Wajib Tahu! Perawatan dan Settingan Burung Kacer Tipe Panas

Wajib Tahu! Perawatan dan Settingan Burung Kacer Tipe Panas - Halo sobat kicau mania nusantara! Apa kabar kalian semuanya? Jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan membahas cara merawat dan menyetting burung kacer yang bertipe panas. Kalian semua pasti sudah tahukan bahwa burung kacer memiliki dua tipe yaitu burung kacer tipe panas dan dingin. Kalian harus mengetahui bahwa keduanya memiliki cara perawatan yang berbeda, bukan hanya diperawatannya saja tapi settingannya juga.

Sekarang ini burung kacer semakin banyak peminatnya, dan harga jual di pasaran pun juga semakin meningkat. Apalagi saat musim liburan begini, semakin banyak perlombaan yang akan diadakan. Burung kacer jawara atau yang sudah terlatih pasti dijual dengan harga yang cukup fantastis.

Namun banyak sekali para senior dari komunitas kacer tidak berminat membeli burung kacer yang sudah jadi atau kacer bahan gantangan. Mereka justru memilih merawat burung kacer dari anakan sampai menjadi juara, karena bisa menjadi kebangaan tersendiri jika berhasil melatihnya. Nah, dalam merawatnya memang membutuhkan waktu dan juga proses yang panjang.

Jika kalian memiliki burung kacer yang bertipe panas, kali ini saya akan memberikan tips perawatan dan cara settingan yang benar agar burung kacer kesayangan anda menjadi sang juara di lapangan. Namun ketika melakukan perawatan harian, akan lebih bagus jika bisa mengeluarkan isiannya.

Saat ingin mengeluarkan isian burung kacer, kalian harus mengetahui karakter burung kacer yang kalian miliki untuk menemukan perawatan dan settingan yang tepat. Karena jika perawatannya salah, akan membuat burung kacer macet bunyi. Hal itu disebabkan karena rawatan dan settingan tidak sesuai dengan karakternya. Dibawah ini adalah beberapa tips cara merawat burung kacer bertipe panas beserta settingannya


Berikut Perawatan Burung Kacer yang Bertipe Panas dan Settingannya

Rawatan Kacer Tipe Panas

  1. Cara perawatan burung kacer tipe panas yang pertama yaitu dengan melakukan pengembunan, kalian bisa mengembunkan burung kacer pada waktu shubuh sebelum matahari terbit. Karena pengembunan ini bertujuan agar burung kacer bisa lebih fresh lagi dan bisa menghirup udara segar. Apalagi jika kalian menggantungnya dibawah pepohonan, tentu akan membuatnya lebih segar dan terangsang untuk berkicau.
  2. Langkah kedua yaitu proses pemandian secara rutin, proses memandikannya bisa menggunakan keramba. Namun, jika tidak ada keramba kalian bisa menggunakan semprot. Caranya dengan menyemprotkan air spray ke badan burung kacer sampai seluruh tubuhnya menjadi basah kuyup.
  3. Proses ketiga yaitu penjemuran. Setelah dimandikan burung kacer bisa dijemur dibawah terik sinar matahari supaya bulunya cepat kering. Jangan terlalu lama dan jangan terlalu sebentar, penjemuran ini bisa kalian lakukan selama 20-30 menit saja sudah cukup. Untuk burung kacer yang tipe panas, saat penjemuran jangan diberikan EF.
  4. Jika proses penjemuran sudah selesai, kalian bisa memberikan jangkrik untuk burung kacer. Berikanlah jangkrik 2 sampai 3 ekor saja, pemberian dilakukan 2 kali dalam sehari.
  5. Selanjutnya untuk kroto bisa kalian berikan 2 kali dalam seminggu. Pemberian kroto harus benar-benar mematuhi porsi agar birahinya tetap stabil.

Settingan Kacer Tipe Panas

  1. Untuk memulai settingan dilakukan pada pagi hari yaitu dengan memandikan burung kacer di keramba atau bisa disemprot.
  2. Kemudian kalian bisa menjemur burung kacer tapi jangan terlalu lama, cukup 15-30 menit saja. Biasanya penjemuran dilakukan dari jam 08.00 sampai jam 08.30.
  3. Ketika proses penjemuran, kalian bisa memasukkan burung ke dalam sangkar umbaran. Hal ini bertujuan untuk melatih stamina dan pernafasan burung supaya tidak ngos-ngosan. Karena burung kacer yang bertipe panas ini, ketika bertemu musuh akan mengeluarkan isiannya secara ngotot. Maka dari itu buurng kacer membutuhkan latihan fisik yang rutin agar stamina tidak gampang kendor.
  4. Setelah proses penjemuran selesai, berikanlah EF harian untuk burung kacer yaitu berupa jangkrik. Dengan takaran 3/5 ekor, jika burung kacer kalian kuat makan 10 ekor jangkrik saat di pagi hari, maka berikanlah settingan 10 ekor jangkrik sampai burung kacer menolaknya. Setelah itu kalian akan menemukan settingan EF yang pas pada kacer tersebut.
  5. Setelah pemberian EF diberikan, kalian bisa mengangin-anginkan burung kacer dan dengarkanlah suara kicauannya sebentar saja. Setelah itu krodong kembali burung kacer agar stamina burung kacer tetap terjaga.

Penutup

Demikian itulah beberapa cara perawatan dan settingan untuk burung kacer yang bertipe panas. Jika ada yang kurang jelas silahkan tulis dikolom komentar. Sekian artikel pada hari ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua. Sampai jumpa dan terima kasih, Salam Kacer Nusantara!





Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url