Burung Macet Bunyi? Berikut Cara Mengatasi Burung Kacer yang Macet Bunyi

 


Burung Macet Bunyi? Berikut Cara MengatasiBurung Kacer yang Macet Bunyi - Pada artikel kali ini saya akan membahas seputar tips mengatasi kacer yang sedang macet bunyi. Membahas tentang burung kacer, pasti sebagian orang tidak asing dengan burung tersebut. Sebagai pecinta burung sejati, tentunya tahu apa ciri khas dari burung kacer tersebut. Burung kacer terkenal akan kicauannya yang merdu, semua orang terpikat dengan kicauannya yang khas.

Dalam hal ini burung kacer tersebar di pulau Sumatera, Kalimantan, Bali, dan Jawa. Kacer banyak memiliki keunikkan selain kicauannya yang merdu, kacer adalah burung fighter yang memiliki nyali dan mental cukup tinggi. Dengan perawatan yang mudah, pastinya anda juga akan mengalami kesulitan dalam merawat burung tersebut.

Umumnya yang banyak dikeluhkan oleh beberapa orang yaitu burung macet bunyi, alias tidak gacor. Jika anda berhenti memberi perawatan dalam beberapa hari akan menyebabkan burung kacer macet bunyi. Oleh karena itu, rawatlah burung kacer dengan rutin dan konsisten.

Apalagi anda sedang merawat burung kacer, jika lalai sedikit saja akan membuat performa kacer berubah. Karena kacer adalah burung fighter yang mentalnya juga bisa berubah-rubah. Namun, jika kacer macet bunyi, kenalilah apa penyebabnya. Biasanya penyebab kacer macet bunti yaitu pada saat sudah memasuki masa mabung.

Namun, jika terjadi diluar masa mabungnya, biasanya burung kacer sedang stress, ngedrop, ataupun sakit. Kacer yang mengalami masalah tersebut akan memberikan tanda atau gejala, misalnya tidak nafsu makan, gerak lambat, tidak aktif, dan bulunya pun terlihat kusam. Agar lebih jelasnya lagi, berikut penyebab burung kacer macet bunyi.


Penyebab Kacer Menjadi Macet Bunyi

Burung yang macet bunyi, tentu ada sebabnya. Bagi anda yang memiliki burung kacer dan sedang mengalami hal tersebut, berikut ini adalah penyebab burung macet bunyi antara lain:
  • Lingkungan yang terlalu ramai akan membuat kacer stres jika belum terbiasa dengan lingkungan barunya.
  • Burung sedang sakit.
  • Terjadinya kesalahan dalam perawatan burung kacer.
  • Dan masih banyak lagi penyebab lainnya.
Lalu solusi yang tepat untuk menangani masalah tersebut apa yang harus dilakukan? Tenang! saya akan memberikan solusi untuk mengatasi kacer macet bunyi yang mudah untuk anda lakukan.

Penanganan Burung Kacer yang Macet Bunyi

1. Memberikan perawawatn harian secara rutin

Dalam memberikan perawatan harian, usahakan jangan merubah terlalu ekstrem. Jika anda merasa adanya perubahan dalam perawatannya, cobalah kembali berpedoman dengan aturan yang lama. Perawatan yang dimaksud disini adalah pemberian ekstra food, dimandikan, dan dijemur.


2. Krodong sangkar burung kacer

Jika anda sudah menutup sangkar dengan kain hitam, berikanlah burung audio selama  beberapa hari ke depan untuk memancing agar burung bisa berbunyi kembali. Namun sebelum itu, pastikan anda sudah mendownload beberapa audio yang cocok untuk didengarkan si burung.

3. Tempatkan pada lingkungan yang aman

Lingkungan juga menjadi pengaruh besar terhadap mental si burung kacer. Oleh karena itu letakkan sangkar di siang hari untuk penjemuran dan malam hari untuk mengecek apakah lingkungan anda cocok untuk burung kacer. Apabila tidak cocok, anda harus menempatkan burung kacer ditempat yang jauh dari keramaian.

4. Penuhi kebutuhan vitaminnya

Selalu berikan vitamin pada burung, karena burung membutuhkan nutrisi yang harus terpenuhi. Meskipun menggunakan cacing, jangkrik, ataupun kroto, deangan diberikan ekstra fooding juga . Ekstra fooding diformulasikan untuk burung kacer.

5. Lakukan pengembunan

Tahap terakhir untuk mengatasi burung kacer yang sedang mengalami macet bunyi yaitu dengan melakukan pengembunan pada burung kacer dipagi hari sebelum matahari muncul. Hal itu bertujuan agar si burung lebih peka terhadap kondisi di pagi hari dan supaya merangsang burung kacer untuk berbunyi.

Akhir Kata

Demikian seperti itulah cara mengatasi kacer yang sedang mengalami macet bunyi. Sangat mudah kan, untuk menangani masalah kacer macet bunyi. Apabila anda melakukan perawatan tersebut dengan rutin, maka burung kacer anda akan menunjukkan perubahan yang baik.Salam Kacer Mania Indonesia!





Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url