupan nutrisi yang cukup.
  • Apa yang harus dilakukan pada hari pertandingan sebelum burung digantang?
    Pastikan sangkar bersih dan nyaman, berikan pakan berupa buah segar.
  • Mengapa perlu menggunakan kerodong double saat menuju lokasi perlombaan?
    Agar burung tidak terpancing birahi petarungnya.
  • Apa manfaat dari pemberian masteran sebelum burung digantang?
    Untuk meningkatkan semangat tempur burung.

Akhir Kata

Demikianlah tips settingan cucak ijo juara agar mau konslet di lapangan. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi dan persiapan bagi Anda sebelum burung ngetrok di saat pertandingan.
Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url