Cara Jitu Agar Burung Prenjak Mau Memakan Voer

 



Cara Jitu Agar Burung Prenjak Mau Memakan Voer - Halo Sobat Kicau Semuanya! Dalam artikel kali ini saya akan membagikan tips tentang cara agar burung prenjak mau memakan voer. Cara yang akan saya bagikan telah terbukti ampuh untuk melatih burung prenjak agar mau memakan voer.

Pada dasarnya burung prenjak merupakan salah satu burung kicau yang memiliki postur tubuh kecil serta tidak begitu populer. Namun seperti sekarang ini, burung prenjak semakin banyak digemari karena kicauannya yang lantang dan merdu. Umumnya burung prenjak seringkali dijadikan burung masteran untuk burung pleci, kenari, ataupun burung kicau lainnya.

Burung prenjak yang baru ditangkap atau dipikat tentunya tidak terbiasa untuk ngevoer atau memakan voer. Oleh karena itu kalian perlu melatihnya agar burung prenjak tersebut mau memakan voer. Sebenarnya untuk melatih burung prenjak mau ngevoer cukup mudah, namun kalian tidak boleh menyepelekannya.

Hal tersebut dikarenakan pada masing-masing burung prenjak pastinya memiliki karakter yang berbeda-beda, ada yang bisa ngevoer dengan cepat dan ada juga yang agak lama. Baiklah daripada berlama-lama, langsung saja berikut adalah cara untuk melatih burung prenjak makan voer.


Cara Melatih Burung Prenjak Makan Voer

Sebelum kalian melatih burung prenjak agar mau memakan voer, alangkah baiknya kalian dapat menyiapkan dan memperhatikan ulasan berikut.

1. Perhatikan Kondisi Burung

Langkah awal sebelum melatih burung prenjak makan voer, kalian harus memperhatikan kondisi burung. Jangan kalian langsung terburu-buru untuk melatihnya makan voer, sebab nantinya akan menyebabkan burung menjadi tidak fit dan bisa menimbulkan kematian pada burung.

Kalian perlu memperhatikan apakah burung prenjak tersebut dalam kondisi gemuk atau kurus, apabila burung terlihat kurus atau nyilet berikan full pakan ulat kandang terlebih dahulu atau bisa juga dengan memberikan kroto.

Setelah satu minggu diberikan full pakan ulat kandang ataupun kroto, kalian bisa mengecek lagi apakah burung prenjak sudah terlihat gemuk. Apabila kondisi burung terlihat lebih fit dan gemuk, maka kalian bisa melatihnya untuk makan voer.


2. Siapkan Voer

Langkah berikutnya yaitu menyiapkan voer yang akan kalian pakai untuk melatih burung prenjak tersebut agar mau memakan voer. Voer yang kalian gunakan harus voer yang lembut, hal ini agar lebih mempermudah burung prenjak untuk memakan voer tersebut.


3. Siapkan Ulat Kandang

Dalam tips kali ini saya memang sengaja menggunakan ulat kandang, dikarenakan ulat kandang mudah untuk didapatkan. Namun apabila kalian menggunakan kroto, maka akan lebih cepat dan bagus untuk melatih burung prenjak supaya mau memakan voer.

Nah, apabila kalian sudah menyiapkan hal-hal tersebut. Kalian bisa langsung melakukan beberapa cara untuk melatih burung prenjak makan voer, untuk caranya yaitu sebagai berikut.

  1. Cara yang pertama yaitu siapkan Voer halus sebanyak 2 sendok makan.
  2. Selanjutnya siapkan 3 sendok ulat kandang yang sudah dibersihkan.
  3. Lalu campur ulat kandang dan voer tersebut pada satu wadah.
  4. Aduk hingga ulat kandang tercampur dengan voer tersebut.
  5. Kemudian berikan wadah yang berisi voer dan ulat kandang tersebut pada burung prenjak kalian.
  6. Untuk hari berikutnya, bersihkan ulat kandang yang mati pada wadah tersebut.
  7. Lalu berikan ulat kandang sebanyak 1 sendok dan taburkan voer halus sedikit saja.
  8. Setelah itu aduk hingga merata lalu berikan pada burung prenjak kalian.
  9. Lakukanlah cara-cara tersebut setiap harinya, biasanya untuk burung prenjak mau makan voer sekitar 3 sampai 5 hari (tergantung karakter burung prenjak)
  10. Apabila burung sudah mau memakan voer, kalian tidak perlu mencampurkan voer dengan ulat kandang lagi.

Akhir Kata

Seperti itulah ulasan kali ini tentang cara untuk melatih burung prenjak ngevoer atau mau makan voer. Apabila kalian menggunakan kroto, kalian bisa menggantikan ulat kandang di cara tersebut dengan menggunakan kroto. Demikian dari saya, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi sobat kicau semuanya.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url