Berikut Ini Cara Merawat dan Mengatasi Burung Prenjak Yang Asalnya Gacor Menjadi Macet Bunyi




Berikut Ini Cara Merawat dan Mengatasi Burung Prenjak Yang Asalnya Gacor Menjadi Macet Bunyi - Halo sobat kicau mania! Pada artikel kali ini saya akan membahas seputar cara merawat dan mengatasi burung prenjak yang awalnya gacor, dan sekarang malah menjadi tidak mau bunyi sama sekali atau biasa disebut dengan macet bunyi.

Pada dasarnya burung prenjak adalah jenis burung yang berpostur tubuh kecil akan tetapi meskipun tubuhnya kecil, burung prenjak ini mempunyai suara yang khas dan sangat lantang. Walaupun kicauan dari burung ini kurang bervariasi, namun tetap banyak para penggemar kicau yang memelihara burung prenjak.

Di alam liar, burung prenjak ini mencari makanan dengan menyusuri dari pohon ke pohon. Untuk pakan burung prenjak sendiri, biasanya mereka mencari serangga seperti ulat, laba-laba kecil, kumbang, belalang kecil, dan serangga kecil lainnya.

Namun terkadang, burung prenjak juga akan terganggu apabila di wilayahnya terdapat burung prenjak lain yang berkicau. Hal ini dikarenakan, burung prenjak merupakan tipe burung fighter atau petarung.


Cara Mengatasi Burung Prenjak Macet Bunyi

Saat dirawat di dalam sangkar, pada umunya perawatan burung prenjak akan sama seperti perawatan harian yang rutin. Dengan rawatan harian yang rutin dan konsisten, biasanya burung akan rajin bunyi dan bersuara keras.

Tetapi umumnya ada kalanya burung prenjak mengalami kondisi tertentu yang membuat burung prenjak tidak mau bunyi sama sekali hingga beberapa hari.Nah sobat semua perlu merubah perawatan harian menjadi perawatan khusus untuk mengatasi burung prenjak macet bunyi, untuk mengatasi hal tersebut berikut ini adalah caranya:

  1. Berikan ulat kandang sebanyak satu cepuk yang agak besar setiap paginya.
  2. Berikan kroto sebanyak 1/2 cepuk kecil dan berikan pada sore hari.
  3. Apabila burung prenjak sobat suka memakan voer, berikanlah voer yang memiliki kandungan gizi lengkap.
  4. Embunkan burung di pagi hari, hal ini akan merangsang burung prenjak supaya bunyi kembali.
  5. Untuk penjemuran, saya sarankan tidak lebih dari 1 jam. Sobat bisa melakukan penjemuran burung prenjak sekitar 30 menit saja, setelah itu gantang ditempat yang teduh.
  6. Cara ampuh berikutnya, yakni sobat bisa membeli burung prenjak betina yang sudah bunyi. Cara ini dilakukan agar burung prenjak bisa terpancing untuk bersahut-sahutan.
  7. Istirahatkan burung prenjak pada sore hari, krodong sangkarnya lalu buka lagi pada esok harinya.
Seperti itulah perawatan untuk burung prenjak yang mengalami macet bunyi. Sobat bisa melakukan cara-cara tersebut setiap harinya hingga burung prenjak mau berkicau kembali, supaya lebih cepat sobat semua bisa menggunakan EbodVit yang akan membuat fisik burung menjadi lebih vit.

Akhir Kata

Demikian artikel yang bisa saya sampaikan, seputar cara dalam merawat dan mengatasi burung prenjak yang awalnya gacor menjadi macet bunyi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat kicau mania dimanapun anda berada. Sekian dari saya dan terima kasih telah mengunjungi artikel ini.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url