Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Pada Burung Kacer

Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Pada Burung Kacer - Apakah belakangan ini burung kacer anda merasa gatal-gatal pada bagian tubuhnya? Nah, anda perlu waspada nih.. Bisa saja burung kacer memiliki kutu di bagian tubuhnya sehingga mengakibatkan gatal-gatal hingga bulu kacer rontok akibat sering digaruk oleh paruhnya. Memang burung kacer yang memiliki kutu merupakan perihal yang wajar, namun bukan berarti itu masalah yang sepele ya! Anda harus segera melakukan tindakan agar kutu pada burung kacer hilang.

Pada umumnya burung kacer merupakan salah satu burung primadona yang banyak digemari oleh para pecinta burung berkicau. Kenapa demikian? Karena burung kacer memiliki kicauan yang merdu dan bervariasi, selain itu burung kacer juga memiliki gaya saat berkicau yang biasa disebut ngobra. Oleh karena itu banyak para kicau mania yang memelihara burung yang satu ini, entah itu dijadikan burung rumahan ataupun burung gantangan.

Namun semua itu akan berbeda halnya apabila terdapat kutu burung kacer yang mengakibatkan burung kacer menjadi gatal-gatal pada tubuhnya dan mengurangi tingkat kegacoran burung kacer itu sendiri. Tetapi anda tidak perlu khawatir, sekarang ini banyak cara menghilangkan kutu pada burung kacer dengan alami bahkan juga bisa dengan menggunakan obat untuk menghilangkan kutu pada burung.

Namun sebelum anda melakukan cara untuk menghilangkan kutu pada burung, pastikan dulu ciri-ciri burung kacer kutuan sebagai berikut:

  • Burung kacer akan merasa gelisah.
  • Burung kacer kurang gerak.
  • Selalu menggaruk tubuhnya dengan paruh atau kaki karena gatal.
  • Terdapat bintik-bintik putih kecil di bulu burung kacer.
  • Tubuh burung kacer kurus.
  • Kurangnya nafsu makan
Nah sebagai pemilik yang merawat burung kacer, tentu anda tidak menginginkan hal itu terjadi pada burung kacer gacoan anda. Namun setiap masalah tentu ada solusinya, dengan memberikan perawatan terbaik pada burung kacer dapat membasmi kutu pada burung tersebut. Biasanya faktor penyebab burung kacer memiliki kutu yaitu terjadi ketika daya tahan tubuh kacer menurun dan kondisi lingkungan serta perawawatan yang kurang maksimal.

Tips Jitu Membasmi Kutu Pada Burung Kacer

Bagi anda yang memiliki burung kacer dengan ciri-ciri diatas, anda tidak perlu bingung ataupun takut burung kacer mati. Karena saya telah menyiapkan beberapa cara untuk mengatasi kutu pada burung kacer dengan mudah dan cepat. Langsung saja untuk cara-caranya, simak ulasan berikut ini.

1. Memahami Gejala Penyakit Burung Kacer

Sebelum anda melakukan perawatan untuk menghilangkan kutu pada burung kacer, anda wajib mengetahui terlebih dahulu apa saja gejala yang membuat burung kacer anda menjadi gelisah dan menurunnya performa. Hal tersebut dikarenakan burung kacer sering menyentuh tubuhnya dengan cara menggarukkan kaki atau paruh, hal itulah yang menyebabkan bulunya rusak dan timbul luka pada kulit,

2. Gunakan Air Rebusan Daun Sirih

Cara mengatasi kutu pada burung kacer yang pertama yaitu dengan menggunakan obat alami, karena obat alami lebih aman dan tidak mengandung bahan kimia. Yaitu dengan menggunakan air rebusan daun sirih, metodenya yaitu rebus daun sirih sebanyak 7 sampai 10 helai dengan air secukupnya. Apabila air rebusan sudah agak berwarna coklat, angkat dan dinginkan.

Jika air rebusan daun sirih tersebut sudah dingin, selanjutnya semprotkan pada burung kacer secara merata dengan menggunakan semprotan untuk memandikan burung. Pastikan anda menyemprot air daun sirih tersebut hingga masuk di bulu kacer bagian dalam. (Baca juga: Cara mengatasi burung kacer snot).

3. Gunakan Air Cucian Beras

Cara yang satu ini sudah banyak dilakukan oleh para kicau mania untuk mengatasi burung yang terkena kutu, yaitu menyemprot burung kacer dengan air cucian beras. Dalam hal ini air cucian beras memiliki manfaat yaitu dapat menjebol lapisan lili pada burung kacer yang berguna untuk melepaskan kutu dan juga merontokkan telur kutu serta menghilangkan secara total.

