Cara Ampuh Mengatasi Burung Cucak Ijo Kelabakan Giras Banget agar Jinak Total



Cara Mengatasi Cucak Ijo Kelabakan

Cara Mengatasi Cucak Ijo Kelabakan - Bagi pecinta Burung Cucak Ijo yang masih dipusingkan dengan burung peliharaannya yang kelabakan di rumah, Anda dapat simak tips ini. Tidak terlalu susah dalam menjinakkan Burung Cucak Ijo yang kelabakan, namun memang dibutuhkan kesabaran yang cukup.

Jika anda punya cucak hijau yang masih liar dan salah dalam perawatan, maka yang akan terjadi adalah cucak hijau akan mengalami stress dan lama kelamaan bisa berujung dengan kematian. Meski sudah banyak mengenai panduan cara menjinakkan burung bakalan, tetapi faktanya masih banyak Cucak Ijo mania yang masih dibuat repot dengan piaraannya yang masih kelabakan, dan terlihat tetap saja liar. Tetapi dengan tips ini, dijamin Burung Cucak Ijo anda yang kelabakan akan segera jinak.

Cara Menjinakkan Burung Cucak Ijo Kelabakan Muda Hutan

1. Teknik Pemberian Pakan

Dalam hal ini memberikan pakan pada burung cucak hijau dengan teknik yang unik bisa menjadi salah satu cara agar cucak hijau mudah jinak. Caranya adalah kosongkan makanan di dalam sangkar menjelang malam dan biarkan sampai pagi hari, selain itu tujuannya adalah agar cucak hijau kelaparan keesokan harinya.

Pada saat itulah Anda mencoba memberi makan cucak hijau berupa jangkrik dengan menggunakan lidi kemudian dimasukkan dalam sangkar. Namun apabila burung cucak hijau belum mau makan, tundalah dulu untuk melakukan teknik ini dan lakukan 7-13 menit kemudian, dan begitu seterusnya.

Namun jika sampai pukul 10.00 belum juga mau makan, maka taruhlah jangkrik di tempat makanan dalam sangkar dan tinggallah. Jika dirasa sudah ada perkembangan ketika menggunakan teknik ini, lakukan itu setiap hari sampai cucak hijau tidak takut lagi dengan anda.

Tujuan dari strategi ini adalah agar cucak hijau merasa sangat kelaparan sehingga membutuhkan manusia (pemiliknya) untuk mendapatkan makanan.

2. Menaruh Sangkar di Tempat yang Ramai

Dalam hal ini tentu sudah biasa burung cucak hijau yang liar yang takut dan terbang kesana-kemari saat melihat manusia, dan itu sangat wajar. Untuk menjinakkan cucak hijau liar, Anda bisa menaruh sangkar cucak hijau di lokasi yang ramai, banyak orang yang lewat, ketinggiannya sedang saja tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek yang penting aman dari predator dan pencuri.

Hal ini bertujuan agar cucak hijau terbiasa dengan keramaian dan manusia sehingga mudah jinak. Ini untuk melatih mental cucak hijau, jadi jangan ragu untuk melakukan ini.

3. Memandikan Sampai Basah Kuyup

Burung cucak hijau liar agar tidak selalu kelabakan saat melihat pemiliknya ataupun orang lain, untuk itu anda bisa memandikannya setiap pagi dan sore. Memandikan cucak hijau liar cukup ekstrem, yaitu dengan memandikannya sampai basah kuyup dan kedinginan sampai si cucak hijau tidak terbang-terbang lagi.

Setelah Anda menerapkan terapi dengan cara dimandikan ini, biarkan saja sampai bulu burung cucak ijo agak kering. Nah, setelah burung cucak ijo dimandikan secara basah kuyup, biasanya burung cucak ijo akan merasa lapar. Oleh karena itulah apabila burung cucak ijo ingin cepat jinak, Anda bisa memberikan makanan berupa kroto atau jangkrik untuk pendekatan kepada cucak hijau tersebut.

Cara di atas memang terlihat sedikit ekstrem dan sadis, akan tetapi semua itu bersumber pada pengalaman para kicaumania yang telah lama berkecimpung di dunia perburungan. Jadi jangan sampai anda ragu untuk melakukannya.

Hal yang Sering Ditanyakan

Pertanyaan Umum seputar Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Kelabakan:

  • Apakah semua burung cucak ijo yang kelabakan dapat dijinakkan?
    Ya, dengan metode yang tepat, burung cucak ijo yang kelabakan dapat dijinakkan.
  • Mengapa penting untuk menjinakkan burung cucak ijo yang kelabakan?
    Menjinakkan burung cucak ijo yang kelabakan dapat membuatnya lebih mudah dirawat dan diatur perilakunya.
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjinakkan burung cucak ijo yang kelabakan?
    Waktu yang dibutuhkan untuk menjinakkan burung cucak ijo yang kelabakan dapat bervariasi tergantung pada tingkat keganasan dan kesabaran Anda, namun biasanya memakan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan.
  • Apakah cara-cara di atas aman untuk dilakukan pada burung cucak ijo?
    Ya, cara-cara di atas aman jika dilakukan dengan hati-hati dan penuh perhatian terhadap kondisi burung.
  • Apakah setiap burung cucak ijo yang kelabakan memerlukan pendekatan yang sama?
    Tidak, setiap burung cucak ijo mungkin memerlukan pendekatan yang berbeda tergantung pada karakteristik dan tingkat kecerdasannya.

Penutup

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih telah membaca artikel ini. Tetaplah mengikuti bangparid.com untuk mendapatkan informasi lainnya seputar dunia burung dan perawatannya.
Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url