Dijamin Nagen! Begini Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Ngeruji di Perlombaan



Cara Mengatasi Cucak Ijo Ngeruji

Cara Mengatasi Cucak Ijo Ngeruji - Halo Cucak Ijo Mania Indonesia! Mungkin Anda sudah tahu bahwa agar bisa menang di perlombaan burung berkcai, tentu burung cucak ijo Anda harus tampil dengan nagen dan gacor. Hal ini dikarenakan semakin cepat burung cucak ijo panas dan bongkar isian ketika digantang, maka semakin bagus nilai yang diberikan oleh para juri.

Namun, seringkali Anda memiliki masalah di mana burung cucak ijo hanya loncat-loncat atau ngeruji ketika digantang. Tidak hanya itu, sering kali saat di arena perlombaan burung cucak ijo suka ngeruji dan mengejar lawan. Padahal, bila di rumah, burung selalu nagen dan mudah bongkar isian.

Sebenarnya, hal ini dirasakan oleh semua pemelihara burung cucak ijo, khususnya yang baru pertama kali mengikuti lomba. Sifat mengejar lawan atau ngeruji akan muncul pada cucak ijo ketika ia melihat banyak burung lain di satu tempat.

Ketahui Penyebab Burung Cucak Ijo Suka Ngering atau Ngeruji

Burung cucak ijo yang mengalami ngeruji saat naik di gantangan tidak terjadi tanpa adanya penyebab, adapun penyebab yang bisa menjadikan burung cucak ijo ngering adalah:

  • Mental belum terlatih
  • Posisi tangkringan tidak nyaman
  • Beradaptasi dengan sangkar baru
  • Terlalu manja atau Over Jinak
  • Stress
  • Birahi tidak terkontrol alias OB
Untuk mencegah cucak ijo loncat-loncat atau ngering di gantangan, Anda harus melatihnya terlebih dahulu. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah cucak ijo loncat-loncat.

Cara agar Burung Cucak Ijo Nagen di Gantangan Tanpa Ngeruji

1. Pilihlah Cucak Ijo yang Berusia Matang

Supaya burung cucak ijo bisa anteng saat dilombakan, langkah awal yang perlu digaris bawahi adalah lombakan burung cucak ijo yang sudah berusia matang. Dalam hal ini umur cucak ijo yang tergolong matang dan siap dilombakan adalah minimal 1,5-2 tahun.

Kenapa harus memilih burung cucak ijo yang sudah berumur? Hal ini dikarenakan cucak ijo yang sudah cukup umur umumnya memiliki mental yang sudah tertata dan siap untuk dilombakan.

2. Angin-anginkan Cucak Ijo Sebelum Tampil

Langkah kedua supaya burung tidak ngeruji saat dilombakan adalah dengan mengangin-anginkan burung sebelum naik ke gantang, hal ini bertujuan supaya birahi burung cucak ijo stabil dan tidak over ketika sudah digantang.

3. Full Krodong Cucak Ijo Sebelum Lomba

Setelah mengangin-anginkan burung cucak ijo, selanjutnya kerodong kembali sangkar burung cucak ijo sebelum dilombakan. Anda bisa mulai mengkerodong sangkar cucak ijo sekitar 15 sampai 30 menit sebelum burung digantang, hal ini bertujuan supaya stamina burung cucak ijo tetap terjaga ketika di gantangan dan supaya tidak ngetem saat berkicau.

4. Latih Mental Cucak Ijo

Burung cucak ijo yang mentalnya bagus tentu gampang beradaptasi dengan lingkungan barunya, termasuk ketika sedang dilombakan. Untuk melatih mental burung cucak ijo cukup mudah dilakukan, Anda hanya perlu mengumbar burung cucak ijo di kandang umbaran sembari dijemur dipagi hari.

5. Setting Birahi Cucak Ijo Dengan Benar

Settingan merupakan kunci utama dalam merawat burung cucak ijo yang inign dilombakan, karena apabila Anda sampai salah melakukan settingan perawatan ataupun pakan pada burung cucak ijo maka burung tersebut akan mengalami over birahi ataupun drop mental.

Hal yang Sering Ditanyakan

Pertanyaan Umum seputar Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Ngeruji:

  • Apa saja penyebab cucak ijo suka ngering?
    Beberapa penyebab cucak ijo suka ngering antara lain mental belum terlatih, posisi tangkringan tidak nyaman, beradaptasi dengan sangkar baru, terlalu manja atau Over Jinak, stress, dan birahi tidak terkontrol alias OB.
  • Mengapa penting untuk memilih cucak ijo yang berusia matang untuk dilombakan?
    Cucak ijo yang berusia matang memiliki mental yang lebih kuat dan birahi yang mudah memuncak, sehingga lebih siap untuk tampil di perlombaan.
  • Apa saja langkah yang dapat dilakukan untuk mengangin-anginkan cucak ijo sebelum tampil?
    Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah mengangin-anginkan cucak ijo di rumah atau di lapangan tempat perlombaan.
  • Mengapa perlu melakukan full krodong pada cucak ijo sebelum lomba?
    Melakukan full krodong pada cucak ijo sebelum lomba bertujuan agar burung dapat beristirahat dengan baik dan memiliki stamin yang baik saat tampil di gantangan.
  • Bagaimana cara setting birahi cucak ijo dengan benar?
    Setting birahi cucak ijo dilakukan dengan memberikan makanan atau perawatan yang sesuai dengan kebutuhan burung, serta memperhatikan perilaku dan kondisi fisik burung.

Akhir Kata

Demikian beberapa cara mengatasi cucak ijo loncat-loncat di gantangan. Jangan lupa untuk selalu membuat cucak ijo merasa nyaman dengan perawatan yang diberikan agar cucak ijo bisa tampil dengan maksimal di perlombaan.
Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url