Penggunaan air cucian beras ini akan lebih ampuh untuk menghilangkan kutu pada burung kacer apabila dilakukan bersamaan dengan air rebusan daun sirih. Karena kedua cara ini termasuk cara alami yang ampuh menghilangkan kutu pada burung secara maksimal.

4. Berikan Multivitamin

Selama burung kacer masih mengalami kutuan, merupakan suatu hal yang wajar apabila burung kacer kurang nafsu makannya dan berkurang kelincahaannya. Hal itu disebabkan karena ketidaknyamanan dalam tubuh burung kacer. Tentunya pada saat itu burung kacer akan menjadi kurus dan nyilet, untuk mengatasi hal tersebut berikanlah vitamin sebagai obat untuk penunjang kesehatan pada burung kacer.

Karena pada saat burung kacer sakit, tentunya akan sangat mengurangi tingkat performanya dan burung akan ngedrop. Tentu anda sebagai pemilik tidak menginginkan hal itu terjadi, oleh karena itu berikanlah vitamin pada burung kacer setiap harinya.

5. Rutin Mencuci Sangkar Hingga Bersih

Dalam hal ini kebersihan sangkar juga penting bagi burung kacer, karena bisa saja kutu tersebut hinggap di burung kacer sebab sangkar burung yang kotor. Oleh karena itu kebersihan sangkar sangatlah penting, bersihkan sangkar burung kacer minimal seminggu 2 kali supaya sangkar burung terlihat bersih dan terbebas dari kutu.

Untuk mencuci sangkar burung tidak sembarang ya.. Gunakan sabun antiseptik untuk membersihkan sangkar burung kacer, atau bisa juga dengan menyemprotkan cairan antiseptik ke dalam sangkar burung kacer kesayangan anda. Lakukan cara ini setiap membersihkan sangkar burung kacer agar burung menjadi sehat dan gacor kembali.

6. Hindari Meletakkan Burung Dilantai

Hal yang satu ini perlu anda hindari, yaitu meletakkan sangkar beserta burung di lantai. Karena umumnya kuman dan kutu datangnya dari bawah, yang disebabkan karena lantai yang kotor dan berdebu. Kotoran itulah yang akan menempel ke tubuh burung kacer hingga menimbulkan resiko penyebab kutu. Oleh karena itu gantanglag burung kacer ditempat yang agak tinggi dan bersih.

7. Lakukan Penjemuran Secara Rutin

Dengan melakukan penjemuran secara rutin, juga dapat mengatasi kutu pada burung kacer. Lakukanlah penjemuran secara rutin pada burung kacer di pagi hari saat cahaya matahari mulai muncul, namun anda perlu menghindari penjemuran dalam situasi matahari yang terik agar burung kacer tidak terlalu kepanasan.

Dalam hal ini manfaat dari penjemuran pada burung kacer yaitu untuk meminimalisir perkembangbiakan jamur ataupun kutu, baik itu di dalam tubuh burung kacer ataupun di lingkungan sekitarnya.

8. Jauhkan dari Kondisi Lingkungan yang Lembab

Hal ini penting untuk anda lakukan, yaitu dengan menjauhkan burung kacer pada lingkungan yang bersifat lembab. Misalnya ketika anda baru saja selesai memandikan burung kacer, jangan sekalipun langsung memasukkan burung kacer kedalam rumah dalam keadaan basah.

Alangkah baiknya keringkan terlebih dahulu dengan paparan sinar matahari agar burung terasan hangat dan nyaman ketika selesai dimandikan. Terkadang banyak para kicau mania yang lalai akan hal ini sehingga menyebakan burung gacoannya menjadi sakit.

9. Berikan Obat Kimia

Sekarang ini obat kutu untuk burung kacer tidak hanya secara alami saja, namun telah diubah dan diproses secara kimia. Bentuk obatnya sangat beragam, mulai dari obat cair, serbuk, dan juga pasta. Obat kimia ini bisa anda gunakan ketikan burung kacer tidak kunjung sembuh dengan dilakukannya pengobatan secara alami, dikarenakan obat kimia memiliki takaran yang tinggi.

10. Lakukan Hingga Sembuh Total

Lakukan cara-cara tersebut hingga burung kacer sembuh total dari kutu. Saya menyarankan kepada anda untuk melakukan cara yang alami dan rawatan yang tepat terlebih dahulu sebelum anda ingin menggunakan obat-obatan kimia ataupun obat kutu lainnya.

Penutup

Demikian tips yang bisa saya bagikan kepada anda semua, semoga cara-cara tersebut dapat membantu anda dalam membasmi kutu pada burung kacer. Terima kasih karena telah mengunjungi artikel ini, anda juga bisa membaca tips mengenai burung kacer lainnya hanya disini.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url