Burung Kacer Snot? Berikut Cara Jitu Mengatasi Burung Kacer yang Mengalami Snot

Burung Kacer Snot? Berikut Cara Jitu Mengatasi Burung Kacer yang Mengalami Snot - Hallo sobat kicau mania Indonesia! Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi burung kacer yang mengalami snot. Namun sebelum itu tahukah anda apa itu snot yang terjadi pada burung kicauan? Sebenarnya snot merupakan penyakit mata yang menyerang burung dan menjadi berbahaya apabila tidak segera diatasi. Namun dalam hal ini untuk penanganan burung kacer snot haruslah tepat.

Hal itu dikarenakan apabila burung kacer yang terkena snot serta diberi penanganan yang tidak tepat, maka bisa berakibat fatal bahkan bisa membuat burung kacer mati. Terjadinya snot yang menyerang burung kacer pastinya memiliki penyebab, faktor utama penyebab snot yang dialami burung kacer yaitu karena kurangnya perawatan terutama untuk menjaga kebersihan pada kandang dan makanan burung kacer.

Jika kebersihan kandang tidak anda perhatikan, maka akan memperburuk kondisi burung kacer tersebut. Ketika kandang dan pakan yang anda berikan semakin kotor, kemungkinan besar burung kacer kesayangan anda akan terkena penyakit akibat bakteri dan kuman. Salah satu penyakit tersebut adalah snot yang terdapat pada mata burung kacer.

Selain itu sirkulasi udara yang tidak baik dan juga dalam pemberian multivitamin atau antibiotic yang tidak tepat. Namun memang suatu penyebab yang paling mendasar burung terkena snot yaitu karena kurang mengontrol kebersihan pada pakan yang anda berikan, sehingga bakteri yang menempel pada pakan akan ikut masuk ke dalam tubuh burung kacer. Kemudian, bakteri tersebut langsung mengincar sistem pencernaan yang mengakibatkan terjadinya infeksi pada saluran pencernaan si burung.

Hal tersebut nantinya yang mengakibatkan burung sering mengeluarkan air mata dan kelebihan memproduksi air mata, sehingga burung akan menggesek-gesekkan matanya pada pangkringan karena merasa gatal. Dan akhirnya lama-kelamaan mata burung menjadi bengkak. Nah untuk itu anda perlu mengetahui penanganan yang tepat untuk burung kacer yang mengalami snot, berikut beberapa caranya.


Berikut Cara Ampuh Mengobati Snot Pada Burung Kacer Dengan Mudah

1. Menggunakan Kembang Telang

Kembang telang adalah tanaman herbal yang berfungsi untuk kesehatan, tanaman tersebut banyak ditemukan di halaman pekarangan rumah. Saat ini bunga telang sangat terkenal untuk dijadikan obat, selain itu banyak yang mengombinasikan minuman-minuman kekinian dengan sari kembang telang.

Biasanya kembang telang bisa digunakan menjadi teh dan warna airnya akan berubah menjadi ungu. Kembang telang juga memiliki banyak manfaat salah satunya untuk menyembuhkan snot pada burung kacer.

Hal itu dikarenakan bunga telang memiliki kandungan co-oksalat, delphimidin, fenol, sulfur, alkaloid, saponin, dan flavonoid, Nah bahan alami tersebutlah yang berfungsi untuk mengatasi snot pada burung kacer.

Cara untuk mengatasi snot dengan kembang telang, yakni anda cukup merendam bunga telang tersebut selama beberapa jam sampai airnya berubah menjadi ungu kebiruan. Selanjutnya teteskan air bunga telang tersebut pada mata burung dan area mata yang terkena snot.

2. Bunga Kitolod

Cara tradisional dan alami untuk mengobati burung snot berikutnya yaitu dengan menggunakan bunga kitolod. Daun kitolod juga bisa dijadikan obat herbal untuk menyembuhkan penyakit pada burung, salah satunya yaitu penyakit snot. Hal ini dikarenakan daun kitolod memiliki kandungan seperti politerol, sampon, flavonoid dan alkaloid.

Dari beberapa kandungan daun kitolid diatas, saat ini banyak dijadikan produk obat untuk mengatasi penyakit snot pada burung karena memiliki banyak manfaat. Jika anda tertarik untuk menggunakan daun tersebut, bisa anda lakukan penyulingan pada daun kitolod.

3. Obat Khusus Snot

Bagi anda yang tidak ingin menggunakan bahan yang alami seperti cara diatas, maka anda bisa memilih menggunakan obat-obatan khusus untuk penyakit snot. Karena semua kembali ke diri anda masing-masing dan sesuai selera masing-masing dalam menyembuhkan burung kacer yang mengalami snot.

Tetapi sebenarnya apabila diteliti lagi akan lebih aman jika pengobatan menggunakan obat herbal tradisional. Selain karena mudah didapatkan, obat-obatan dari bahan alami tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk burung kacer. Oleh karena itu anda harus lebih pintar untuk memilih obat snot yang tidak mengandung efek samping berbahaya.

4. Menjaga Kebersihan Sangkar

Hal yang paling utama untuk mencegah burung kacer terkena snot yaitu jagalah kebersihan kandang dan pakannya. Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa penyebab utama kacer mengalami snot yaitu kebersihan kandang yang kurang diperhatikan.

Sehingga menyebabkan burung kacer terkena bakteri yang bersarang didalam kandang dan kuman yang menempel di pakan lalu masuk ke dalam tubuh burung kacer. Maka dari itu mulai sekarang anda harus benar-benar teliti dalam menjaga kebersihan kandang dan juga pakan burung kacer.

5. Penjemuran

Dalam hal ini penjemuran juga harus tetap dilakukan supaya suhu tubuh kacer menjadi stabil, selain itu jika terkena panas matahari kuman yang menempel pada tubuhnya akan mati. Waktu terbaik untuk menjemur burung kacer yaitu sekitar jam 7-8 pagi saja.

Penutup

Itulah beberapa tips mengatasi burung kacer yang terkena snot. Pada intinya jika anda ingin burung kacer cepat sembuh, maka selalu bersihkan kandangnya agar terhindar dari kuman-kuman yang dapat memperburuk kondisi burung. Baiklah, sekian artikel kali ini. Nantikan tips dan artikel berikutnya, Salam Kacer Mania!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url