Berikut Cara Jitu Mengatasi Burung Cendet Over Birahi (OB)

Berikut Cara Jitu Mengatasi Burung Cendet Over Birahi (OB) - Burung cendet adalah burung kicau yang sangat agresif dan juga aktif. Karena memiliki suara kicau yang unik dan mampu menirukan berbagai suara kicau burung jenis lain, sehingga burung cendet ini sangat digemari oleh pecinta burung. Burung cendet juga dapat menjadi burung gacoan atau hanya burung peliharaan saja, tapi kebanyakan dari pecinta burung menjadikannya sebagai burung gacoann yang di pelihara dan dilatih sendiri untuk dilombakan.

Tapi terkadang burung cendet juga memiliki masalah yang membuat pemiliknya kesulitan untuk mengatasinya. Masalah tersebut adalah over birahi, over birahi memanglah wajar terjadi. Tetapi, jika sudah meningkat drastis sebaiknya segera berikan perawatan yang mampu mengatasi over birahinya. Namun untuk mengatasinya, kalian harus mengetahui dulu penyebab burung cendet over birahi.


Pengaruh Over Birahi Pada Burung Cendet

Over birahi pada burung cendet sangat berpengaruh untuk performa ketika di lombakan nanti, selain itu burung cendet yang over birahi biasanya mendadak berubah sikap menjadi nakal dan sangat agresif. Jadi sangat kurang bagus jika di ikutkan lomba, namun ketika di alam liar burung cendet jarang sekali over birahi. Karena burung cendet sering memangsa serangga, sehingga cendet dianggap sebagai hewan karnivora.

Berbeda lagi jika cendet sudah menjadi hewan atau burung peliharaan di rumah, mungkin karekternya akan sedikit berbeda dan lebih manja. Maka dari itu jika burung cendet sudah memberikan tanda over birahi, segeralah memberikan perawatan khusus agar birahinya cepat turun.


Cara Cepat Mengatasi Burung Cendet Over Birahi Dengan Mudah

Bagi kalian yang merasa kesulitan untuk mengatasi masalah tersebut janganlah khawatir. Saya telah menyiapkan beberapa cara untuk menangani burung cendet yang mengalami over birahi, sebagai berikut:

  1. Menambahkan durasi mandi pada burung cendet supaya birahi menjadi cepat turun.
  2. Untuk durasi penjemuran bisa kalian kurangi menjadi 30 menit.
  3. Kalian harus memastikan bahwa tidak ada burung jenis lainnya yang ada di sekitar burung cendet.
  4. Kalian harus mengurangi porsi pakan yang mengandung protein hewan berlebihan.
  5. Perhatikan juga dalam pemberian jangkrik untuk burung cendet, usahakan jangan sampai berlebihan.
  6. Tidak hanya jangkrik saja, kalian juga harus mengurangi porsi pemberian ulat hongkong dan kroto.
  7. Berikanlah juga ulat bambu pada burung cendet 3 kali seminggu, karena akan dapat meredam birahi cendet.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mengatasi burung cendet yang mengalami over birahi. Sebenarnya burung cendet yang mengalami over birahi banyak disebabkan karena pemberian Ekstra Fooding yang berlebihan dan juga rawatan lainnya yang berlebihan, sehingga menjadi penyebab burung cendet over birahi.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url