Cara Jitu mengatasi Burung Kacer Kanibal Cabut Bulu

Cara Jitu mengatasi Burung Kacer Kanibal Cabut Bulu - Halo sobat kicau mania Indonesia! Jumpa lagi dengan saya, bagaimana kabar kalian semua? Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips terbaik untuk kalian semua yaitu cara mengatasi burung kacer kanibal sampai cabut bulu. Mengapa saya membahas topik tersebut? Karena masalah itu menjadi momok yang sangat sering dijumpai, sehingga membuat pemilik burung merasa kebingungan untuk menanganinya.

Namun, pastinya masalah tersebut tidak terjadi begitu saja. Pasti banyak faktor yang menyebabkan burung kacer mencabuti bulunya sendiri. Jika burung kacer kalian mengalami masalah tersebut, segeralah melakukan pengobatan untuk burung kacer agar burung bisa segera sembuh. Karena jika tidak segera diatasi, akan semakin parah dan berdampak buruk pada gaya dan penampilannya saat di trek dengan sesama jenis burung kacer lainnya.

Jika burung kacer mengalami kanibal hingga cabut bulu, hal ini merupakan masalah yang sangat serius pada burung kacer. Selain itu kalian harus berhati-hati dalam mengatasi masalah ini, karena akan sangat mempengaruhi mental burung kacer. Nah, bagi kalian yang masih awam dan pemula dalam memelihara kacer, kalian tidak perlu bingung. Saya telah menyiapkan beberapa cara untuk mengatasi burung kacer kanibal, sebagai berikut.


Tips Menangani Burung Kacer Kanibal

1. Menghentikan pemberian ekstra fooding

Cara pertama untuk mengatasi burung kacer cabut bulu yaitu dengan mengurangi pemberian makanan ekstra atau ekstra fooding. Karena jika terlalu banyak mengonsumsi makanan ekstra fooding akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan burung. Biasanya birahi burung kacer juga akan meningkat dan membuat burung cenderung mencabuti bulunya sendiri atau biasa disebut kanibal.

Jika sudah seperti itu, kalian harus bisa menurunkan tingkat birahinya. Caranya yaitu menghentikan pemberian ekstra fooding. Jangan memberikan makanan tambahan sampai burung berhenti menyakiti dirinya. Perlu diketahui bahwa ada beberapa ekstra fooding yang tidak direkomendasikan untuk burung kacer yang sedang kanibal.

Ekstra fooding yang dilarang untuk diberikan yaitu belalang, kelabang, ulat hongkong, jangkrik dan juga kroto. Ekstra fooding tersebut harus dikurangi atau bisa juga dihentikan jika melihat burung kacer menyakiti dirinya sendiri. Namun jika kebiasaan buruk tersebut sudah mereda atau mulai berhenti, barulah kalian bisa memberikan EF lagi secara bertahap yaitu dengan porsi terendah.

Contohnya saat memberikan pakan hariannya, berikanlah 3 ekor jangkrik saja karena burung kacer sedang menjalani terapi penyembuhan. Kemudian lihatlah perkembangan dan perilaku kacer, kalian harus siaga agar birahi tidak naik kembali selama pemberian EF.

2. Memandikan kacer secara teratur

Pada umumnya burung kacer akan dimandikan oleh pemiliknya minimal seminggu sekali. Namun bagimana jika burung kacer sedang kanibal? Jika burung kacer sedang mengalami permasalah kanibal, kalian bisa meningkatkan jadwal mandinya menjadi satu kali dalam sehari. Apabila sudah terbiasa dengan mandi satu kali sehari, kalian bisa menaikkannya lagi menjadi dua kali dalam sehari. Namun sesekali juga bisa kalian terapi untuk mandi malam secara rutin jika cuaca sedang mendukung.

Dengan memandikan burung kacer di malam hari secara rutin dapat menjadi penenang terapi yang baik untuk kacer yang sedang dalam masa over birahi hingga membuatnya menjadi kanibal. Cara tersebut cukup dianggap ampuh untuk menstabilkan birahi pada burung dan juga dapat menghentikan burung mencabuti bulunya sendiri.

Perlu diingat bahwa dalam memandikan burung kacer di malam hari jangan sampai melewati jam 21.00 WIB, jika memandikannya terlalu malam justru akan membuat burung kacer merasa kedinginan dan membuatnya sakit. Waktu yang paling tepat untuk mandi malam yaitu pada jam 19.00 sampai 20.30 WIB.

3. Lakukan karantina pada kacer

Jika burung kacer kalian mengalami kanibal, kalian boleh mengkarantinanya dalam beberapa waktu sampai kebiasaan buruk tersebut hilang. Karena pada umumnya cara mengatasi kacer kanibal tersebut dilakukan pada saat kacer mengalami mental drop usai mengikuti ajang perlombaan. Biasanya burung kacer mengalami kekalahan dan membuatnya frustasi sampai mencabuti dirinya sendiri.

Pada saat proses karantina, burung kacer harus dipisahkan dari burung fighter lainnya. Kalian harus menempatkan burung kacer pada tempat yang sepi dan juga tenang. Cara tersebut dilakukan untuk mengembalikan mentalnya yang sedang menurun. Jika tempat burung kacer tenang dan nyaman, burung kacer bisa beristirahat total dan tidak mendengar suara kicau burung lainnya.

Namun alangkah lebih baiknya jika tempat burung tersebut didekatkan dengan suara air yang gemricik. Suara air tersebut mampu membuat burung tenang dan dapat merelaksasi kondisi burung jika dalam keadaan sakit untuk memulihkan mentalnya.

4. Berikanlah multivitamin

Selanjutnya kalian juga bisa memberikan vitamin untuk burung kacer, vitamin berguna sebagai pemasok vitamin saat kacer mengalami kanibal. Untuk vitamin yang bisa kalian berikan kepada burung kacer sangatlah beragam, kalian juga bisa memberikannya vitamin biasa dan bisa juga pakai vitamin khusus.

Cara memberikannya yaitu dengan mencampurkan vitamin pada air minum burung kacer, selain itu bisa juga kalian oleskan pada buah yang akan diberikan pada burung kacer. Jangan lupa untuk memperhatikan dosis pada kemasannya supaya tidak berlebihan.

5. Mengganti sangkarnya

Salah satu cara yang bisa kalian coba untuk mengatasi burung kacer kanibal paling ampuh yaitu dengan mengganti sangkarnya. Kalian bisa menggantinya dengan sangkar yang yang lebih lebar supaya ada ruang untuk kacer bergerak.

Jika sangkar sudah diganti, kalian bisa melakukan pengamatan setelah metode tersebut dilakukan. Pengamatan tersebut bertujuan untuk melihat apakah ada perubahan pada kacer. Apabila kalian tidak melihat burung kacer mencabuti bulunya, berarti kemungkinan besar kacer merasa nyaman dengan sangkar barunya.

Penutup

Itulah beberapa cara untuk mengatasi burung kacer yang mengalami kanibal hingga cabut bulu. Sebelum kalian melakukan cara tersebut, amati dulu apa penyebab burung mengalami kanibal. Setelah kalian mengetahui cobalah dengan melakukan cara-cara di atas. Sekian tips kali ini, semoga bisa bermanfaat dan membuat burung kacer kalian normal serta gacor kembali.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url