Manfaat dan Efek Samping Ulat Kandang Untuk Burung Cendet

MANFAAT & EFEK SAMPING ULAT KANDANG UNTUK CENDET

Manfaat Ulat Kandang Untuk Cendet - Pakan tambahan seperti ekstra fooding semuanya memiliki manfaat masing-masing yang tentunya sangat bagus untuk burung cendet. Dengan memberikan pakan tambahan pada burung cendet, teman-teman sudah membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisinya.

Karena jika teman-teman hanya memberikan pakan utama seperti voer kering dan biji-bijian saja burung cendet akan kekurangan gizi. Maka dari itu, sangat penting memberikan ekstra fooding untuk burung cendet. Ketika memutuskan untuk memelihara burung kicauan, pastinya teman-teman harus merawat dan memberikan makanan yang bernutrisi.

Makanan yang bernutrisi seperti belalang, ulat, jangkrik, voer dan aneka buah-buahan segar serta sayuran. Banyak sekali jenis serangga yang dijadikan ekstra fooding untuk burung cendet salah satunya adalah ulat kandang. Mungkin bagi pemula belum banyak mengenal eks mempunyatra fooding ulat kandang, tapi bagi senior burung kicau pasti sudah mengenalinya.

Baca Juga: Settingan Ulat Hongkong Untuk Cendet

Ulat kandang juga memiliki kandungan gizi dan protein yang banyak serta bagus untuk burung cendet jika dikonsumsi dengan porsi yang teratur. Kandungan nutrisi pada ulat kandang sangat baik untuk burung kicau yang bukan tipe pemakan buah. Burung kicau yan tidak memakan buah ada banyak sekali seperti burung kacer, ciblek, murai batu, burung tledekan, pleci dan jenis lainnya.

Banyak sekali sobat kicau mania yang memilih ulat kandang sebagai pakan tambahan untuk burung cendet peliharaan mereka. Hal ini bertujuan untuk membuat burung cendet menjadi rajin bunyi dan ngeplong. Manfaat utama yang bisa didapatkan setelah mengonsumsi ulat kandang yaitu dapat menjernihkan suara burung cendet.

Kandungan Ulat Kandang

Makanan tambahan ulat kandang tersebut mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan ulat hongkong dan ulat jerman. Selain ukurannya yang kecil, ulat kandang juga sangat lincah dan agresif sehingga membuat burung cendet tertarik untuk menangkap dan melahapnya. Manfaat yang dimiliki ulat kandang juga sangat banyak, meskipun begitu juga tidak membuat burung cendet menjadi gemuk.

Salah satu manfaat yang dimiliki ulat kandang yaitu tidak membuat burung cendet cepat lelah, dan bulu cepat rontok. Jika diperhatikan dengan seksama, ulat kandang ini memiliki bentuk yang hampir sama seperti ulat hongkong. Tetapi ukurannya saja yang lebih kecil dan warnanya yang sedikit gelap. Mendapatkan ulat kandang sangatlah mudah, teman-teman bisa menemukan ulat kandang pada kotoran ayam yang menumpuk banyak dan sudah difermentasi atau dikeringkan.

Setelah itu ulat akan muncul dengan sangat banyak saat kotoran sudah menggumpal dan telah difermentasi atau dikeringkan dalam jumlah yang banyak. Berikut ini adalah rincian kandungan nutrisi yang terdapat pada ulat kandang yaitu:
  1. Kadar abu berjumlah 3%
  2. Protein kasar berjumlah 48%
  3. Kadar air berjumlah 57%
  4. Lemak kasar berjumlah 40%
  5. Kandungan ekstrak-non nitrogen berjumlah 8%

Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung Cendet

Memang benar, ulat kandang memang kalah populer dengan ulat hongkong untuk segi pemakainya. Namun menurut penelitian kandungan nutrisi pada ulat kandang lebih banyak dibandingkan ulat hongkong. Ternyata inilah alasannya mengapa banyak sobat kicau mania yang memilih ulat kandang sebagai pakan tambahannya karena memiliki banyak manfaat.

Selain mudah didapatkan, ulat kandang juga sangat bagus untuk dijadikan referensi pakan tambahan sebagai ekstra fooding. Manfaat utama ulat kandang untuk burung cendet adalah dapat mendongkrak stamina burung cendet. Dengan begitu burung akan lebih aktif dan menjadi rajin bunyi.

Ulat kandang memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan ulat hongkong. Ulat kandang memiliki ciri kulit yang tidak terlalu keras, sehingga tidak memberikan efek samping ketika diberikan dalam porsi yang banyak.

Efek Samping Ulat Kandang Untuk Burung Cendet

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa ulat kandang memiliki kulit yang tidak terlalu keras. Sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak tidak memberikan efek samping seperti ulat hongkong. Jadi aman saja dan tidak perlu khawatir. Meskipun begitu, alangkah lebih baik jika porsi pemberiannya diatur sebaik mungkin supaya sesuai dengan kebutuhan burung cendet.

Demikian ulasan pada artikel kali ini tentang manfaat dan efek samping ulat kandang untuk burung cendet. Semua ekstra fooding pasti memberikan manfaat untuk burung kicauan. Jika pemberian porsinya dengan benar maka manfaat yang akan didapatkan juga tepat. Jika pemberiannya asal-asalan maka efek samping yang didapatkan juga membahayakan.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url