Tips Jitu Mengembalikan Mental Burung Kacer Dengan Mudah

Tips Jitu Mengembalikan Mental Burung Kacer Dengan Mudah - Seperti yang sobat ketahui, setiap burung berkicau tentunya memiliki kendala atau masalah yang biasa terjadi. Hal yang paling sering terjadi yaitu hilangnya fighter atau sifat petarung nya, Oleh karena itu kali ini saya akan membahas cara mengembalikan mental burung kacer dengan mudah dan cepat. Lalu, tahukah sobat apa penyebab hilangnya mental burung kacer? Ciri-ciri burung kacer hilang mental akan muncul ketika dirumah maupun di arena perlombaan.

Sobat bisa mengamatinya sendiri, jika burung kacer sobat sudah kehilangan sifat tempurnya atau mental petarungnya, lalu bagaimana cara menanganinya? Sebelum membahas ke cara penanganan, sobat harus mengetahu beberapa ciri yang ditunjukkan kacer ketika kehilangan mental fighternya. Ketika sobat melihat burung kacer seperti bermalas-malasan dan enggan saat ditrek atau ditarungkan.

Nah, burung kacer yang sedang mengalami hal seperti ini adalah burung kacer yang bermasalah. Karena dengan kondisi tersebut, jika dilihat burung kacer seperti sedang kehilangan jiwa petarungnya. Namun hal itu tentunya tidak terjadi begitu saja, semua masalah pada burung kacer tentu ada penyebabnya. Penyebab burung kacer yang mengalami hal tersebut yaitu ada dua, yang pertama emosi burung kacer hilang. (Baca juga: Cara Ampuh Meningkatkan Emosi Burung Kacer)

Penyebab yang kedua yaitu burung kacer sedang kehilangan birahinya. Itulah beberapa penyebab burung kacer kehilangan mentalnya, tapi dari dua penyebab itu masih banyak penyebab lainnya seperti burung kacer mengalami stres dan lain sebagainya. Baiklah, jika burung kacer sobat sedang mengalami hal ini, sobat tidak perlu khawatir. Karena saya akan membagikan tips mengenai cara penanganan yang tepat untuk burung kacer yang mengalami drop mental.


Cara Mengatasi Mental Burung Kacer Turun Drastis

1. Memberikan tempat yang tenang dan nyaman

Cara pertama yang harus sobat lakukan untuk menangani mental burung kacer drop total yaitu dengan mengasingkan burung kacer ke tempat yang lebih aman dan terhindar dari keramaian. Apalagi jika sobat memiliki berbagai jenis burung kicau dirumah, maka burung kacer tersebut harus dipisahkan dari burung kicau lain untuk sementara waktu.

Dengan mengasingkan burung kacer di tempat yang sunyi, bisa dipastikan burung kacer akan sedikit tenang. Sobat harus memastikan bahwa burung kacer tersebut tidak melihat burung kicau lainnya. Namun untuk perawatannya selama masa isolasi ini tetap sama seperti rawatan harian dan jangan sampai kendor agar burung kacer tidak terlalu ngedrop.

2. Pengembunan dan pemandian yang tepat

Jika sudah waktunya memandikan burung kacer, sobat harus menggunakan keramba untuk memandikannya. Tapi jika tidak memungkinkan, boleh juga pakai semprot atau spray. Sebenarnya ketika memandikan lebih baik lagi pakai bak pemandian supaya burung kacer menjadi lebih segar dan relaks.

Hal itu dikarenakan jika burung kacer mandi sendiri, pasti si burung bisa mengatur lama atau tidak nya durasi mandi tersebut. Perlu diketahui sebelum memandikan kacer sebaiknya diembunkan terlebih dahulu. Pengembunan bisa sobat lakukan di pagi hari setelah shubuh sampai jam 06.00, kemudian bisa lanjut ke pemandian.

3. Proses penjemuran

Lanjut ke bagian proses penjemuran, untuk penjemuran memakan waktu sekitar satu sampai setengah jam saja. Hal ini bertujuan untuk memulihkan mental atau fighter burung kacer tersebut. Waktu penjemuran yang bisa sobat lakukan yaitu sekitar pukul 08.00 sampai 09.00 pagi, waktu tersebut sudah sangat maksimal untuk proses penjemuran.

Jangan sampai sobat menjemur burung kacer terlalu lama dan jangan sampai terlalu cepat juga untuk proses penjemurannya. Karena pada dasarnya burung kacer memang memiliki sifat petarung sejati. Kemudian setelah selesai proses penjemuran, burung kacer harus ditempatkan di tempat yang teduh dan di angin-anginkan hingga bulunya mengering.

4. Memberikan pakan tambahan

Selanjutnya setelah proses penjemuran, yakni lanjut ke proses memberikan makanan. Sobat bisa memberikan ekstra fooding seperti jangkrik 5 ekor di pagi hari dan 5 untuk sore hari (sesuai pemberian harian). Berikanlah jangkrik pada burung kacer secara konsisten selama 2 minggu dan jangan lupa ada tambahan ekstra fooding lagi khusus pada hari minggu seperti ulat hongkong, dengan takaran 5 ekor saja namun harus diberikan setiap seminggu sekali.

5. Memberikan untulan

Jika mental burung kacer belum memulih, cara terakhir yang bisa sobat lakukan yaitu memberikan untulan untuk mendongkrak mental fighternya. Sobat bisa memasukkan burung kecil ke dalam sangkarnya, nantinya burung kecil itu akan di kejar dan dihajar oleh burung kacer. Namun sebenarnya cara ini sangatlah ekstrem karena terlihat sangat menyiksa burung kecil tersebut. Pasti sobat juga kasian kan, jadi cara ini sangat tidak direkomendasikan meskipun sangat jitu untuk mengembalikan mentalnya.

Penutup

Demikian tips yang bisa saya bagikan kepada kalian semua, mengenai cara memulihkan mental burung kacer yang drop dengan mudah dan cepat. Perlu sobat ketahui, sebenarnya kunci utama burung kacer yang mengalami drop mental terdapat pada emosi dan birahinya. Oleh karena itu sobat sebagai pemilik, harus bisa mendapatkan birahi dan emosi burung kacer dengan pas.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url