Berikut Cara Ampuh Mengatasi Kacer Lumpuh Dengan Cepat

Berikut Cara Ampuh Mengatasi Kacer Lumpuh Dengan Cepat - Halo Para Kacer Mania Nusantara! Seperti biasa pada kesempatan kali ini saya akan mengulas artikel tentang cara jitu mengatasi kacer yang tiba-tiba mengalami kelumpuhan. Bagi kalian yang memiliki permasalahan pada burung kacer yang lumpuh dan bingung bagaimana cara mengatasinya, simak terus ulasan pada artikel ini.

Pada dasarnya penyakit lumpuh pada burung memang sudah biasa terjadi. Kelumpuhan bisa terjadi pada burung jenis apapun seperti, murai batu, cucak ijo, cendet, kenari, kacer, dan jenis burung lainnya. Namun penyakit kelumpuhan yang terjadi pada burung tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena jika tidak segera diobati akan bertambah parah bahkan bisa menjadi penyebab kematian si burung.

Biasanya lumpuh pada burung terjadi secara tiba-tiba, tentu hal itu akan membuat pemilik burung merasa bingung bagaimana cara untuk menanganinya. Namun perlu kalian ketahui, setiap penyakit pada burung berkicau tentu memiliki penyebab. Lalu, apa saja sih penyebab kacer lumpuh? Berikut penyebabnya, antara lain:

  • Faktor usia, Usia pada burung kacer yang sudah tua juga bisa menjadi penyebab kacer mengalami kelumpuhan. Karena pada hal ini burung akan mengalami pengeroposan tulang yang mengakibatkan pergerakan pada burung menjadi lambat bahkan tidak bergerak sama sekali.
  • Kekurangan vitamin D, Kelumpuhan pada burung kacer juga bisa disebabkan karena kurangnya asupan vitamin D dan jarang terkena sinar matahari pagi.
  • Terlalu giras, Siapa sangkar burung kacer yang terlalu giras bisa menyebabkan burung kacer lumpuh? Memang burung kacer yang giras dapat menjadi penyebab kacer mengalami kelumpuhan, karena burung sering nabrak-nabrak sangkar sehingga menyebabkan kepalanya pusing bahkan bisa terkena saraf dan akhirnya menjadi penyebab burung kacer lumpuh.
  • Kuku terlalu panjang, Kuku pada burung yang terlalu panjang juga bisa menyebabkan burung kacer lumpuh. Jika kuku burung kacer terlalu panjang, maka burung akan sulit untuk berdiri dan mencengkram. Apabila hal itu kalian biarkan, lama-lama burung kacer akan mengalami kelumpuhan karena kesulitan untuk bergerak.
  • Terkena virus atau jamur, Penyakit yang sengat membahayakan burung yaitu apabila burung terkena virus ataupun jamut. Hal ini dikarenakan jika burung kacer terkena jamur ataupun terkena virus, maka burung tersebut akan lumpuh secara tiba-tiba.
Itulah beberapa faktor penyebab burung kacer lumpuh secara tiba-tiba. Lalu, bagaimana cara untuk mengobati kacer yang lumpuh? Anda tidak perlu khawatir, saya telah menyiapkan beberapa cara yang saya kumpulkan dari para kacer mania di Indonesia. Berikut cara menangani kacer yang lumpuh.

Cara Mengobati Kacer Lumpuh Dengan Benar

1. Lumpuh karena faktor usia

Burung yang lumpuh karena disebabkan oleh faktor usia, terkadang sulit untuk mengatasinya. Namun kesembuhan burung kacer harus kalian usahakan, yaitu dengan memberikan vitamin dan juga mineral untuk memperkuat tulangnya. Kalian bisa membeli vitamin dan mineral khusus untuk burung berkicau, atau bisa juga dengan memberikan susu tinggi kalsium.

2. Lumpuh karena kurang vitamin D

Kurangnya vitamin D juga dapat menyebabkan burung kacer lumpuh, oleh karena itu kalian harus memberikan asupan vitamin D untuk burung kacer. Kalian bisa memberikan kuning telur untuk kacer, dna jangan lupa untuk melakukan penjemuran secara rutin setiap pagi hari.

3. Lumpuh karena terlalu giras

Biasanya burung kacer yang sangat giras merupakan burung kacer ombyokan atau muda hutan yang baru dibeli dan belum adaptasi dengan sangkar yang baru. Untuk mengatasi burung kacer yang lumpuh karena giras, kalian bisa menaruh pangkringan burung tepat di dasar sangkar burung. Lalu kerodong burung kacer dengan kerodong yang tipis dan tempatkan di tempat yang sunyi dan terdengar suara gemericik air.

4. Lumpuh karena kuku panjang

Mungkin kalian sudah mengetahui bagaimana cara mengatasi burung kacer yang lumpuh karena kuku yang panjang. Kalian perlu memotong kuku yang panjang tersebut dengan sangat hati-hati, jangan memotong kukunya hingga habis tapi potonglah agar tidak terlalu panjang.

5. Lumpuh karena virus atau jamur

Jika burung kacer lumpuh karena terkena virus atau jamur, maka kalian harus melakukan perawatan ekstra. Karena untuk melawan virus tersebut, kalian harus mmemperkuat imun si kacer dengan cara memberikannya vitamin dan mineral yang cukup.

Kalian bisa membersihkan sangkarnya setiap hari dan memberikan EF dengan porsi yang lebih banyak, serta berikan larutan gula merah agar burung tetap fit dan bisa segera sembuh dari kelumpuhannya. Lalu untuk mengatasi burung kacer yang lumpuh karena jamur, kalian bisa mengunjungi cara mengobati jamur pada kacer.

Akhir Kata

Seperti itulah penyebab dan cara mengatasi burung kacer yang mengalami lumpuh, kalian bisa langsung mempraktikkan cara tersebut sesuai faktor penyebab kacer kalian mengalami kelumpuhan. Kalian harus sering memperhatikan perkembangan burung kacer apabila masih dalam masa pengobatan agar kebutuhan kacer selalu terpenuhi.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url