Berikut Cara Membedakan Burung Kacer Tipe Panas dan Tipe Dingin Berdasarkan Ciri-cirinya


Berikut Cara Membedakan Burung Kacer Tipe Panas dan Tipe Dingin Berdasarkan Ciri-cirinya - Hai Sobat Kacer Mania Indonesia! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel seputar cara membedakan burung kacer tipe panas dan tipe dingin berdasarkan ciri-cirinya. Mungkin sebagian dari sobat kicau mania semuanya masih agak bingung dalam membedakan kedua tipe pada burung kacer ini.

Pada dasarnya burung kacer memang memiliki ciri dan karakter serta tipe yang berbeda, ada yang bertipe panas dan ada juga yang bertipe dingin. Nah dari kedua tipe burung kacer tersebut, tentunya memiliki perawatan dan settingan yang berbeda. Oleh karena itu tak heran jika para kicau mania merasa kesulitan untuk mensetting burungnya pada saat dilombakan.

Hal itu dikarenakan burung kacer merupakan salah satu jenis burung kicauan yang sangat sensi dan mudah sekali bermasalah apabila sang perawat memberikan perawatan yang salah pada burung kacer tersebut. Oleh sebab itu kalian tidak boleh salah dalam melakukan perawatan pada burung kacer yang tidak sesuai dengan tipenya, dikarenakan hal itu nantinya akan berakibat buruk bagi burung kacer kalian.

Bagi para pemula, pastinya akan merasa kebingungan apabila ingin membedakan burung kacer bertipe panas ataupun bertipe dingin. Namun kalian tidak perlu risau, saya telah menyiapkan ulasan mengenai cara membedakan burung kacer yang bertipe dingin dan bertipe panas, untuk itu kalian bisa menyimak caranya dibawah ini.


Cara-ciri Burung Kacer Tipe Panas dan Tipe Dingin

Kacer Tipe Panas

1. Segi fisik

Apabila dilihat dari bentuk fisiknya, umumnya burung kacer tipe panas memiliki bulu yang lebih mengkilat serta warna bulu putih pada bagian dadanya lebih bersih dibandingkan burung kacer bertipe dingin. Hal itu dikarenakan, burung kacer bertipe panas tidak terlalu suka berjemur atau terkena sinar matahari secara lama.

Jika diperhatikan dengan teliti, burung kacer tipe panas memiliki garis putih yang lebih lebar pada bagian sayapnya.

2. Segi Mental

Untuk burung kacer bertipe panas, umumnya lebih memiliki jiwa petarung yang sangat tinggi atau jiwa tempur fighter yang tinggi. Selain memiliki jiwa petarung yang tinggi, burung kacer bertipe panas ini sudah pasti akan ngotot dan mudah ON ketika di trek dengan burung kacer lainnya.

3. Peka terhadap suara

Ciri-ciri burung kacer tipe panas berikutnya yaitu sangat peka terhadap suara burung apapun. Jika burung kacer tipe ini mendengar suara disekitarnya, entah itu suara burung masteran ataupun sesama burung kacer lainnya. Burung kacer tipe panas akan langsung merespon dan langsung membalas dengan berkicau.

4. Tidak tahan dalam penjemuran

Burung kacer yang bertipe panas tidak tahan apabila dijemur terlalu lama, jika dijemur biasanya burung ini akan memiringkan tubuhnya dan mengepakkan sayapnya dengan menikmati penjemuran. Akan tetapi burung kacer tipe panas akan merasa tidak nyaman lagi apabila dijemur terlalu lama hingga berjam-jam.

Jika kalian menjemurnya terlalu lama, malah hal itu akan berakibat fatal bagi burung kacer kalian. Burung akan banyak menimbulkan masalah seperti kanibal, ataupun mudah mbagong apabila diadu dengan kacer lain.

Kacer Tipe Dingin

1. Segi Fisik

Jika dilihat dari segi fisiknya, umumnya burung kacer bertipe dingin memiliki bulu yang berwarna hitam dop dan tidak mengkilat. Hal tersebut dikarenakan burung kacer tipe ini lebih senang berjemur di teriknya matahari dan sering terkena paparan sinar matahari.

Oleh karena itu bulu pada burung kacer bertipe dingin lebih terlihat pudar, dan untuk garis yang berwarna putih pada sayapnya lebih tipis dan sedikit.

2. Segi Mental

Umumnya dan kebanyaka burung kacer yang bertipe dingin memiliki mental dan jiwa fighter yang rendah. Selain itu burung kacer tipe dingin apabila bertarung, tingkat emosi pada burung ini lebih stabil dan jarang sekali mbagong.

3. Tidak peka atau kurang respon

Dalam hal ini burung kacer tipe dingin akan tampak biasa saja apabila di rumah dan jarang sekali ON, biasanya burung kacer tipe dingin ini akan bunyi namun terdengar seperti ngriwik saja. Tetapi jangan salah, jika burung kacer tipe dingin dirawata dengan pola rawatan yang benar maka burung ini akan menunjukkan keistimewaan yang dimikinya.

4. Kuat dalam penjemuran

Burung kacer bertipe dingin lebih kuat dan tahan apabila dijemur dibawah terik matahari dalam waktu yang cukup lama. Burung ini tahan jika dijemur hingga 2 sampai 3 jam sekalipun, hal itu dikarenakan burung kacer tipe ini lebih kuat dalam hal fisik apabila dijemut.

Akhir Kata

Demikian artikel yang bisa saya sampaikan, mengenai cara ampuh membedakan burung kacer tipe panas dengan kacer tipe dingin berdasarkan ciri-cirinya. Terima kasih karena telah mengunjungi artikel ini, dan nantikan artikel-artikel berikutnya seputar burung kacer hanya disini. Salam Kacer Hitam Putih Indonesia!






Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url