Burung Cendet Pilis, Sembur, Gondrong Mana yang Lebih Bagus?

Burung Cendet Pilis, Sembur, Gondrong Mana yang Lebih Bagus? - Halo sobat kicau mania Indonesia! Jumpa lagi nih, seperti biasa saya akan membagikan tips dan informasi seputar burung berkicau. Nah, kali ini saya akan membahas seputar beberapa jenis burung cendet yang bagus untuk dijadikan gacoran teras ataupun dilombakan. Untuk itu agar kalian bisa mengetahuinya, kalian bisa menyimak ulasan dibawah ini.

Seperti yang kita semua tahu, jenis burung cendet ada banyak sekali. Namun jenis burung cendet yang paling populer dan banyak dipelihara oleh para kicau mania yaitu jenis burung cendet pilis, sembur, dan gondrong. Ketiga jenis cendet tersebut merupakan jenis burung cendet yang sama-sama banyak diminati dan banyak dipelihara oleh para kicau mania Indonesia.

Namun nyatanya sampai saat ini masih menjadi perdebatan diantara pecinta burung, mereka memperdebatkan manakah yang lebih bagus diantara ketiga jenis cendet tersebut. Menurut saya, jika kalian merawat burung cendet tersebut dari anakan hingga dewasa dan terbiasa merawat semua jenisnya pasti tidak akan bingung dengan karakter dari ketiga jenis burung tersebut. Tetapi setiap orang tentu juga memiliki selera jenis cendet masing-masing.


Perbedaan Ciri dan Karakter Burung Cendet Pilis, Sembur, Gondrong

1. Cendet Pilis

Yang pertama saya akan membahas burung cendet jenis pilis terlebih dahulu. Jika kalian belum mengetahui jenis burung cendet ini, kalian bisa memperhatikan gambar di atas. Burung cendet pilis memiliki ciri-ciri yaitu memiliki alis berwarna hitam. Warna hitam pada kepala burung cendet pilis tidak menyeluruh sampai kebelakang, harga burung cendet pilis dipasaran tergolong sangat murah dibandingkan cendet jenis lainnya.

Burung cendet pilis ini hanya digunakan sebagai burung peliharaan dirumah atau masteran. Hal itu disebabkan karena burung tersebut memiliki keterbatasan mental dan juga suara kicaunya kurang diminati para pecinta burung cendet di lapangan.

Lalu, mengapa pecinta burung tidak menyukai burung cendet jenis pilis? Penyebab sebenarnya ada pada fisiknya karena fisik burung cendet pilis jantan sama seperti cendet pilis betina. Mungkin ada juga yang menganggap kurang garang, karena burung tersebut hanya memiliki sedikit warna hitam. Tapi jangan hanya di lihat dari covernya saja ya. Jika burung cendet pilis ini dilombakan mungkin sedikit lebih menonjol di bagian fighter atau mental bertarungnya.

Hal itu bisa dilihat jika burung cendet sudah berada diusia yang matang, namun jika burung cendet ini masih di usia muda maka cenderung memiliki jiwa figter yang rendah. Tapi, apakah cendet jenis pilis bisa juara di perlombaan? Jawabannya adalah bisa.

Kalian harus tau terlebih dahulu, bahwa ada beberapa cendet pilis yang pernah menjadi juara. Namun cara mainnya harus mewah yaitu nagen dan dengan mengeluarkan materi yang bagus, jika memang memiliki burung cendet jenis ini dan ingin sekali dilombakan. Tunggulah sampai burung cendet pilis berusia matang sekitar 2-4 tahun.

2. Cendet Sembur

Jika diperhatikan dengan seksama, ciri-ciri dari burung cendet sembur hampir sama dengan burung cendet pilis. Hanya saja warna yang ada dibagian kepalanya tidak begitu melebar, melainkan hanya menutupi bagian mata dan berbentuk datar jika diperhatikan seperti turun kebawah. Dan penguasaan lagu serta karakter suaranya hampir sama dengan cendet blangkon.

Namun saat ditrek atau saat diadu di gantangan burung cendet sembur lebih dapat mengontrol emosinya sendiri dan lagunya. Perlu kalian ketahui, burung cendet jenis ini dijadikan burung andalan untuk dijadikan burung juara kontes. Karena memiliki kualitas petarung yang sangat kuat, selain itu burung cendet sembur lebih aktif gacor dibandingkan burung cendet pilis.

3. Burung Cendet Blangkon

Burung cendet jenis gondrong atau blangkon ini sangat sulit sekali ditemukan di alam liar, sebab banyak pemikat yang sudah memikat burung cendet jenis ini. Mengapa burung cendet gondrong dicari oleh banyak orang? Karena burung cendet gondrong memiliki karakteristik dan keistimewaan maka dari itu para pecinta burung yang paham dengan tipe cendet tersebut akan mengincarnya.

Ciri-ciri burung cendet blangkon hampir sama dengan jenis cendet sembur, perbedaannya burung cendet blangkon memiliki warna hitam yang lebih banyak di kepalanya sampi punggung. Perlu kalian ketahui bahwa para pecinta burung cendet diseluruh nusantara ketika akan mengikuti kontes perlombaan, memang banyak yang memilih cendet jenis blangkon tersebut untuk diikutsertakan dalam lomba.

Sebab burung cendet gondrong memiliki suara yang lebih bervariasi dan juga lebih fighter. Tidak hanya itu saja, cendet gondrong juga memiliki tingkat kecerdasan ketika menirukan suara burung kicau lainnya atau bisa disebut mudah dalam pemasteran. Ketika kalian memilih burung cendet ini sebagai gacoan, berarti kalian telah memilih pilihan yang tepat.

Akhir Kata

Seperti itulah perbedaan ciri-ciri dan karakteristik dari ketiga jenis burung cendet tersebut. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian mengenai burung cendet dan semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih sudah berkunjung, nantikan informasi dan tips seputar burung cendet hanya di sini.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url