Cara Cepat Mengatasi Burung Kacer yang Serak Agar Bunyi Ngeplong Kembali

Cara Cepat Mengatasi Burung Kacer yang Serak Agar Bunyi Ngeplong Kembali - Hallo sobat kicau mania Indonesia! Pada artikel kali ini saya akan mengulas artikel tentang cara mengatasi burung kacer yang serak agar ngeplong lagi. Nah dalam hal ini burung kacer terkenal memiliki suara yang merdu dan gacor, burung kicauan ini terkenal memiliki suara yang unik. Burung kacer banyak digemari oleh pecinta burung, bahkan ada yang sudah memulai untuk ternak kacer dirumah.

Namun, pastinya anda akan kaget jika burung yang rajin berkicau tiba-tiba suaranya menjadi serak. masalah burung kacer suaranya serak banyak dijumpai di beberapa kasus. Tidak hanyak burung kacer saja, namun seperti burung murai batu, cucak ijo, dan samyong serta burung kicau lainnya juga bisa mengalami suara serak.

Terjadinya burung serak pasti ada beberapa faktor penyebabnya, yaitu terjadi karena penjemuran burung kacer yang berlebihan, tempat makanan burung kotor, dan tempat minum yang kotor. Namun sebagai pemula pastinya anda akan merasa kebingungan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Nah pertanyaan itulah yang pasti pertama muncul ketika burung gacoan mengalami serak.

Selain itu burung kacer yang mengalami suara serak juga bisa disebabkan oleh cuaca yang dingin sehingga tubuh burung kacer tidak stabil. Apalagi di musim hujan seperti sekarang ini, anda juga perlu mengetahui cara merawat burung kacer di musim hujan supaya burung tetap fit dan stabil.


Tips Mengatasi Burung Kacer Serak Dengan Mudah

Untuk mengatasi burung kacer yang serak agar bunyi ngeplong lagi, anda perlu fokus pada perawatan hariannya. Jika suara burung kacer serak, tentunya pada saat dilombakan akan kalah. Karena burung kacer yang mengalami serak akan membuat volume suaranya menjadi samar terdengar dan bahkan sampai tidak terdengar.

Hal itulah yang menjadi penghalang kacer untuk menang apabila dilombakan. Maka dari itu sebagai pemilik burung kacer anda harus tahu bagaimana cara mengatasi kacer yang serak dengan baik dan benar. Untuk itu anda bisa menyimak ulasan dibawah ini, sebagai berikut.

1. Perhatikan Kebersihan Makanan

Langkah pertama yang perlu anda lakukan yaitu memastikan untuk selalu membersihkan tempat pakan dan memberi pakan yang bersih pada burung kacer secara rutin. Dikarenakan makanan yang tidak bersih, dapat membuat burung kacer menjadi serak.

Dalam hal ini burung kacer yang mengalami serak juga diakibatkan karena bakteri pada makanan yang menempel di tenggorokan burung kacer dan membuat infeksi. Oleh karena itu untuk mencegah hal tersebut, pastikan anda memberikan makanan seperti voer yang baru, jangkrik yang segar, ulat hongkong segar dan semua jenis makanan yang masih fresh dan bersih.

2. Perhatikan Kebersihan Air Minumnya

Selain menjaga kebersihan makanan burung kacer, anda juga perlu memperhatikan kebersihan pada air minumnya. Jangan sampai anda memberikan air yang mentah ataupun kotor, karena hal itu juga akan mengakibatkan burung kacer mengalami serak.

Dalam hal ini anda bisa memindahkan burung kacer di tempat yang lebih aman dan memiliki udara yang segar. Jika kandang dan sangkar kotor, hal itu akan membuat burung kacer anda menjadi serak akibat terinfeksi.makanan yang basi. Oleh karena itu penting bagi anda untuk memastikan mengisi air secara penuh dengan menggunakan air bersih dan diganti setiap harinya.

3. Menjaga Kebersihan Sangkar

Untuk mengatasi burung kacer yang mengalami serak, anda juga harus selalu membersihkan kandang dan sangkar burung kacer minimal 2 hari sekali. Jika burung kacer anda sedang mengalami serak, alangkah baiknya jika dipisahkan dari burung lainnya agar tidak terganggu.

4. Jangan Menjemur Burung Kacer

Jika burung kacer sedang mengalami serak, anda tidak perlu melakukan penjemuran. Karena jika burung kacer serak dan terkena panas maka seraknya akan bertambah parah. Namun apabila serak disebabkan karena burung kacer mengalami sakit, sangat tidak cocok jika anda tetap melakukan penjemuran. 

Tetapi apabila burung kacer anda mengalami serak yang tidak begitu parah, anda bisa menjemurnya dengan durasi sekitar 15 menit untuk mencegah adanya kutu pada bulu burung kacer.

5. Memberikan Madu

Untuk mengatasi serak pada burung kacer anda bisa memberikannya madu, sama halnya dengan manusia madu juga bisa mengatasi serak pada tenggorokan. Karena kandungan yang terdapat pada madu bisa merusak bakteri yang menyerang tenggorokan sehingga akan menjadi plong.

Namun selain itu madu juga bisa menambah stamina pada tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh burung kacer. Untuk pemberiannya jangan setiap hari, berikan madu pada burung kacer 3 kali dalam seminggu saja dan dicampurkan dengan air minumnya.

Akhir Kata

Seperti itulah beberapa tips mengenai cara mengatasi burung kacer yang mengalami serak. Semoga beberapa tips tersebut dapat membantu anda untuk memulihkan gacoan anda. Terima kasih karena telah mengunjungi artikel ini dan semoga bermanfaat bagi anda semua.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url