100% Ampuh Cara Mengobati Dan Mencegah Jamur Pada Kaki Burung Kacer

 

100% Ampuh Cara Mengobati Dan Mencegah Jamur Pada Kaki Burung Kacer - Halo sobat kicau mania Indonesia! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar cara mengatasi jamur pada kaki kacer dan cara mencegahnya. Kebanyakan pecinta burung pasti sudah pernah mengalami masalah tersebut yaitu burung kesayangan mengalami jamuran. Biasanya jamur tersebut tumbuh di kaki pada sela-sela jari. Masalah tersebut disebabkan karena tidak terjaganya kebersihan dalam kandang atau sangkar.

Terutama pada tangkringan burung kacer, jamur tersebut akan mudah menyerang kacer dengan beberapa penyebab. Penyebab jamur pada kaki kacer yaitu tenggeran yang sangat lembab, sisa fases, dan juga sisa makanan. Untuk mengindari hal tersebut, kamu harus selalu menjaga kebersihan sangkar kacer dan juga tangkringannya.

Jamur merupakan sumber masalah yang seringkali menyerang burung. Apalagi di Indonesia, negara yang beriklim tropis yang sangat lembab membuat jamur tumbuh dengan cepat. Masalah tersebut harusnya segera di atasi, jangan sampai terlambat karena berpotensi akan menyebabkan kematian pada kacer jika semakin parah.

Cara mencegah tumbuhnya jamur pada kacer sangatlah mudah, cukup dengan menjaga kebersihan kandang dan seluruh asesoris burung kacer agar membuat burung kacer terhindar dari jamur. Lalu, bagaimana cara mencegah jamur pada kaki kacer? Lebih lengkapnya, sobat bisa menyimak ulasan berikut.

Cara Jitu Mencegah Jamur Pada Kacer

  1. Bersihkanlah sangkar burung secara berkala, sebaiknya setiap satu minggu sekali. Cucilah sangkar burung dengan menggunakan deterjen, lalu semprotlah sangkar dengan disinfektan atau cairan anti jamur. Jika sudah jemurlah sangkar dibawah sinar matahari selama 30 menit.
  2. Seperti yang sobat ketahui, bahwa lantai sangkar burung kacer umumnya terbuat dari triplek, papan atau anyaman dari bambu yang mudah ditumbuhi jamur. Cara mencegah tumbuhnya jamur pada lantai sangkar yaitu bersihkanlah dengan menggunakan coating, cat atau melamin. Tujuannya supaya jamur tidak tumbuh pada lantai. Lantai yang mulai ditumbuhi jamur biasanya bewarna coklat kehitam-hitaman.
  3. Tangkringan burung adalah benda yang menjadi tempat favorit burung kacer saat berada di dalam sangkar. Tangkringan merupakan tempat yang sering dipijak oleh burung kacer. Aktivitas burung kacer dalam sangkar selalu naik turun dari lantai ke tangkringan, sehingga menyebabkan bakteri dan kuman menempel pada tangkringan.
    Solusinya, sobat bisa membersihkan tangkringan dengan menyemprotnya menggunakan disinfektan atau cairan anti jamur. Jangan lupa juga untuk selalu mengganti tangkringan dengan yang baru setiap 2 minggu sekali.
  4. Ruangan yang menjadi tempat sangkar juga harus bersih, karena ruangan yang lembab dan kotor menjadi sarang bertumbuhnya jamur. Bersihkanlah ruangan tersebut dengan disemprotkan anti jamur dan disinfektan. Jangan lupa untuk mengatur sirkulasi udara di ruangan tersebut dengan baik.
  5. Kerodong sangkar juga harus dijaga kebersihannya, cucilah kerodong tersebut seminggu sekali. Sobat harus mencuci kerodong tersebut sampai bersih dan dijemur di bawah sinar matahari. Jangan dianggap sepele, kerodong sangkar juga bisa menjadi sarang bakteri, virus, dan kuman.
Itu adalah deretan cara mencegah tumbuhnya jamur pada burung kacer, terutama pada bagian kakinya. Namun, bagaimana jika burung kacer sudah terkena jamur? Tenang, saya juga akan memberikan tips mengobati kaki burung kacer jamuran.

Cara Cepat Mengobati Jamur Pada Kacer

  1. Yang perlu sobat lakukan pertama yaitu memegang langsung burung kacer dan pegang kakinya yang terkena jamur dengan perlahan.
  2. Selanjutnya sobat bisa menggunakan air hangat untuk membersihkan jamur pada kaki kacer.
  3. Apabila sudah dibersihkan dengan air hangat, keringkan kaki kacer dengan lap kering.
  4. Lalu oleskan minyak tanah pada kaki kacer yang terkena jamur, tunggu sampai kering tanpa di lap.
  5. Setelah kaki kecir kering, sobat bisa mengoleskan salep 88, daktarin, atau canestan yang terbukti ampuh untuk menghilangkan jamur.
  6. Jika sudah diolesi salep, jangan sekalipun untuk memandikan burung kacer selama 2 hari.
  7. Apabila sudah 2 hari, sobat bisa membersihkan kaki kacer tersebut dengan air hangat kembali.
  8. Apabila masih terdapat jamur pada kaki kacer, sobat bisa mengulangi cara di atas sampai jamur pada kacer hilang total.

Penutup

Itulah cara mengobati dan mencegah timbuhnya jamur pada kaki burung kacer. Lakukanlah cara diatas untuk mengobati jamur dan mencegah tumbuhnya jamur pada kaki burung kacer. Selalu menjaga kebersihan sangkar dan semua peralatannya ya sobat, supaya tidak ada jamur yang berkembang biak dalam sangkar.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url