Tips Memilih Bakalan Burung Prenjak Kepala Merah Calon Jawara



Tips Memilih Bakalan Burung Prenjak Kepala Merah Calon Jawara - Halo sobat Kicau Mania! Seperti judul artikel kali ini, saya akan membagikan tips tentang cara memilih bakalan burung prenjak kepala merah yang memiliki mental petarung dan calon jawara. Dengan kata "Jawara" tentunya bakalan dari burung tersebut memiliki kualitas terbaik.

Pada dasarnya harga burung prenjak kepala merah memang tidak semahal dan sepopuler seperti burung kenari, cucak hijau, lovebird, murai batu, ataupun kacer. Namun kalian perlu tahu bahwa keindahan pada burung prenjak kepala merah ini tidak kalah jauh dengan burung-burung lain. Selain memiliki suara kicauannya yang sangat merdu, burung prenjak kepala merah juga memiliki warna bulu yang sangat indah.

Burung prenjak kepala merah memiliki ciri khas dengan paruhnya yang lancip dan panjang serta memiliki warna merah di bagian kepalanya seperti mahkota. Dalam hal memilih burung prenjak ombyokan memang tidak mudah untuk seorang pemula di dunia kicau, karena sebenarnya burung prenjak kepala merah bakalan yang bagus bisa dilihat dari segi fisik burung tersebut.


Cara Memilih Burung Prenjak Bakalan

Apabila kalian akan membeli burung prenjak di ombyokan, maka sobat kicau semua perlu jeli dan mencermati burung bakalan prenjak kepala merah yang memiliki kualitas yang bagus dan bisa menjadi calon jawara. Dalam hal ini selain perawatan yang tepat, seleksi untuk bakalan prenjak kepala merah juga sangat penting dilakukan. Dikarenakan kalian akan menentukan, apakah saat sudah dirawat dan mulai dewasa nantinya gacor atau tidak.

Nah untuk menilai burung prenjak kepala merah yang berkualitas, tentunya dibutuhkan cara-cara khusus agar bisa mengetahuinya. Adapun cara-caranya yaitu, sebagai berikut:

  1. Hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu menentukan burung prenjak kepala merah yang berjenis kelamin jantan, hal ini karena burung yang berjenis kelamin jantan lebih banyak dilombakan dan memiliki suara yang bervariasi.
  2. Cara yang kedua yaitu kalian perlu memperhatikan kesehatan burung, hal ini bisa kalian perhatikan dari lincah dan aktifnya burung dalam bergerak.
  3. Berikutnya kalian perlu memilih burung prenjak kepala merah yang sudah mapan atau lumayan berumur, kalian bisa mengetahuinya pada warna hitam agak klawu di dadanya.
  4.  Langkah selanjutnya kalian perlu memilih burung yang memiliki postur tubuh besar dan serasi, baik pada bagian paruh, leher, badan, ekor, dan juga kakinya. Karena pada umumnya, burung prenjak yang memiliki postur tubuh yang besar akan unggul pada suaranya.
  5. Berikutnya kalian bisa melihat pada bagian matanya, pilihlah burung prenjak kepala merah yang memiliki mata lebih melotot dan berkepala besar.
  6. Cara berikutnya yaitu pilihlah burung prenjak kepala merah yang memiliki tubuh tegap dan mencengkram dengan kuat.
  7. Apabila kalian memiliki mp3 suara prenjak betina, pancinglah dengan suara prenjak betina tersebut. Jika ada salah satu dari beberapa burung bakalan tersebut bunyi, maka burung tersebut termasuk memiliki kualitas yang bagus.
  8. Yang terakhir dan yang paling penting yaitu pastikan burung prenjak bakalan yang kalian pilih memiliki nafsu makan yang tinggi dan tidak kurus.

Akhir Kata

Seperti itulah beberapa tips untuk memilih bakalan burung prenjak kepala merah yang bagus dan berkualitas. Sebenarnya kunci utama selain dari pemilihan bakalan pada burung prenjak, yakni pada perawatannya. Kalian perlu merawat burung prenjak dengan baik dan benar, dikarenakan perawatan itulah yang akan menentukan baik atau tidaknya burung prenjak yang kalian miliki.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url