Pasti Sembuh! Berikut Tips Mengobati Burung Kacer yang Mengalami Katarak

Pasti Sembuh! Berikut Tips Mengobati Burung Kacer yang Mengalami Katarak - Hallo sobat kacer mania! Pada artikel kali ini saya akan membagikan tips mengenai cara mengobati burung kacer katarak. Burung kacer merupakan burung yang sangat populer dikalangan pecinta burung, karena burung ini memiliki ciri khas tersendiri dan juga memiliki suara kicauan yang sangat merdu dan unik. Burung kacer juga memiliki bentuk tubuh yang gagah, maka dari itu burung kacer sering dijadikan burung aduan di perlombaan.

Namun siapa sangka jika burung kacer juga bisa mengalami katarak? Burung kacer bisa terkena katarak, sama seperti yang dialami manusia. Lalu apakah katarak pada burung bisa disembuhkan? Tentunya bisa, tapi harus sesuai dengan penanganan yang tepat. Apakah penyebab katarak pada burung? Katarak pada burung pasti memiliki banyak penyebab dan faktornya.

Dalam hal ini katarak pada burung berbeda halnya dengan burung kacer mengalami snot, katarak pada burung terjadi karena adanya selaput putih yang terdapat pada mata. Munculnya jamur pada mata burung memang sangat lumrah terjadi, yang menjadi masalahnya yaitu jika terlambat dalam menanganinya. Karena katarak yang terjadi pada burung kacer disebabkan karena hal yang sepele, tetapi jika terlambat dalam penanganan bisa menyebabkan kebutaan pada burung.

Umumnya burung kacer yang mengalami katarak memang memiliki efek samping, yaitu turunnya perfoma burung kacer seperti kelincahan dan kegacorannya. Apalagi jika burung kacer tersebut akan mengikuti lomba pasti dapat dipastikan akan kalah, serta apabila akan dijual maka akan menurunkan harganya. Oleh karena itu segeralah mengobati burung kacer jika sedang mengalami katarak.


Penyebab Katarak Pada Burung Kacer

  1. Burung kacer kekurangan asupan gizi.
  2. Penjemuran yang terlalu berlebihan.
  3. Lingkungan burung yang terkontaminasi
  4. Terkena pantulan matahari akibat benda tertentu.
  5. Trauma dari penyakit yang dimiliki burung kacer.

Cara Ampuh Mengatasi Burung Kacer Katarak

1. Lakukan Penanganan Khusus

Cara pertama yaitu dengan memberikan penanganan khusus pada burung kacer, yaitu seperti di karantina. Hal tersebut sangat diwajibkan agar burung lain tidak tertular dengan penyakit katarak yang dialami burung kacer anda.

Jadi sebaiknya dijauhkan dulu dari burung lainnya selama proses perawatan dan katarak sembuh. Untuk tempatnya anda bisa menggantang ditempat yang terdapat cahaya sinar matahari. Hal ini dilakukan agar mata burung bisa merespon sinar cahaya tersebut.

2. Menggunakan Obat Tetes Madu Asli

Cara yang satu ini merupakan cara yang banyak digunakan oleh para pecinta burung untuk mengobati burung katarak, yaitu dengan menggunakan obat tetes yang mengandung madu asli. Anda bisa mendapatkan obat tetes ini di toko atau kios burung terdekat.

Obat tersebut sebenarnya merupakan campuran dari bahan alami yaitu madu asli yang dicampur dengan air liur lebah dan sari dari pucuk-pucuk daun. Sebenarnya obat tersebut digunakan lebah untuk menambal kerusakan pada sarangnya dan juga untuk mensterilkan sarangnya. Namun selain itu juga dapat digunakan untuk menyembuhkan mata katarak pada burung.

Untuk memberikan pengobatan dengan menggunakan obat tetes tersebut, pastinya ada beberapa tahapan. Dikarenakan jika anda melakukannya dengan sembarangan, malah akan memberikan efek yang negatif untuk kesehatan burung kacer. Dalam menyembuhkan katarak yang dialami burung kacer, anda harus benar-benar menggunakan dosis yang pas agar kataraknya bisa sembuh secara total.

Dosis yang pas untuk burung kacer yaitu sekitar 5 hingga 7 tetesan air dengan satu tetes obat madu asli. Setelah itu teteskan secukupnya pada mata burung kacer yang terkena katarak, jika obat tersebut masih tersisa bisa anda simpan di tempat yang sejuk.

3. Menggunakan Propolis

Selain menggunakan madu untuk mengobati kacer katarak, anda juga bisa menggunakan senyawa propolis yang terdapat pada lebah. Kandungan senyawa tersebut memang sudah sangat umum bahkan juga sudah banyak digunakan untuk penyembuhan penyakit pada manusia. Oleh karena itu propolis juga sangat aman untuk digunakan obat burung kacer.

Dalam hal ini kandungan Senyawa propolis memiliki banyak manfaat dibandingkan dengan obat lainnya. Contohnya yaitu karena berasal dari alam pastinya juga cocok jika digunakan oleh makhluk hidup yang ada di alam liar, selain itu dengan menggunakan propolis juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit baik luar maupun dalam.

Untuk penggunannya, anda cukup menggunakan 1 tetesan propolis pada mata burung yang terkena katarak, dan jangan lupa untuk mencampurkannya dengan 7 tetes air bersih. Untuk selanjutnya tinggal anda teteskan pada mata burung sehari satu kali dan harus dilakukan secara rutin.

4. Menggunakan Cream

Obat mata katarak yang di peruntukkan bagi burung sangatlah banyak, ada yang obat tetes ataupun cream. Obat tersebut umumnya digunakan untuk penyakit cacar atau pox, kelopak mata burung kacer meradang terjadi karena adanya jamur penyebab infeksi dan menyebabkan katarak pada mata. Anda bisa mendapatkan obat cream untuk katarak pada burung di toko atau kios burung terdekat.

5. Memberikan Makanan Bergizi

Cara yang terakhir yaitu dengan memberikan makanan bergizi tinggi pada burung kacer secara rutin. Tujuan utama pemberian makanan tersebut agar daya tahan tubuh burung kacer tetap stabil dan imunnya tetap terjaga. Dengan begitu katarak pada burung akan lebih membaik lagi, dan penglihatan burung bisa kembali normal.

Penutup

Sekian tips yang bisa saya bagikan kepada sobat kicau semua. Semoga beberapa cara tersebut bisa membantu anda untuk menyembuhkan burung kacer kesayangan anda dari katarak. Nantikan tips dan informasi selanjutnya seputar burung berkicau hanya di bangparid.com. Salam Kicau Mania Indonesia!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url