Tips Jitu Mengatasi Burung Kacer Ngetem Saat Dilombakan

 

Tips Jitu Mengatasi Burung Kacer Ngetem Saat Dilombakan - Jika Anda memiliki masalah dengan burung kacer Anda yang ngetem atau kurang ngotot ketika sedang dilombakan, dengan Anda mengunjungi artikel ini akan terjawab bagaimana cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Memang pada dasarnya burung kacer yang di ikutkan lomba harus burung kacer yang bermental bagus, hal itu bertujuan agar burung kacer dapat berkicau dengan ngotot dan bongkar isian.

Namun perlu Anda ketahui, ngetem pada kacer merupakan dimana kondisi burung kacer berhenti sejenak untuk berkicau dan mengeluarkan isiannya. Memang apabila hal ini terjadi di rumah bukan menjadi suatu masalah, tetapi apabila hal ini terjadi ketika burung kacer digantang maka akan menjadi masalah dengan berkurangnya penilaian juri.

Burung kacer yang ngetem bisa disebabkan karena burung tersebut kurang emosi, birahi, ataupun permasalahan lainnya. Namun ngetem pada kacer juga bisa dipengaruhi karena burung tersebut demam panggung atau baru pertama kali dilombakan. Burung kacer yang seperti itu tentunya membutuhkan adaptasi agar bisa berkicau dengan lantang dan bongkar isian.


Namun penyebab burung kacer ngetem tidak hanya itu, ada banyak faktor yang menyebabkan burung kacer mengalami ngetem saat berkicau. Bagi Anda yang belum mengetahui penyebab burung kacer ngetem, Anda bisa menyimak penjelasan dibawah ini.

Penyebab Kacer Ngetem Saat Lomba

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, burung kacer yang ngetem tentu memiliki faktor atau penyebab. Penyebab burung kacer ngetem juga berbeda-beda tergantung burung kacer itu sendiri. Namun masalah umum atau penyebab kacer ngetem yaitu, sebagai berikut:

  • Over birahi
  • Kurangnya stamina
  • Obesitas atau terlalu gemuk
  • Kalah mental
  • Pertama kali dilombakan
  • Kaget atau belum adaptasi dengan suasana lomba
  • Kepanasan
Faktor penyebab terjadinya burung kacer ngetem tersebut sangat berkaitan, karena burung kacer yang terlalu gemuk akan mudah lelah dan stamina burung akan cepat habis. Selain itu apabila burung kacer baru pertama kali dilombakan, maka burung akan kaget karena belum beradaptasi dengan arena lomba.

Cara Mengatasi Kacer Ngetem Saat Dilombakan

1. Ganti dan cari pola rawatan dan setelan yang tepat

Jika burung kacer Anda masih saja ngetem saat dilombakan, maka cara yang pertama Anda bisa merubah rawatan dan setelan burung kacer tersebut. Untuk mengganti pola rawatan, Anda bisa merubah rawatan seperti penjemuran, pemandian, dan pengkerodongan. Sedangkan untuk setelan, Anda bisa mulai merubahnya dengan setelan ekstra fooding.

2. Ditrek dengan kacer lain yang lebih ngotot

Untuk melakukan trek pada burung kacer, Anda bisa melatihnya dengan 5 atau lebih burung kacer. Jangan hanya mengetrek burung kacer 1 atau 2 ekor saja, karena efeknya akan kurang berpengaruh pada burung kacer. Jika burung kacer dilatih ditrek dengan burung kacer banyak dan lebih ngotot, maka akan membuat burung kacer Anda meniru burung lainnya yang ngotot tersebut.

3. Berikan adaptasi lapangan sebelum lomba

Umumnya burung kacer yang ngetem disebabkan karena burung belum adaptasi dengan arena perlombaan. Oleh karena itu agar kacer tidak kaget dengan tempat perlombaan, Anda bisa melakukan proses adaptasi di arena lomba. Caranya dengan membuka kerodong dan gantang di tempat yang agak ramai, biarkan selama 15 menit dan selalu awasi burung Anda.

Akhir Kata

Itulah beberapa tips untuk mengatasi burung kacer yang ngetem. Anda bisa mengganti rawatan dan setelan burung kacer Anda sesuai dengan karakter kacer tersebut. Terima kasih sudah berkunjung, nantikan artikel selanjutnya mengenai burung kacer dan burung berkicau lainnya. Salam Kacer Mania Indonesia!




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url