Cara Mudah dan Jitu Mengatasi Burung Kacer yang Salto


Cara Mudah dan Jitu Mengatasi Burung Kacer yang Salto - Hallo sobat kicau mania indonesia! Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi burung kacer sering salto. Pernahkah anda tahu bahwa kebanyakan burung memiliki kebiasaan yang unik, salah satunya ialah salto atau jungkir balik. Namun kebiasaan tersebut sangatlah membuat para pemilik, cemas karena hal itu akan membuat burung menjadi malas berkicau. Bahkan kebiasaan salto tersebut menyebabkan burung bisa terluka karena menabrak sangkarnya.

Selain itu dampak kacer salto juga banyak, salah satunya saat burung kacer dilombakan pasti akan sulit menang. Hal itu dikarenakan burung kacer yang salto akan membuat penurunan nilai juri, kebiasaan tersebut tentunya terlihat mengkhawatirkan.

Sehingga kebanyakan pecinta burung kacer ingin sekali menghilangkan kebiasaan tersebut. Bagimana cara menghilangkan kebiasaan salto pada burung kacer? Yaitu dengan cara melihat tingkah lakunya, dan anda perlu mengevaluai proses perawatannya.

Lalu, apa hal yang menyebabkan burung kacer salto? Terjadinya kebiasaan salto pada burung kacer disebabkan oleh sifat keturunan atau sifat bawaan dari induknya. Namun dalam penanganan atau upaya penyembuhan salto pada burung kacer tidak sama penyebabnya. Jika hal itu disebabkan karena sifat turun temurun dari induknya, jadi anda harus melatihnya untuk memberikan efek jera dan penanganan yang ekstrim.


Berikut Cara Ampuh Mengatasi Burung Kacer yang Salto

Tetapi, jika burung kacer anda salto karena stress, maka anda harus menjinakkannya. Caranya anda harus memberikan penutup atas bagian sangkar atau kerodong sangkar. Anda harus memberikan juga suara-suara ilustrasi alam, air terjun, air hujan, ombak, atau suara burung berkicau di alam bebas.Nah, itulah cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan kebiasaan salto pada burung kacer. Sekarang mari kita bahas cara mengatasi burung kacer yang sering salto.

1. Kerodong Sangkar Burung Kacer

Cara mengatasi burung kacer yang sering salto yaitu dengan memberikan penutup full kain pada sangkar, cara ini akan membantu meredam kebiasaan buruk pada burung kacer yaitu salto. Ketika burung kacer dikerodong, kebiasaan saltonya akan hilang dengan sednirinya karena burung kacer merasa lebih aman dan nyaman.

Selama anda melakukan penutupan full kain pada sangkar atau full kerodong, jangan lupa untuk batasi juga pemberian EF agar birahi pada bruung tidak meningkat dan menyebabkan salto saat dikerodong.

2. Mengurangi Birahinya

Salah satu penyebab burung kacer salto yaitu karena burung kacer mengalami over birahi atau birahinya berlebihan. Sebaiknya, anda harus melakukan cara agar birahi pada burung kacer tidak terus meningkat. Dalam menurunkan birahi pada burung kacer pasti tergantung proses perawatannya. Jika pemberian EF dibatasi, maka seringkanlah untuk memandikan burung dan rutin melakukan penjemuran.

3. Asingkan Burung Kacer

Jika burung kacer anda mengalami kebiasaan salto, maka anda harus menjauhkannya dari burung lainnya. Karena jika burung lain sedang salto, nantinya agar tidak ditiru oleh burung kacer anda. Bahkan apabila burung kacer yang anda miliki salto, maka akan lebih sering salto jika didekatkan dengan burung lain yang sering salto.

4. Hindari Burung Kacer Bertemu Burung yang Lebih Fighter

Jika burung kacer anda tidak memiliki jiwa petarung, maka tidak ada masalahnya jika didekatkan dengan burung fighter. Namun jika burung kacer anda memiliki jiwa fighter atau ahli bertarung, alangkah baiknya jauhkanlah dari burung fighter lainnya agar tidak membuat burung kacer anda ketakutan hingga menyebabkan salto.

5. Melakukan Pemandian di Malam Hari

Cara berikutnya untuk mengatasi burung kacer yang sering salto yaitu dengan melakukan pemandian di malam hari. Anda bisa memandikannya dimalam hari lalu diangin- anginkan selama kurang lebih 1-2 jam saja. Lakukan cara ini 2 hari sekali saja, agar burung tidak terlalu kehilangan birahinya.

6. Masukkan Kedalam Kandang Umbaran

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi burung kacer sering salto adalah memasukkan burung kacer dikandang umbaran yang lebih lebar dan luas. Selain untuk membantu burung kacer mengurangi birahi, cara tersebut juga dapat membuat pernafasan burung kacer menjadi lebih kuat.

7. Menambah Jumlah Tangkringan

Anda juga bisa menambahkan jumlah tangkringan di sangkar yang biasanya hanya satu, ditambahkan menjadi 2. Dengan mengatur posisi sejajar atau atas bawah agar burung kacer tidak memiliki tempat untuk salto.

8. Mengubah Posisi Tangkringan

Burung yang mengalami salto, biasanya disebabkan karena bosan dengan posisi tangkringannya. Oleh karena itu, maka anda bisa mengubah pola atau posisi tangkringan sesuai dengan ukuran cengkraman kaki burung. Bisa juga anda mengganti bahan tangkringan dengan bahan yang lebih nyaman.

9. Memberikan Obat Syaraf

Dengan memberikan obat penolong untuk menyembuhkan burung kacer, anda bisa memberikannya obat syaraf. Obat tersebut bisa anda beli di toko perlengkapan burung. Namun anda juga bisa memberikan obat tersbut hanya jika salto pada burung kacer sangat parah.

10. Memberikan Vitamin dan Mineral

Jika burung kacer anda sering salto, anda bisa memberikan vitamin pada burung kacer seperti bird vit dan bird vit mineral. Kalian bisa membelinya di kios burung terdekat, dengan begitu anda bisa mencukupi kebutuhan mineral dan vitamin pada burung kacer. Jika burung kacer kekurangan vitamin dan mineral pasti burung tersebut akan melakukan hal aneh yaitu salto.

Akhir Kata

Demikian seperti itulah cara jitu mengatasi burung kacer yang sering salto. Jika anda memiliki pertanyaan seputar burung kacer, bisa anda tulis di kolom komentar. Nanti akan saya buatkan tips ataupun cara sesuai request anda. Terima kasih karena telah mengunjungi artikel ini, semoga beberapa cara tersebut bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda semua.



Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url