Manfaat dan Efek Samping Cacing Tanah Untuk Burung Cendet

MANFAAT & EFEK SAMPING CACING TANAH UNTUK CENDET

Manfaat Cacing Tanah Untuk Burung Cendet - Seperti yang kita ketahui, burung cendet saat ini masih sangat terkenal di kalangan pecinta burung berkicau atau lebh kerap disebut dengan kicau mania. Hal itu karena memiliki banyak keunikkan yang di miliki burung cendet sehingga cendet menjadi primadona di kalangan pecinta burung kicau.

Suara kicauannya yang merdu dan unik, banyak membuat orang tertarik untuk memeliharanya dirumah entah sebagai peliharaan atau gacoan di perlombaan. Mungkin sebagian orang menganggap bahwa perawatan burung cendet tidak begitu sulit. Memang benar begitu, tapi bukan berarti lepas dari permasalahan ya. Setiap memelihara burung atau hewan apapun sebagai pemilik tentunya banyak mengalami kendala, semua itu terjadi supaya kita bisa belajar dari pengalaman tersebut.

Sehingga untuk kedepannya kita lebih paham apa yang harus dilakukan untuk membuat burung cendet menjadi jawara atau berkualitas di kalangannya. Sebagai pemilik tentunya tidak boleh lelah dan menyerah dalam memberikan perawatan. Selain itu, pakan tambahan juga sangat disarankan untuk burung cendet yang biasanya disebut ekstra fooding.

Makanan burung cendet seperti ekstra fooding yang sering diberikan pada burung cendet yakni salah satunya adalah cacing. Pemilik pastinya akan memberikan pakan tambahan yang bernutrisi dan vitamin yang tinggi. Mengapa memilih cacing? Karena manfaat cacing juga sudah terbukti, dimana kandungan nutrisi cacing dapat menjaga kondisi tubuh burung cendet tetap sehat.

Lalu, apa saja manfaat cacing untuk burung cendet dan apakah ada efek sampingnya? Untuk penjelasan dari pertanyaan tersebut, simak yuk ulasannya dibawah ini.

Manfaat Cacing Tanah Untuk Cendet

1. Menambah nafsu makan cendet

Manfaat cacing untuk burung cendet yang utama yaitu adalah dapat membantu nafsu makan pada burung. Jika burung cendet tidak nafsu makan, cobalah untuk memberikan cacing tanah atau cacing merah yang dijadikan ekstra fooding. Karena cacing ini sangat baik dan cepat mengembalikan nafsu makan burung kicau.

Jika kita memberikannya secara rutin, pasti burung cendet nantinya akan semakin lahap makan dan cocok untuk mengatasi cendet nyilet. Namun perlu diingat meskipun cacing sangat bagus untuk burung cendet porsi pemberiannya juga perlu diperhatikan. Karena cacing bukanlah makanan utama sehari-hari burung cendet.

Sehingga porsinya memang perlu diperhatikan, supaya bisa mendapatkan manfaatnya yaitu burung cendet jadi lebih lahap. Biasanya sobat kicau akan memberikan cacing sekitar 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Cacing dijadikan ekstra fooding untuk memvariasikan makanan supaya burung cendet tidak bosan dengan makanan utama.

2. Suara kicauan lebih jernih dan kencang

Manfaat cacing untuk burung cendet selanjutnya adalah dapat melancarkan suara kicauan burung cendet. Cacing tanah atau merah memiliki kandungan nutrisi yang banyak. Kandungan nutrisi, mineral yang membuat suara burung cendet jadi lebih plong serta lantang. Untuk pemberiannya, kita bisa memberikan secara teratur dimana pemberiannya bisa 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Selain memberikan cacing, kita harus mengimbangi dengan pakan yang berkualitas. Banyak manfaat yang didapatkan ketika memberikan cacing untuk burung cendet yaitu salah satunya dapat mencegah radang pada tenggorokan pada burung. Maka dari itu, burung cendet memiliki suara yang merdu dan indah apabila diberikan cacing tanah.

3. Lagu masteran mudah masuk

Burung cendet adalah salah satu burung peniru suara, sehingga burung cendet dituntut harus menjadi cerdas supaya suara masteran yang kita berikan dapat terus diingat oleh mereka. Cacing mengandung zat arigin yang sangat bagus untuk melatih daya tangkap otak burung, supaya otak burung dapat menerima pembelajaraan baru setiap hari.

Oleh karena itu cacing menjadi makanan wajib untuk burung cendet. Dengan cacing, langkah awal pemasteran dapat lebih mudah dilakukan. Supaya burung cendet lebih cepat mengingat, memahami, dan berkonsetrasi untuk mendengarkan suara masteran.

4. Menstabilkan birahi cendet

Manfaat cacing untuk burung cendet selanjutnya yaitu dapat membantu burung supaya birahinya cepat terkontrol. Perlu diperhatikan bagi pemilik burung cendet, bahwa burung cendet yang kurang birahi cobalah untuk diberikan cacing, untuk membantu mereka cepat birahi. Selain untuk meningkatkan birahi, cacing juga dapat menurunkan birahi pada burung cendet over birahi.

Karena jika burung cendet over birahi atau kurang birahi dapat membuat burung cendet merasa lemas dan juga agresif yang dapat mempengaruhi performa burung cendet. Dengan memberikan cacing secara rutin dapat mengontrol birahi burung cendet.

5. Merangsang cendet supaya gacor

Jika burung cendet mengonsumsi cacing tanah, cacing akan menghasilkan hormon testosteron yang lebih banyak. Hormon tersebut sangat bagus untuk burung cendet jantan karena dapat membuat burung menjadi gacor. Selain itu, hormon testosteron dapat merangsang burung cendet berkicau dengan lebih lantang dan semakin rajin bunyi dirumah atau di lapangan.

Efek Samping Cacing Tanah Untuk Cendet

  1. Jika cacing ditelan dalam kondisi masih utuh, burung akan mengalami gangguan pencernaan.
  2. Burung cendet yang terlalu berlebihan dalam mengonsumsi cacing tanah akan mengalami kelebihan protein dalam tubuhnya.
  3. Selanjutnya, saat porsi pemberian cacing tanah tidak diukur burung cendet akan mengalami kerontokan bulu karena terlalu banyak mengonsumsi cacing tanah.
  4. Cacing tanah dapat meningkatkan suhu tubuh burung dalam waktu yang lama.
Itulah beberapa manfaat cacing untuk burung cendet berserta efek sampingnya. Semua ekstra fooding pasti memiliki manfaat penting untuk burung cendet jika diberikan dengan porsi yang benar. Oleh karena itu, dalam memberikan ekstra fooding harus ditakar porsinya sebaik mungkin. Sekian artikel kali ini, semoga penjelasan diatas dapat berguna dan bermanfaat untuk semuanya.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url