Mengetahui dan Mengenal Berbagai Jenis Burung Kacer


Mengetahui dan Mengenal Berbagai Jenis Burung Kacer - Halo sobat kacer mania Indonesia! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengetahui dan mengenal berbagai jenis burung kacer. Burung kacer memiliki nama ilmiah yaitu copsychussaularisatau Oriental Magpie-robin. Burung kacer berasal dari spesies keluarga turdidae, yang berarti burung tersebut memiliki keahlian yang banyak.

Dengan hal itu, sehingga burung kacer dijuluki sebagai hewan peniru bakat. Burung ini juga menjadi burung yang banyak digemari karena kicauannya yang merdu. Di Indonesia burung kacer saat ini sedang naik daun, banyak diburu para pecinta burung untuk dikoleksi sebagai hewan peliharaan.

Di Indonesia, kacer memiliki beragam jenis. Yaitu seperti kacer jawa, kacer dada putih, kacer dada hitam, Kalimantan, madagaskar dan blorok. Dari berbagai jenis burung tersebut, semuannya sudah menjadi incaran para pecinta burung. Bahkan ada yang rela membeli dengan budget yang mahal untuk mendapatkannya. Burung kacer banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan, masteran, ataupun kontes.


Jenis-jenis Burung Kacer

Meskipun di Indonesia sendiri memiliki banyak jenis burung kacer, yang paling populer dan banyak diminati adalah burung kacer poci dan jawa. Kedua jenis ini banyak diburu oleh pecinta burung. Meskipun begitu burung kacer jenis lain juga tidak kalah dalam kualitasnya. Berikut jenis-jenis dari burung kacer.

1. Burung Kacer Jawa

Burung kacer jawa adalah burung lokal yang memiliki beberapa ciri khas, yaitu memiliki warna hitam dibagian dada, perut, dan bagian bawah. Dan memiliki warna putih lebih sedikit dibagian sayapnya, deangan memiliki ciri seperti itulah burung kacer jawa gampang untuk dikenali.

Burung kacer jawa ini juga pandai dalam menirukan suara burung kicau lainnya, meskipun suara kicaunya sangat sederhana. Burung kacer jawa sangat menarik, hal tersebut karena berdasarkan dari kicauanya dan penampilannya.

2. Burung Kacer Poci

Burung kacer poci biasanya sering disebut dengan burung kacer Sumatra, burung yang memiliki ciri khas yaitu bagian dada, perut dan bawahnya memiliki warna putih terang. Burung kacer poci lebih memiliki suara yang lantang dan keras, dengan memiliki perawakan kicau yang gacor dan ngobra. 

Burung kacer poci sangat istimewa, banyak orang yang terkagum dan senang melihat kicauan burung ini. Penyebaran burung kacer poci semakin luas hingga ke negara Thailand, Nepal, Filipina, Malaysia dan juga Tiongkok.

3. Burung Kacer Kalimantan

Dalam hal ini burung kacer Kalimantan juga masih memeiliki jenis, terdapat 3 jenis pada burung kacer kalimantan. Yaitu Copsychus Solaris Musicus, Pluto, dan Adamsi. Jenis rascopsychus solaris musicus, memiliki ciri warna bulu hitam pekat dan sedikit memiliki warna putih. Sedangkan pluto memiliki ciri warna hitam dan putih pada bagian perut.

Meskipun burung kacer ini dinamai burung kacer Kalimantan, tetapi untuk penyebarannya tidak hanya di Kalimantan saja. Burung ini banyak ditemukan di beberapa pulau di Indonesia.

4. Burung Kacer Blorok

Burung kacer blorok adalah burung hasil persilangan burung kacer hitam putih dan kacer jawa. Sehingga burung ini memiliki corak warna yang berbeda dari burung lainnya. Namun apabila dibandingkan dengan kicauan burung lainnya, burung ini juga tidak kalah karena memiliki suara yang lantang dan sangat merdu.

5. Burung Kacer Madagaskar

Burung kacer madagskar berasal dari madagaskar Afrika, sekilas burung ini mirip dengan burung kacer poci. Namun warna hitam pada bulunya jika terkena sinar matahari terlihat agak kebiru-biruan. Burung madagaskar dikenal memiliki suara kristal dan memiliki sifat mbagong yang khas.

Penutup

Seperti itulah ulasan mengenai beberapa jenis burung kacer yang bisa saya sampaikan kepada sobat semua. Saya ucapkan terima kasih karena telah mengunjungi artikel ini, dan semoga dapat menambah wawasan serta bermanfaat bagi sobat kicau mania. Salam Kacer Legend Indonesia!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url